Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jan 16, 2013

Gen Manusia Asal India Tersebar Ke Australia 4000 Tahun Lalu

Gen Manusia asal India sebagian besar diperkirakan telah mengisolasi Australia antara kolonisasi awal sekitar 40,000 tahun yang lalu dan kedatangan orang Eropa di akhir tahun 1800-an.

Australia memiliki beberapa bukti arkeologi awal tentang adanya manusia modern di luar Afrika, situs sejarah setidaknya berasal dari 45,000 tahun yang lalu yang membuat suku aborigin Australia sebagai salah satu populasi tertua di luar Afrika. Asumsinya, setelah penyebaran manusia awal ke Sahul (daratan Australia-Papua yang menyatu) dan kedatangan orang Eropa di akhir abad ke-18, tidak ada kontak antara Australia dan seluruh dunia.

Penyebaran Gen Manusia Asal India

Studi yang diadakan Max Planck Institute-Evolutionary Anthropology, Leipzig-Jerman, menemukan bukti aliran gen manusia substansial antara populasi India dan Australia sekitar 4000 tahun yang lalu. Selain itu, para peneliti juga menemukan asal mula yang sama pada gen Australia, Papua dan Mamanwa Filipina. Populasi ini mengikuti rute migrasi awal dari Afrika Selatan, sementara populasi lain menetap di daerah tersebut.

Peneliti Irina Pugach dan rekannya menganalisis varian gen dari seluruh gen manusia Aborigin Australia, New Guinea, pulau Asia Tenggara, dan India. Temuan mereka menunjukkan bahwa aliran gen substansial dari India ke Australia terjadi sekitar 4230 tahun yang lalu, pada saat kontak Eropa Holocene dan sebelumnya. Tahun-tahun ini juga bertepatan dengan terjadinya perubahan dalam catatan arkeologi Australia yang meliputi perubahan industri pengolahan dan teknologi alat batu. Aliran gen manusia dari India ke Australia disekitar waktu yang sama, kemungkinan bahwa perubahan ini terkait dengan migrasi.

Analisis ini juga mengungkapkan asal mula yang sama pada populasi Australia, New Guinea dan Mamanwa (kelompok Negrito di Filipina) dan diperkirakan bahwa kelompok tersebut memisahkan diri dari satu sama lain, sekitar 36,000 tahun yang lalu.

Pemuan ini mendukung pandangan bahwa populasi tersebut merupakan keturunan awal dalam migrasi Rute Selatan yang keluar dari Afrika, sementara populasi lainnya yang tiba di wilayah ini kemudian menyebar terpisah. Australia dan Papua menyimpang di awal sejarah Sahul, bukan seperti yang diperkirakan ketika daratan tersebut dipisahkan laut sekitar 8000 tahun yang lalu.

No comments: