Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jan 15, 2013

Thalattoarchon, Fosil Predator Laut Sebanding Orca

Spesis Thalattoarchon disebut juga Meta-predator, mampu memakan hewan sejenis dengan ukuran tubuh yang sama, dan sebanding dengan paus orca modern.

Tim ilmuwan internasional telah menjelaskan fosil predator laut berukuran 8,6 meter yang ditemukan di gurun Nevada pada tahun 2010, mewakili predator puncak pertama dalam rantai makanan laut yang memakan mangsa seukuran tubuhnya.

Fosil Thalattoarchon Saurophagis Berusia 244 Juta Tahun

Fosil berusia 244 juta tahun bernama Thalattoarchon Saurophagis (kadal pemakan yang hidup di laut) merupakan perwakilan awal Ichthyosaurus, sekelompok reptil laut yang hidup pada waktu yang sama dengan dinosaurus dan menjelajahi lautan selama 160 juta tahun.



Spesis Thalattoarchon mempunyai tengkorak besar dan rahang yang dipersenjatai dengan gigi besar, sisi pemotong yang digunakan untuk merebut dan mengiris reptil laut lainnya pada periode Triassic. Spesis ini disebut juga Meta-predator, mampu memakan hewan sejenis dengan ukuran tubuh yang sama, Thalattoarchon sebanding dengan paus orca modern.

Hanya delapan juta tahun sebelum munculnya spesis Thalattoarchon, kepunahan parah pada akhir periode Permian menewaskan sebanyak 80 hingga 96 persen spesies di lautan. Munculnya predator seperti Thalattoarchon mendokumentasikan pemulihan sistem yang cepat dan evolusi dari struktur ekosistem modern setelah kepunahan.

Penemuan baru ini menemukan ciri pembentukan tingkat yang baru dan lebih maju dari struktur ekosistem seperti Thalattoarchon, membantu dunia pengetahuan untuk memahami dinamika planet yang berkembang dan akhirnya manusia menyebakan berbagai dampak terhadap lingkungan hari ini. Penemuan ini merupakan contoh yang baik tentang bagaimana mempelajari masa lalu untuk menerangi masa depan.

Fosil Ichthyosaurus ditemukan dipegunungan terpencil di pusat Nevada. Sebagian besar fosil hewan tersebut masih lengkap, termasuk tengkorak (kecuali moncong depan), bagian sirip, dan tulang belakang lengkap sampai ke ujung ekor.

Penelitian ini didukung dan didanai National Geographic Society's Committee For Research And Exploration, tim ahli paleontologi dalam waktu tiga minggu menggali fosil Ichthyosaurus dan mempersiapkannya untuk dipindahkan dengan helikopter dan truk.

No comments: