Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Apr 15, 2013

Mesopotamia Kuno

Mesopotamia adalah daerah yang berada di antara sungai Eufrat dan sungai Tigris. kata mesopotamia berasal dari kata yunani yakni mesos artinnya tengah dan potamos artinya sungai . Bangsa yang menduduki Mesopotamia adalah bangsa Sumeria , bangsa ini mulai mengenal tulisan yang disebut tulisan paku yang di ukir ke dalam tanah liat yang di keringkan. Bangunan rumah mereka berasal dari bata karena mereka sulit mencari batu.bangsa Sumeria sendiri beragam politeisme (percaya terhadap banyak tuhan datu dewa) dewanya antara lain Anu yang berarti dewa langit, Ea dewa air dan Enlil dewa bumi . dewa Enlil dipercaya oleh bansa sumeria dewa yang paling berkuasa.

Pada tahun 3000 SM berdirilah negara- negara kota diantaranya yaitu Ur. Larsa dan Lagasy. Mereka berperang satu sama lain untuk memiliki kekasaan penuh di mesopotamia hilir yang berlangsung selama kira-kira 500 tahun. Karena peperangan ini pertahan mereka semakin melemah dan akhirnya serbuan dari bangsa lain pun berdatangan mulai dari bangsa akkadia yang dipimpin raja Sargon menaklukkan Sumeria pada tahun 2350 SM selang slama kira- kira 400 tahun bangsa Akkadia ditaklulkkan oleh bangsa Amorit kekuasaan memusat ke Babilon, Babilonia menjadai sebutan yang umum bagi
Mesopotamia di karanakan pemerintahan nyua yang memusat di Babilon . Bangsa Amorit ini melakukan perubahan ynag besar di Mesopotaia dinataranya dewa yang dipersaya di Mesopotamia berubah yang dahulunya dewa Enlil yang paling berkuasa beruban menjadi dewa Marduk dewa dari bangsa Amrorit bahkan dewa ini depercaya oleh bangsa lain seperti bangsa Kassit sampai bangsa persia. Lalu bangsa Amorit di gantikan oleh bangs Akkadia yang dipimpin oleh Hammurabi yang berlangsung sinkat antara tahun 1700 Sm sampai 1000 sm . pada massa pemerintahannya raja Hammurabi mengeluarkan Undang- undang yang berdasarkan azas pembalasan :"mata di balas oleh mata gigi di balas gigi " keadilan dinggap terpenuhi jika setiap perbuatan di balas dengan setimpal atas perbuatan yang dilakukan.

lalu bangsa ini di gantikan oleh bangsa Asiria yang terkenal kejam . Bangsa ini mampu membuat Imperium yang besar yakni Kemaharajaan batas imperiumnya meliputi seluruh Mesopotamia dan Mesir sebagai jajahannya. Namun bangsa Asiria yang terkenal kejam itu memiliki raja yang baik bernama Asurbanipal yang mempunyai perpustakaan di Istananya menyimpan kira- kira 200 lempeng tulisan paku.
bangsa ini berakhir kekuasaanya ketika dipimpin oleh raja Esarhaddon (681-669 SM) yang memusat di Nineveh. di sebab kan oleh pemberontakkan oleh gabuangan bangsa- bangsa antara lain khaldea dan babilonia dan pasukkan Nebukhadnezer Nineveh pun berhasil di taklukkan, keadaan babilonia kembali seperti semula dan Nebukhadnezer (605-562 sm) yang menjadi raja yang memiliki taman bergantung atau sering di sebut "taman gantung bailonia" yang dipersembahkan untuk istrinya, taman ini juga termasuk kedalam 7 keajaiban dunia. Namaun kekuasaaannya tidak berlangasung lama karena di srbu oleh bangsa Persia dan Imperiumnya meluas

No comments: