Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jan 15, 2013

Kepulauan Hawaii Terancam Akan Tenggelam

Ahli geologi menemukan bahwa gunung Oahu di Hawai dilarutkan air yang ada dibawah tanah. Studi ini membantah pandangan sebelumnya yang menyebutkan bahwa kepulauan Hawaii mengecil akibat erosi.

Kepulauan Hawaii Terkikis Dari Dalam Tanah

Ahli geologi Universitas Brigham Young Steve Nelson mengatakan bahwa mereka mencoba untuk mencari tahu seberapa cepat kepulauan Hawaii akan menghilang dan apa pengaruh iklim pada tingkat saat ini.



Oahu Koolau dan pegunungan Waianae di Hawaii bisa saja menjadi sebuah pulau, datar dataran rendah seperti Midway tanpa pegunungan. Tapi semua itu bukan disebabkan karena erosi, ilmuwan mengatakan bahwa pegunungan Oahu sebenarnya dilarutkan air dari dalam tanah. Hasil penelitian ini diterbitkan Brigham Young University yang di rilis pada 28 Desember 2012.

Penelitian erosi di kepulauan Hawaii juga menguji tanah terhadap air sungai untuk melihat bahan mineral apa saja yang terkena erosi tanah. Nelson dan rekan-rekannya menghabiskan waktu selama dua bulan untuk mengambil sampel dari kedua jenis sumber. Kemudian, tanah dan air yang ada di permukaan (menurut perkiraan US Geological Survey) membantu mereka menghitung jumlah total massa kepulauan yang hilang setiap tahun.

Kepulauan Hawaii semuanya terbuat dari satu jenis batu, tingkat pelapukan sangat variabel dan curah hujan sangat bervariasi, tentunya hal ini menjadi laboratorium alam yang besar, akibat yang ditimbulkan bisa menyebabkan kepulauan menjadi dataran rendah.

Peramalan masa depan kepulauan Hawaii juga menjelaskan tentang adanya lempeng tektonik. Seperti pulau Oahu yang didorong lempeng tektonik barat laut, dan sebenarnya pulau ini meningkat (ketinggiannya bertambah) pada tingkat yang lambat tapi stabil.

Menurut perkiraan para peneliti, efek yang akan terjadi pada pulau Oahu Hawaii terus berkembang selama 1,5 juta tahun. Selain itu kekuatan tanah akhirnya akan melemah dan kepulauan Hawaii akan mulai turun pada topografi dataran rendah.

Analisis mineralogi dari sampel tanah di laboratorium Provo menyebutkan bahwa tanah vulkanik di kepulauan Hawaii mengandung saprolites, sejumlah kuarsa saprolit yang diambil dari kedalaman 1 meter.

No comments: