Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Apr 19, 2013

Anak Yakub

Mengapa anak-anak Yakub 12?  Mengapa murid-murid YESUS 12?  Apakah artinya angka 12 itu? Kelihatannya angka 12 merupakan sifat-sifat dasar manusia, sebagaimana yang tergambarkan dalam zodiak; Aries, Taurus, Gemini,  Cancer, Leo, Virgo,  Libra, Skorpio, Sagitarius, Kaprikornus, Akuarius, dan Pises. Bahkan ada bintang yang ke-13 yang jarang tersebutkan, yaitu: Ofiukus. Jumlah bulan dalam setahun: 12. Jumlah jam dalam sehari: 12 jam. Bahkan dalam zodiak China yang kita kenal sebagai Shio juga ada 12;  Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet,  Ayam,  Anjing,  dan Babi.

Jadi, anak-anak Yakub Allah pergunakan sebagai perwakilan dari bangsa-bangsa atau sifat-sifat manusia di seluruh dunia. Supaya melalui bangsa Israel ini kasih Allah kepada seluruh manusia dinyatakan. Sama seperti struktur pemerintahan dimana para gubernur adalah perwakilan dari masyarakat yang ada di daerahnya. Sehingga ketika presiden hendak menyalurkan pembangunan masyarakat, melalui para gubernur itulah.

Kejadian  22:18 Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku." Melalui keturunan Abraham, seluruh bangsa mendapatkan berkat Allah.

Yohanes  3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Bangsa-bangsa  12 anak-anak Yakub  12 suku Israel   12 murid Yesus.
Arti nama masing-masing anak Yakub, ucapan berkat Yakub untuk masing-masing anaknya, dan ucapan berkat nabi Musa untuk 12 suku Israel.

1. RUBEN

  • Kejadian  29:32 Lea mengandung, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Ruben, sebab katanya: "Sesungguhnya Tuhan telah memperhatikan kesengsaraanku; sekarang tentulah aku akan dicintai oleh suamiku." Karena Yakub lebih mengasihi istri mudanya: Rahel, Lea berharap dengan kelahiran anak pertamanya itu dia bisa mendapatkan cinta Yakub. Jadi, Ruben ini type orang yang suka mencari perhatian?
  • Peristiwa menonjol:
    Kejadian  35:22 Ketika Israel diam di negeri ini, terjadilah bahwa Ruben sampai tidur dengan Bilha, gundik ayahnya, dan kedengaranlah hal itu kepada Israel. (35-22b) Adapun anak-anak lelaki Yakub dua belas orang jumlahnya. Ruben meniduri Bilha, gundik ayahnya, budaknya Rahel.[Kejadian 30:3].
  • Ucapan Yakub untuk Ruben:
    Kejadian  49:3 Ruben, engkaulah anak sulungku, kekuatanku dan permulaan kegagahanku, engkaulah yang terutama dalam keluhuran, yang terutama dalam kesanggupan.
    Kejadian  49:4 Engkau yang membual sebagai air, tidak lagi engkau yang terutama, sebab engkau telah menaiki tempat tidur ayahmu; waktu itu engkau telah melanggar kesuciannya. Dia telah menaiki petiduranku! Ruben takkan pernah bisa menjadi orang yang pertama. Sekalipun bertype suka mencari perhatian, namun tak pernah bisa menjadi tokoh terkenal.
  • Ucapan nabi Musa untuk suku Ruben
    Ulangan 33:6   Biarlah Ruben hidup dan jangan mati, tetapi biarlah orang-orangnya sedikit jumlahnya." Problem Ruben adalah keturunan. Sukar mendapatkan keturunan.
2. SIMEON:
  • Kejadian  29:33 Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sesungguhnya, Tuhan telah mendengar, bahwa aku tidak dicintai, lalu diberikan-Nya pula anak ini kepadaku." Maka ia menamai anak itu Simeon.

    Kelihatannya Simeon adalah type orang yang kompensasi pencari keseimbangan. "Kompensasi" menurut kamus besar bahasa Indonesia: "pencarian kepuasan dl suatu bidang untuk memperoleh keseimbangan dari kekecewaan dl bidang lain;"
  • Kejadian  34:25 Pada hari ketiga, ketika mereka sedang menderita kesakitan, datanglah dua orang anak Yakub, yaitu Simeon dan Lewi, kakak-kakak Dina, setelah masing-masing mengambil pedangnya, menyerang kota itu dengan tidak takut-takut serta membunuh setiap laki-laki. Simeon bersama Lewi melakukan balas dendam atas kasus perkosaan Dina, adik perempuan mereka, kepada orang-orang Sikhem.
  • Ucapan Yakub untuk Simeon:
    Kejadian49:5 Simeon dan Lewi bersaudara; senjata mereka ialah alat kekerasan.

    Kejadian49:6 Janganlah kiranya jiwaku turut dalam permupakatan mereka, janganlah kiranya rohku bersatu dengan perkumpulan mereka, sebab dalam kemarahannya mereka telah membunuh orang dan dalam keangkaraannya mereka telah memotong urat keting lembu.

    Kejadian49:7 Terkutuklah kemarahan mereka, sebab amarahnya keras, terkutuklah keberangan mereka, sebab berangnya bengis. Aku akan membagi-bagikan mereka di antara anak-anak Yakub dan menyerakkan mereka di antara anak-anak Israel.

    Si Pencari kompensasi ini memiliki tindakan liar yang berlebih-lebihan. Suka membesar-besarkan suatu persoalan.
  • Ucapan nabi Musa untuk suku Simeon
    Nabi Musa tidak mengucapkan sesuatupun tentang suku Simeon. Ini artinya tentang suku yang tidak terberkati. Adakah ini tentang suku-suku liar yang tidak berperadaban?
3. LEWI:
  • Kejadian 29:34 Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sekali ini suamiku akan lebih erat kepadaku, karena aku telah melahirkan tiga anak laki-laki baginya." Itulah sebabnya ia menamai anak itu Lewi.

    Kelihatannya type Lewi adalah orang yang gigih dalam berjuang. Lea, ibunya, masih berjuang mendapatkan cinta suaminya, Yakub, meskipun melalui kelahiran Ruben dan Simeon masih belum memberikan tanda-tanda Yakub mencintainya.
  • Peristiwa menonjol;

    Sama dengan Simeon.
  • Ucapan Yakub untuk Lewi

    Sama dengan Simeon.
  • Ucapan nabi Musa untuk suku Lewi
    Ulangan 33:8 Tentang Lewi ia berkata: "Biarlah Tumim dan Urim-Mu menjadi kepunyaan orang yang Kaukasihi, yang telah Kaucoba di Masa, dengan siapa Engkau berbantah dekat mata air Meriba.
    Ulangan 33:9 yang berkata tentang ayahnya dan tentang ibunya: aku tidak mengindahkan mereka; ia yang tidak mau kenal saudara-saudaranya dan acuh tak acuh terhadap anak-anaknya. Sebab  orang-orang Lewi itu berpegang pada firman-Mu dan menjaga perjanjian-Mu;

    Ulangan 33:10 mereka mengajarkan peraturan-peraturan-Mu kepada Yakub, hukum-Mu kepada Israel; mereka menaruh ukupan wangi-wangian di depan-Mu dan korban yang terbakar seluruhnya di atas mezbah-Mu.

    Ulangan 33:11 Berkatilah, ya Tuhan, kekuatannya dan berkenanlah kepada pekerjaannya. Remukkanlah pinggang orang yang melawan dia dan yang membenci dia, sehingga mereka tidak dapat bangkit."
Kelihatannya Lewi adalah tentang orang-orang yang gigih dalam keagamaan, yang kita kenal sebagai orang-orang fanatik dan garis keras. Tuhan memakai suku Lewi sebagai pengganti anak sulung Israel yang wajib diserahkan untuk melayani Tuhan. Karena itu type Lewi adalah type orang-orang yang menonjol dalam kepemimpinannya.

4. YEHUDA:
  • Kejadian 29:35 Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sekali ini aku akan bersyukur kepada Tuhan." Itulah sebabnya ia menamai anak itu Yehuda. Sesudah itu ia tidak melahirkan lagi.

    Lea pada akhirnya pikirannya terbuka. Dia tidak lagi terlalu berharap Yakub akan mencintainya dan dia harus mengucapkan terimakasih kepada Tuhan. Karena itu Yehuda adalah termasuk type yang realistis. Dia bisa menerima kenyataan.
  • Peristiwa menonjol:
    Kejadian 38:16 Lalu berpalinglah Yehuda mendapatkan perempuan yang di pinggir jalan itu serta berkata: "Marilah, aku mau menghampiri engkau," sebab ia tidak tahu, bahwa perempuan itu menantunya. Tanya perempuan itu: "Apakah yang akan kauberikan kepadaku, jika engkau menghampiri aku?" Yehuda bersundal dengan menantunya.
  • Ucapan Yakub untuk Yehuda;
    Kejadian 49:8 Yehuda, engkau akan dipuji oleh saudara-saudaramu, tanganmu akan menekan tengkuk musuhmu, kepadamu akan sujud anak-anak ayahmu.

    Kejadian 49:9 Yehuda adalah seperti anak singa: setelah menerkam, engkau naik ke suatu tempat yang tinggi, hai anakku; ia meniarap dan berbaring seperti singa jantan atau seperti singa betina;   siapakah yang berani membangunkannya?

    Kejadian 49:10 Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.

    Kejadian 49:11 Ia akan menambatkan keledainya pada pohon anggur dan anak keledainya pada pohon anggur pilihan; ia akan mencuci pakaiannya dengan anggur dan bajunya dengan darah buah anggur.

    Kejadian 49:12 Matanya akan merah karena anggur dan giginya akan putih karena susu. Yehuda adalah tentang keperkasaan, keberanian, kejayaan, kemenangan dan kemuliaan.
  • Ucapan nabi Musa untuk suku Yehuda;
    Ulangan 33:7 Dan inilah tentang Yehuda. Katanya: "Dengarlah, ya Tuhan, suara Yehuda dan bawalah dia kepada bangsanya. Berjuanglah baginya dengan tangan-Mu, dan jadilah Engkau penolongnya melawan musuhnya."

    Yehuda adalah type keimanan. Kekuatan Yehuda adalah imannya.
5. D A N

  • Kejadian 30:6 Berkatalah Rahel: "Allah telah memberikan keadilan kepadaku, juga telah didengarkan-Nya permohonanku dan diberikan-Nya kepadaku seorang anak laki-laki." Itulah sebabnya ia menamai anak itu Dan. Ini adalah anak pertama Rahel, setelah Lea mempunyai 4 orang anak. Hati Rahel menjadi lega karena melalui kelahiran Dan, posisinya menjadi tidak terlalu kalah dengan Lea. Karena itu type Dan adalah type peredam atau penenang. Orang yang sukanya damai.
  • Peristiwa menonjol
    Tidak ada peristiwa menonjol. Ini menyatakan tentang orang yang tidak suka terlalu menonjolkan dirinya.
  • Ucapan Yakub untuk Dan
    Kejadian 49:16 Adapun Dan, ia akan mengadili bangsanya sebagai salah satu suku Israel.
    Kejadian 49:17 Semoga Dan menjadi seperti ular di jalan, seperti ular beludak di denai yang memagut tumit kuda, sehingga penunggangnya jatuh ke belakang.
    Kejadian 49:18 Aku menanti-nantikan keselamatan yang dari pada-Mu, ya Tuhan.

    Dan adalah gambaran dari orang yang bijaksana, tenang dan sabar.
  • Ucapan nabi Musa untuk suku Dan
    Ulangan 33:22 Tentang Dan ia berkata: "Adapun Dan ialah anak singa yang melompat keluar dari Basan." Basan adalah gambaran dari padang rumput atau hutan. Ini memberikan gambaran tentang orang yang dinanti-nantikan kemunculannya sebagai penyelesai permasalahan. keluar dari sarangnya untuk menyelesaikan masalah.
6. NAFTALI

  • Kejadian 30:8 Berkatalah Rahel: "Aku telah sangat hebat bergulat dengan kakakku, dan akupun menang." Maka ia menamai anak itu Naftali.
    Anak ke-2 ini memberi rasa percaya diri pada Rahel. Jadi, Naftali adalah type orang yang mempunyai rasa percaya diri.
  • Peristiwa menonjol;
    Tidak ada peristiwa yang menonjol. Ini artinya orang yang tidak pernah bisa menonjol.
  • Ucapan Yakub untuk Naftali;
    Kejadian  49:21 Naftali adalah seperti rusa betina yang terlepas; ia akan melahirkan anak-anak indah. Kelihatannya Naftali mempunyai jiwa pendidik. Dia berbakat dalam mendidik anak-anaknya, sehingga anak-anaknya menjadi orang-orang baik.
  • Ucapan nabi Musa untuk suku Naftali
    Ulangan 33:23 Tentang Naftali ia berkata: "Naftali kenyang dengan perkenanan dan penuh dengan berkat Tuhan; milikilah tasik dan wilayah sebelah selatan."

    Tasik adalah danau. Naftali adalah orang yang tenang dan selalu beruntung dalam pekerjaan tangannya.
7. G A D;
Kejadian 30:10 Dan Zilpa, budak perempuan Lea, melahirkan seorang anak laki-laki bagi Yakub.
  • Kejadian 30:10 Berkatalah Lea: "Mujur telah datang." Maka ia menamai anak itu Gad.
    Ini adalah anak Lea yang ke-5, yang dilahirkan dari budaknya, sebagai pembalasan terhadap Rahel yang telah melahirkan 2 orang anak. Anak ini bisa membuat Lea mentertawai Rahel. Karena itu Gad adalah type orang yang sanggup memberikan perlawanan. Sekalipun kekuatannya tidak menonjol, namun dia selalu bisa memberikan perlawanan yang seimbang.
  • Peristiwa menonjol;
    Tidak ada peristiwa yang menonjol. Karena itu Gad termasuk orang-orang biasa saja.
  • Ucapan Yakub untuk Gad
    Kejadian 49:19 Gad, ia akan diserang oleh gerombolan, tetapi ia akan menyerang tumit mereka. Gad selalu memberikan perlawanan jika dirinya diserang.
  • Ucapan nabi Musa untuk suku Gad
    Ulangan 33:20 Tentang Gad ia berkata: "Terpujilah Dia yang memberi kelapangan kepada Gad. Seperti singa betina ia diam dan menerkam lengan, bahkan batu kepala.
    Ulangan 33:21 Ia memilih bagian yang terutama, sebab di sanalah tersimpan bagian panglima; ia datang kepada para kepala bangsa itu; dilakukannya kebenaran Tuhan serta penghukuman- penghukuman-Nya bersama-sama dengan orang Israel."

    Sekalipun Gad termasuk orang-orang biasa, namun dia selalu mendapatkan porsi yang terbaik. Pemimpin dalam kelompok atau skala kecil.
8. ASYER
Kejadian 30:13 Berkatalah Lea: "Aku ini berbahagia! Tentulah perempuan-perempuan akan menyebutkan aku berbahagia." Maka ia menamai anak itu Asyer.
  • Kelahiran Asyer semakin membuat Lea percaya diri, bahwa dia telah menjadi perempuan yang sempurna, meskipun belum berhasil mendapatkan cinta Yakub. Ini adalah tentang type orang yang selalu memberikan semangat orang lain. Ahli pidato orator.
  • Peristiwa menonjol;
    Tidak ada peristiwa menonjol. Artinya juga bukan termasuk orang-orang yang terlalu menonjol
  • Ucapan Yakub untuk Asyer
    Kejadian 49:20 Asyer, makanannya akan limpah mewah dan ia akan memberikan santapan raja-raja. Kelihatannya Asyer adalah type orang yang tidak mengalami banyak kesulitan dalam hidupnya dan mempunyai selera makan yang tinggi.
  • Ucapan nabi Musa untuk suku Asyer;
    Ulangan 33:24 Tentang Asyer ia berkata: "Diberkatilah Asyer di antara anak-anak lelaki; biarlah ia disukai oleh saudara-saudaranya, dan biarlah ia mencelupkan kakinya ke dalam minyak.
    Ulangan 33:24 Biarlah dari besi dan dari tembaga palang pintumu, selama umurmu kiranya kekuatanmu.

    Orang yang simpatik, pandai bergaul dan awet muda
9.  ISAKHAR

  • Kejadian 30:18 Lalu kata Lea: "Allah telah memberi upahku, karena aku telah memberi budakku perempuan kepada suamiku." Maka ia menamai anak itu Isakhar.

    Setelah melahirkan 4 anak, kali ini Tuhan membuka kandungan Lea, sehingga ia melahirkan anak yang ke-5. Perjuangan Lea yang membuahkan hasil. Karena itu Isakhar adalah type orang yang tekun dan mendapatkan hasil dari ketekunannya.
  • Peristiwa menonjol
    Tidak ada peristiwa menonjol. Isakhar adalah type orang yang pendiam. Sedikit bicara banyak  berbuat.
  • Ucapan Yakub untuk Isakhar
    Kejadian 49:14 Isakhar adalah seperti keledai yang kuat tulangnya, yang meniarap diapit bebannya,

    Kejadian 49:15 ketika dilihatnya, bahwa perhentian itu baik dan negeri itu permai, maka disendengkannyalah bahunya untuk memikul, lalu menjadi budak rodi.

    Isakhar adalah type pekerja keras yang tekun.
  • Ucapan nabi Musa untuk suku Isakhar
    Ulangan 33:18 Tentang Zebulon ia berkata: "Bersukacitalah, hai Zebulon, atas perjalanan-perjalananmu, dan engkaupun, hai Isakhar, atas kemah-kemahmu.

    Ulangan 33:19 Bangsa-bangsa akan dipanggil mereka datang ke gunung; di sanalah mereka akan mempersembahkan korban sembelihan yang benar, sebab mereka akan mengisap kelimpahan laut dan harta yang terpendam di dalam pasir."

    Isakhar seorang petualang?
10.  ZEBULON;

  • Kejadian 30:20 Berkatalah Lea: "Allah telah memberikan hadiah yang indah kepadaku; sekali ini suamiku akan tinggal bersama-sama dengan aku, karena aku telah melahirkan enam orang anak   laki-laki baginya." Maka ia menamai anak itu Zebulon.

    Kejadian 30:21 Sesudah itu ia melahirkan seorang anak perempuan dan menamai anak itu Dina. anak perempuan tidak masuk hitungan.

    Ini adalah kegembiraan besar bagi Lea, meskipun masih belum tentu Yakub akan berpaling kepadanya. Lea kelihatannya sudah tidak terlalu mengharapkan cinta Yakub. Namun dalam dirinya ada kebahagiaan dan kepuasan yang besar, karena dia telah menjadi perempuan sejati. Jadi, Zebulon adalah type dari orang-orang yang berprestasi unggul. Kehadirannya selalu membanggakan.
  • Peristiwa menonjol
    Tidak ada peristiwa menonjol. Artinya, Zebulon mempunyai lingkup kecil, misalnya: anak kebanggaan orang tuanya.
  • Ucapan Yakub untuk Zebulon
    Kejadian 49:13 Zebulon akan diam di tepi pantai laut, ia akan menjadi pangkalan kapal, dan batasnya akan bersisi dengan Sidon.

    Sidon adalah kota perdagangan. Jadi, Zebulon adalah pedagang. Umumnya pedagang sukses memberikan kebanggaan dalam lingkungan  keluarga.
  • Ucapan nabi Musa untuk suku Zebulon
    Ulangan 33:18 Tentang Zebulon ia berkata: "Bersukacitalah, hai Zebulon, atas perjalanan-perjalananmu, dan engkaupun, hai Isakhar, atas kemah-kemahmu.

    Ulangan 33:18 Bangsa-bangsa akan dipanggil mereka datang ke gunung; di sanalah mereka akan mempersembahkan korban sembelihan yang benar, sebab mereka akan mengisap kelimpahan laut dan harta yang terpendam di dalam pasir."

    Pedagang dan pengusaha hasil bumi, hasil laut, pertambangan?
11. YUSUF

  • Kejadian 30:22 Lalu ingatlah Allah akan Rahel; Allah mendengarkan permohonannya serta membuka kandungannya.

    Kejadian 30:23 Maka mengandunglah Rahel dan melahirkan seorang anak laki-laki. Berkatalah ia: "Allah telah menghapuskan aibku."

    Kejadian 30:24 Maka ia menamai anak itu Yusuf, sambil berkata: "Mudah-mudahan Tuhan menambah seorang anak laki-laki lagi bagiku."

    Kini Allah menolong Rahel, yang kesulitan mempunyai keturunan. Yusuf adalah anak yang menyelamatkan. Yusuf adalah anak berkah, yang hadir atas kehendak Allah. Kemunculannya tidak terduga-duga, namun bersifat menolong. Sehingga oleh type  Yusuf ini, orang yang tertolong akan memuji Allah.
  • Peristiwa menonjol
    Yusuf yang dibenci oleh saudara-saudaranya, sampai dijual sebagai budak di Mesir, akhirnya muncul sebagai juruselamat bagi keluarganya yang menikmati musim kelaparan. Dari posisi budak, Yusuf menjadi perdana menteri Mesir. Ini artinya, orang yang penuh lompatan. Dia bisa melejit dari posisi terendah ke posisi yang teratas.
  • Ucapan Yakub untuk Yusuf
    Kejadian 49:22 Yusuf adalah seperti pohon buah-buahan yang muda, pohon buah-buahan yang muda pada mata air. Dahan-dahannya naik mengatasi tembok.

    Kejadian 49:23 Walaupun pemanah-pemanah telah mengusiknya, memanahnya dan menyerbunya,

    Kejadian 49:24 namun panahnya tetap kokoh dan lengan tangannya tinggal liat, oleh pertolongan Yang Mahakuat pelindung Yakub, oleh sebab gembalanya Gunung Batu Israel,

    Kejadian 49:25 oleh Allah ayahmu yang akan menolong engkau, dan oleh Allah Yang Mahakuasa, yang akan memberkati engkau dengan berkat dari langit di atas, dengan berkat samudera raya yang letaknya di bawah, dengan berkat buah dada dan kandungan.

    Kejadian 49:26 Berkat ayahmu melebihi berkat gunung-gunung yang sejak dahulu, yakni yang paling sedap di bukit-bukit yang berabad-abad; semuanya itu akan turun ke atas kepala Yusuf, ke atas batu kepala orang yang teristimewa di antara saudara-saudaranya.

    Perbuatan Yusuf akan memberikan kesaksian bahwa Allah-lah yang bekerja di dalam dirinya.
  • Ucapan nabi Musa untuk suku Yusuf;

    Karena jasa besar Yusuf, maka Yusuf menerima berkat 2 kali lipat yang diatas namakan anak-anaknya, yaitu Efraim dan Manasye. Tidak ada suku Yusuf. Yang ada suku Efraim dan Manasye sebagai ganti nama Yusuf.

    Ulangan 33:13 Tentang Yusuf ia berkata: "Kiranya negerinya diberkati oleh Tuhan dengan yang terbaik dari langit, dengan air embun, dan dengan air samudera raya yang ada di bawah;

    Ulangan 33:14 dengan yang terbaik dari yang dihasilkan matahari, dan dengan yang terbaik dari yang ditumbuhkan bulan;

    Ulangan 33:15 dengan yang terutama dari gunung-gunung yang sejak dahulu, dan dengan yang terbaik dari bukit-bukit yang berabad-abad,

    Ulangan 33:16 dan dengan yang terbaik dari bumi serta segala isinya; dengan perkenanan Dia yang diam dalam semak duri. Biarlah itu semuanya turun ke atas kepala Yusuf, ke atas batu kepala orang yang  teristimewa di antara saudara-saudaranya.

    Ulangan 33:17 Anak sulung lembu sapinya adalah kegemilangannya dan tanduk- tanduknya seperti tanduk-tanduk lembu hutan; dengan itu ia akan menanduk bangsa-bangsa, seluruh bumi, dari         ujung ke ujung. Itulah orang Efraim yang puluhan ribu, dan itulah orang Manasye yang ribuan."

    Type Yusuf adalah type yang menyenangkan banyak orang karena kebaikannya, sehingga semua orang mendoakan yang baik-baik untuknya.
12. BENYAMIN.
Kejadian 35:16 Sesudah itu berangkatlah mereka dari Betel. Ketika mereka tidak berapa jauh lagi dari Efrata, bersalinlah Rahel, dan bersalinnya itu sangat sukar.

  • Kejadian 35:17 Sedang ia sangat sukar bersalin, berkatalah bidan kepadanya:"Janganlah takut, sekali inipun anak laki-laki yang kaudapat."

    Kejadian 35:18 Dan ketika ia hendak menghembuskan nafas--sebab ia mati kemudian--diberikannyalah nama Ben-oni kepada anak itu, tetapi ayahnya menamainya Benyamin.

    Rahel mati setelah melahirkan Benyamin. Tapi Rahel mati dalam kebahagiaan, sebab ternyata dia bisa memberikan keturunan buat Yakub. Jadi, Benyamin adalah type pamungkas atau penutupan. Dia datang untuk memberikan jawaban. Dia datang untuk menyibakkan sesuatu yang menjadi misteri.
  • Peristiwa menonjol
    Yusuf sebagai perdana menteri Mesir pernah berpura-pura menyandera Benyamin, adiknya itu, dengan maksud untuk memanggil seluruh sanak keluarganya, yaitu keluarga Yakub, agar pindah ke Mesir. Dan oleh sebab disanderanya Benyamin inilah, maka seluruh keluarganya berdatangan ke Mesir, sehingga tersibaklah misteri Yusuf.
  • Ucapan Yakub untuk Benyamin
    Kejadian 49:27 Benyamin adalah seperti serigala yang menerkam; pada waktu pagi ia memakan mangsanya dan pada waktu petang ia membagi-bagi rampasannya."
    Pemegang kunci misteri. Dia datang untuk menjernihkan permasalahan. Seorang yang pandai menguraikan masalah dan pemberi wejangan.
  • Ucapan nabi Musa untuk suku Benyamin
    Ulangan 33:12 Tentang Benyamin ia berkata: "Kekasih Tuhan yang diam pada-Nya dengan tenteram! Tuhan melindungi dia setiap waktu dan diam diantara lereng-lereng gunungnya." Penenteram hati. Seorang yang memiliki hikmat Allah.

No comments: