Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Apr 30, 2013

Teori Baru Asal-usul Monumen Prasejarah Stonehenge

Penelitian baru mengatakan sebuah situs dekat Stonehenge telah mengungkap bukti arkeologi sekitar 5000 tahun, sebelum didirikan batu pertama. Situs tersebut pernah ditempati oleh pemburu yang tinggal sejauh satu mil dari Stonehenge.



Di situs yang pernah ditempati selama 3000 tahun itu, ditemukan tanda bekas terbakar dan tulang belulang hewan semacam sapi besar, tulis peneliti David Jacques dari Universitas Terbuka di Inggris, dalam sebuah email. "Kita telah menemukan asal usul Stonehenge, alasan mengapa dan di mana Stonehenge berada," tulis Jacques.

Berikut teori-teori baru tersebut :

1. Monumen misterius
Selama puluhan tahun, orang bertanya-tanya tentang struktur batu yang didirikan lebih dari 5 ribu tahun lalu di Wiltshire, Inggris. Tidak ada yang tahu kenapa orang zaman dulu mendirikan struktur batu itu. Beberapa orang percaya bahwa situs yang terbuat dari batu itu merupakan tempat peribadatan kuno atau kalender matatahari, dan beberapa orang lainnya menganggap bangunan batu itu merupakan simbol persatuan atau bahkan Stonehenge terinspirasi dari ilusi.

2. Potret Kuno
Jacques bersama timnya menemukan lebih dari 350 tulang hewan dan 12500 perkakas batu. Diperkirakan area tersebut pernah ditempati oleh manusia sejak 7500 tahun sebelum Masehi hingga 4700 tahun sebelum Masehi. Jadi sekitar 5000 tahun yang lalu sejak berdirinya Stonehenge.

3. Lokasi Stonehenge
"Kita hampir menemukan alasan pendiri Stonehenge membangun situs bebatuan tesebut pada lokasi itu, yaitu dengan mencari leluhurnya" tulis Jacques.

Penemuan menunjukkan "ada kepentingan substansial dalam pembangunan Stonehenge sebelum situs itu didirikan," kata Timothy Darvill, seorang arkeolog di Universitas Bournemouth, Inggris.

No comments: