Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jan 21, 2013

Curiosity Temukan Keberadaan Air di Planet Mars

Peneliti di Los Alamos National Laboratory dan Badan Antariksa Perancis telah melacak jejak mineral planet Mars yang mengarah pada adanya air di lokasi Curiosity.

ChemCam (Chemical Camera) merupakan kolaborasi antara organisasi penelitian di Amerika Serikat dan Perancis. Terdiri lebih dari empat puluh lima ilmuwan, mahasiswa dan personel lainnya yang saat ini aktif di Amerika Utara dan Eropa, tergabung dalam tim ChemCam.

Ilmuwan, insinyur, dan mahasiswa mengoperasikan kamera ChemCam di Los Alamos National Laboratory. Sistem ChemCam merupakan salah satu dari 10 instrumen yang dipasang pada misi Mars Curiosity.

Kamera ChemCam Curiosity Prediksi Air Planet Mars

Mereka menggambarkan bagaimana instrumen laser yang ada pada Mars Curiosity Rover yang telah mendeteksi aliran (vena) gipsum melalui daerah planet Mars yang dikenal sebagai Yellowknife Bay, terletak sekitar 700 meter dari tempat Curiosity Rover mendarat lima bulan lalu.

Vena ini terdiri dari kalsium sulfat terhidrasi, seperti bassinite atau gipsum. Di Bumi, membentuk vena seperti ini pastinya akan membutuhkan air disekitar retakan.
aliran air planet mars



Gypsum dan beberapa mineral terkait dapat terbentuk ketika air bereaksi dengan batuan dan mineral lainnya. Kehadiran gipsum, bassinite, bersamaan dengan bukti fisik pada pola aliran aluvial yang sebelumnya terlihat selama misi Mars Science Laboratory.

Analisis ini menunjukkan bahwa daerah Yellowknife Bay merupakan tempat ataupun kolam yang dibentuk limpasan atau air bawah permukaan yang naik ke atas permukaan.

Kemungkinan adanya air di planet Mars terlihat beberapa minggu lalu ketika jejak gipsum spektrometer ChemCam (Chamical Camera) mencatat peningkatan jumlah kalsium dan penurunan yang sesuai dalam komposisi sampel silikon. Gypsum, batuan sedimen, terbuat dari kalsium sulfat dengan komposisi air terikat. Sementara sebagian besar batuan sampel di planet Mars paling banyak terdiri dari silikon. Perubahan komposisi ini menunjukkan bahwa adanya temuan baru pada geologi planet Mars.

Tembakan laser Instrumen ChemCam menguapkan batu dan kemudian menggunakan spektrometer untuk menganalisis sampel. Laser dapat menembakkan pulse pada beberapa batuan sampel yang terletak di bawah permukaan lapisan debu. Akan tetapi, kamera instrumen hanya mampu melihat aliran mineral setelah ledakan laser hilang dari permukaan batu.

Kamera ChemCam Curiosity telah mendokumentasikan adanya peningkatan cahaya berwarna pada urat (vena) mineral yang bisa menjadi tanda-tanda bahwa planet Mars pernah menjadi planet basah.

No comments: