Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jan 15, 2013

Bulu Ekor Dinosaurus Oviraptor Menarik Perhatian Pasangan

Dinosaurus Oviraptor berbulu menggunakan bulu ekor untuk menarik perhatian pasangan, sama halnya seperti yang dilakukan burung merak dan kalkun.

Peneliti Scott Persons meneliti rantai fosil yang dimulai dari tulang ujung ekor dari empat spesies dinosaurus yang berbeda, beberapa diantaranya dipisahkan dalam waktu dan evolusi selama 45 juta tahun.

Dinosaurus Oviraptor Menggerakkan Bulu Ekor

Oviraptor adalah dinosaurus berkaki dua yang sudah mengalami diversifikasi besar dari spesisnya. Oviraptor termasuk spesis pemakan tanaman yang hidup di daerah China, Mongolia, dan Alberta selama periode Cretaceous pada zaman akhir Dinosaurus.

Tulang akhir pada ekor kelompok dinosaurus oviraptor yang tergabung bersama-sama dan bergerigi pisau. Struktur ini disebut pygostyle, di antara burung modern saat ini masih memiliki struktur serupa.

Para peneliti mengatakan bahwa fosil Similicaudiptery merupakan sebuah Oviraptor awal, bulu keluar dan menyatu di ujung ekor. Similicaudiptery tidak dikenal sebagai dinosaurus terbang dan bulu ekor berevolusi sebagai sarana untuk menarik perhatian pasangan mereka.



Tidak ada bukti fosil oviraptor yang ditemukan mengikuti spesis Similicaudiptery, namun peneliti mengatakan ada bukti kuat bahwa spesis ini memiliki bulu ekor.

Oviraptor memiliki struktur ekor yang sama seperti Similicaudipteryx berbulu, ekor Oviraptor masih memiliki sifat yang sama melambaikan bulu ekor pada pasangannya. Hipotesis melambaikan ekor Oviraptor di dukung kedua tulang dan struktur otot ekor.

Vertebra pada pangkal ekor oviraptor dikategorikan pendek dan banyak yang menunjukkan fleksibilitas yang sangat besar. Berdasarkan pembedahan reptil dan ekor burung modern, rekonstruksi otot ekor dinosaurus menjelaskan bahwa Oviraptor menggunakan lambaian pada bulu ekor.

Pada zaman akhir, berbagai spesis dinosaurus menggunakan bulu untuk terbang dan mengisolasi tubuh dari cuaca dingin. Selain bulu ekor melambai, Oviraptor memiliki puncak tulang yang menonjol di kepala dan menjelaskan bahwa spesis ini mungkin mengunakannya pada perkawinan. Antara jambul kepala dan bulu ekor bergetar, oviraptor memiliki kecenderungan eksibisionisme visual.

No comments: