Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jan 13, 2013

Kuil Kuno Berusia 2750 Tahun Ditemukan Di Israel

Kuil kuno dan tembikar suci ditemukan arkeolog Israel, temuan langka ini berasal dari tahun 738 SM di situs Tel Motza, pinggir barat Yerusalem.

Bangunan ritual di Tel Motza ditemukan secara tidak sengaja, fakta sebelumnya hampir tidak ada sisa-sisa bangunan ritual periode Yehuda pada saat Bait Pertama. Keunikan struktur sangat luar biasa karena situs berdekatan dengan ibukota Yerusalem, kota sakral pada waktu itu. Temuan ini dipublikasikan melalui situs resmi Israel Antiquities Authority.

Temuan Kuil Kuno Priode Kerajaan Yehuda

Penggalian ini mengungkapkan bagian struktur besar dari awal periode monarki. Dinding struktur yang besar dan lebar menghadap ke timur yang sesuai dengan tradisi bangunan kuil kuno di timur.



Sinar Matahari terbit di timur akan menerangi obyek yang ditempatkan di dalam kuil pertama, melambangkan kehadiran ilahi di dalamnya.

Mereka mengatakan bahwa struktur persegi kemungkinan adalah mezbah, hal ini terungkap dalam Bait Allah dan peninggalan tembikar suci ditemukan di dekat struktur. Situs kuil kuno tersebut juga memiliki patung-patung tembikar laki-laki, salah satunya berjanggut dan masih belum diketahui.

Temuan patung tembikar terdiri dari dua jenis, yang pertama kepala kecil berbentuk manusia dengan hiasan kepala dan rambut keriting, dan temuan kedua patung-patung hewan. Struktur kuil kuno yang suci dan temuan sakral berpengaruh signifikan serta masih memerlukan penelitian yang luas.

Ritual elemen di Kerajaan Yehuda tercatat dalam penelitian arkeologi, terutama penemuan berbagai patung-patung tembikar dan benda-benda suci lainnya yang ditemukan dibeberapa situs diwilayah Israel. Dan biasanya dikaitkan dengan ritual domestik, sisa-sisa platform ritual dan kuil kuno yang digunakan untuk upacara ritual hanya ditemukan di beberapa situs (khususnya yang pernah ada di periode ini).

Penemuan situs di Tel Motza memberikan bukti arkeologi adanya kuil kuno dan lampiran ritual di Kerajaan Yehuda sebelum reformasi keagamaan di seluruh kerajaan pada akhir periode monarki. Hizkia dan Yesaya telah menghancurkan semua kuil kuno dan situs ritual, praktik ritual harus terkonsentrasi di Bait Suci Yerusalem.

No comments: