Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Apr 22, 2013

Musa tidak seperti Muhammad

Ulangan 18:15 Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh Tuhan, Allahmu; dialah yang harus kamu            dengarkan.

18:16    Tepat seperti yang kamu minta dahulu kepada Tuhan, Allahmu, di gunung Horeb, pada hari perkumpulan, dengan berkata: Tidak mau aku mendengar lagi suara Tuhan, Allahku, dan  api yang besar ini tidak mau aku melihatnya lagi, supaya jangan aku mati.
18:17    Lalu berkatalah Tuhan kepadaku: Apa yang dikatakan mereka itu baik;
18:18    seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.
18:19    Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban.
18:20    Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama Allah lain, nabi itu harus mati.
18:21    Jika sekiranya kamu berkata dalam hatimu: Bagaimanakah kami mengetahui perkataan yang tidak difirmankan Tuhan? --
18:22    apabila seorang nabi berkata demi nama Tuhan dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan Tuhan; dengan terlalu berani nabi         itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya."

Ulangan  34:10    Seperti Musa yang dikenal Tuhan dengan berhadapan muka, tidak ada lagi nabi yang bangkit di antara orang Israel,

34:11    dalam hal segala tanda dan mujizat, yang dilakukannya atas perintah Tuhan di tanah Mesir terhadap Firaun dan terhadap semua pegawainya dan seluruh negerinya,

34:12    dan dalam hal segala perbuatan kekuasaan dan segala kedahsyatan yang besar yang dilakukan Musa di depan seluruh orang Israel.

Antara Ulangan 18 dengan Ulangan 34, apakah terjadi kontradiksi? Ulangan 18 menyatakan ada seorang nabi yang seperti Musa, tapi Ulangan 34 menyatakan tidak ada nabi seperti Musa dari antara orang Israel. Apakah nabi yang seperti Musa yang bukan dari orang Israel itu Muhammad?

Ulangan 34:11-12 tidak ada nabi Israel yang seperti Musa "dalam hal" tanda dan mukjizatnya saja.

Tanda dan mukjizat Musa yang tidak dilakukan oleh Yesus, adalah:

1. Musa menjemput bangsa Israel di Mesir untuk dibawa ke Palestina. Siapakah nabi-nabi yang melakukan pekerjaan ini? Baik Yesus maupun Muhammad, tidak.

2. Musa membuat 10 tulah/malapetaka untuk Mesir. Siapakah nabi-nabi yang melakukan pekerjaan ini? Baik Yesus maupun Muhammad, tidak.

3. Musa menyeberangi laut Teberau dengan membelah laut itu sehingga bangsa Israel bisa berjalan di dasar laut yang kering. Siapakah nabi-nabi yang melakukan pekerjaan ini? Baik Yesus maupun Muhammad, tidak.

4. Musa melakukan perjalanan di padang gurun selama 40 tahun. Siapakah nabi-nabi yang melakukan pekerjaan ini? Baik Yesus maupun Muhammad, tidak.

5. Allah memimpin perjalanan itu dengan Tiang awan kalau siang dan Tiang api kalau malam. Siapakah nabi-nabi yang melakukan pekerjaan ini? Baik Yesus maupun Muhammad, tidak.

6. Allah memberikan 10 Hukum Allah kepada Musa. Siapakah nabi-nabi yang melakukan pekerjaan ini? Baik Yesus maupun Muhammad, tidak.

7. Allah memberi makan roti Manna – roti dari sorga. Siapakah nabi-nabi yang melakukan pekerjaan ini? Baik Yesus maupun Muhammad, tidak.

Jadi, dalam hal-hal itulah yang hanya dilakukan oleh Musa, yang tidak dilakukan oleh Yesus. Tapi dalam hal apa saja yang mempersamakan antara Yesus dengan Musa?

1. Musa suku Lewi, Yesus suku Yehuda. Lewi dengan Yehuda adalah saudara-bersaudara. Tapi Muhammad yang keturunan Ismael bukanlah saudara-bersaudara dengan Israel.

2. Kelahiran Musa ditandai dengan pembunuhan bayi-bayi di Mesir;

Keluaran  1:15        Raja Mesir juga memerintahkan kepada bidan-bidan yang menolong perempuan Ibrani, seorang bernama Sifra dan yang lain bernama Pua, katanya:
1:16            "Apabila kamu menolong perempuan Ibrani pada waktu bersalin, kamu harus memperhatikan waktu anak itu lahir: jika anak laki-laki, kamu harus membunuhnya, tetapi jika anak perempuan, bolehlah ia hidup."

Kelahiran Yesus juga ditandai dengan pembunuhan bayi-bayi di Betlehem;

Matius  2:16            Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu.

Apakah Muhammad mempunyai tanda ini?

3. Musa diutus kepada bangsa Israel. Yesus juga diutus untuk bangsa Israel. Apakah Muhammad diutus untuk bangsa Israel?

4. Musa menerima 10 Hukum Allah. Yesus tidak merubah 10 Hukum Allah. Apakah Muhammad mengajarkan 10 Hukum Allah?

5. Musa diajar memelihara hari Sabat. Yesus memelihara hari Sabat. Tapi Muhammad hari Jum'at.

6. Musa ditandai dengan penyembelihan domba untuk pengampunan dosa. Yesus adalah ANAK DOMBA Allah yang mengampuni dosa. Muhammad menyembelih kambing untuk peringatan
Ismael saja.

7. Bangsa Israel disebut anak-anak Allah. Yesus adalah ANAK Allah. Muhammad menolak sebutan anak Allah.

8. Musa adalah Allah bagi Firaun;

Keluaran  7:1    Berfirmanlah Tuhan kepada Musa: "Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu. Yesus juga Allah bagi umatNYA;
Wahyu  21:7      Barangsiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku.

Apakah Muhammad melihat itu Allah?

9. Musa melihat Allah. Yesus melihat Allah;

Yohanes  1:18    Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Apakah Muhammad pernah melihat Allah?

10. Musa ditandai dengan berbagai mukjizat. Yesus juga. Apakah Muhammad mempunyai mukjizat?

Al Qur'an sebagai mukjizat, hal. 105.

"Mukjizat ini hanya diberikan kepada nabi-nabi untuk menguatkan kenabian dan kerasulannya, dan bahwa agama yang dibawanya bukanlah bikinannya sendiri tetapi benar-benar dari Allah swt."

QS. 11:96        "Dan sesungguhnya KAMI telah mengutus Musa dengan tanda-tanda [kekuasaan] KAMI dan mukjizat yang nyata."

QS. 10:20        "Dan mereka berkata: Mengapa tidak diturunkan kepadanya [Muhammad] suatu keterangan [mukjizat] dari Tuhan-nya? Maka katakanlah: Sesungguhnya yang ghaib  itu         kepunyaan Allah; sebab itu tunggu [sajalah] olehmu, sesungguhnya aku bersama kamu termasuk orang-orang yang menunggu."

11. Musa mati, dibangkitkan dan naik ke sorga. Yesus mati, bangkit dan naik ke sorga. Muhammad mati, tidak bangkit dan masih di Mekkah makamnya.

12. Musa menunjuk nabi yang seperti dirinya itu lebih besar dari dirinya. "DIA-lah yang harus kamu dengarkan." Maka jika kita mendengarkan nabi itu, otomatis kita sudah tidak wajib mendengarkan kata-kata Musa lagi.

Lukas  24:44    Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur."

13. Perkataan "nabi" itu dijadikan standart penghakiman;

Yohanes  5:22       Bapa tidak menghakimi siapapun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak,

Buku Al Bukhari, Jilid 4, hal. 205;
"Muhammed berkata: Dengan nama Allah, yang memelihara jiwaku, sesungguhnya Yesus anak Maryam akan segera datang sebagai hakim yang benar."

14. Nabi yang tidak benar akan mati, Ulangan 18:20. Yesus hidup, tapi Muhammad mati.

15. Musa penyelamat, Yesus Penyelamat, Muhammad tidak bisa menyelamatkan;

HSB 1261;
"Dari Abu Hurairah ra. katanya; Rasulullah saw berdiri ketika Tuhan Yangmahamu lia dan Mahabesar menurunkan ayat yang artinya: Dan berilah peringatan kepada kaum famili engkau terdekat. Lalu beliau bersabda: Hai Quraisy [atau perkataan yang serupa dengan itu]. Tebuslah dirimu! Saya tiada bisa menolongmu barang sedikitpun dari siksa Tuhan. Hai Bani Abdi Manaf! Saya tiada bisa menolongmu sedikitpun. Hai Abbas anak Abdul Muthalib! Saya tiada bisa menolongmu sedikitpun dari siksa Tuhan. Hai Safiah bibi Rasulullah! Saya tiada bisa menolongmu sedikitpun dari siksa Tuhan. Hai Fatimah binti Muhammad! Mintalah kepada saya harta dan saya tiada bisa menolongmu sedikitpun dari siksa Tuhan."
QS. 46:9      "dan aku tidak mengetahui apa yang akan diperbuat terhadapku dan tidak [pula] terhadapmu."

16. Yesus tahu DiriNYA disebutkan oleh Musa, tapi Muhammad tidak tahu kitab Taurat.

17. Yesus berasal dari YAHWEH, Muhammad berasal dari Allah yang mahapengasih dan maha penyayang.

Jadi, sangat tidak benar kalau nabi yang seperti Musa itu Muhammad. Yang benar adalah tidak mengatakan Muhammad itu seperti Musa. Sebab Al Qur'an tidak mengatakan seperti itu. Yang mengatakan adalah Ahmed Deedat.

No comments: