Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jan 12, 2013

Kontrak Budak Sukarela Kuil Mesir Berusia 2200 Tahun

Kontrak Budak Papirus berusia 2200 tahun mengungkapkan bahwa orang Mesir kuno secara sukarela menandatangani kontrak budak untuk mengabdi selamanya pada sebuah kuil di Tebtunis, kota Mesir, bahkan membayar biaya bulanan untuk mendapatkan hak istimewa.

Dr.Ryholt mengungkapkan penemuannnya dalam artikel yang di publikasi pada situs University Copenhagen. Dia mengatakan bahwa 90 persen dari orang-orang yang masuk ke dalam kontrak budak tersebut tidak menyebutkan ayah mereka, meskipun hal ini biasanya diperlukan dalam berbagai kontrak perbudakan.
Kontrak Budak Kuil Mesir



Ada sekitar seratus kontrak budak yang telah ditemukan selama penggalian. Egyptologist Dr.kim Ryholt dari University of Copenhagen menerjemahkan salah satu isi kontrak budak Papirus:

Saya hamba mu mulai dari hari ini dan seterusnya, dan saya harus membayar 2,5 potongan tembaga setiap bulan sebagai biaya perbudakan saya sebelum Soknebtunis, dewa besar.

Mereka mungkin anak-anak pelacur, hal ini mengindikasikan penilaian yang jelas bahwa mereka berasal dari kelas bawah dan sewaktu-waktu Raja bisa meminta mereka menjadi pekerja paksa (seperti menggali kanal, pembangunan kuil, jalan, dan lainnya).

Banyak yang memilih hidup sebagai budak kuil karena pilihan itu satu-satunya cara untuk menghindari pilihan alternatif, yang bisa saja sangat kasar atau mungkin mematikan. Dan selama bekerja di kuil, situasi ini sangat menguntungkan yang bisa memberi mereka sumber daya dan tambahan uang.

Praktek ini untuk menghindari kerja paksa dengan menandatangani kontrak budak di kuil itu, tapi terbatas hingga 60 tahun, atau sekitar tahun 190 SM hingga 130 SM. Tidak ada indikasi bahwa praktek serupa di periode lain terjadi di Mesir kuno, mungkin karena keluarga kerajaan tidak bisa, dan dalam jangka panjang telah mampu menghasilkan sumber daya di kuil.

Selama penggalian, kontrak budak Papirus ditemukan di tempat pembuangan sampah, tepatnya di samping kuil Tebtunis. Kemudian tersebar di seluruh Mesir, Eropa dan Amerika Serikat dan telah diambil dan mengumpulkan Dr.Ryholt untuk menganalisis kontrak yang telah ditemukan.

Koleksi Papyrus Carlsberg di University of Copenhagen mengandung sejumlah besar kontrak, tetapi banyak yang terpisah-pisah, dan untuk mempelajari materi secara keseluruhan Dr.Ryholt harus mengunjungi koleksi lain termasuk British Museum, koleksi Universitas New Haven, Michigan dan Florence.

No comments: