Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Apr 15, 2013

Sejarah Irak

Mesopotamia kuno itu menetap dan ditaklukkan oleh sejumlah peradaban kuno, termasuk Sumeria, Akkadians, Babilonia, Assyria dan Kasdim. Nebukadnezar II adalah penguasa Babel selama Dinasti Kasdim, ia disebutkan dalam Alkitab, dibangun Yehuda Taman Gantung Babilonia (salah satu dari tujuh keajaiban dunia) dan menaklukkan dan Yerusalem.

Berbagai penjajah menaklukkan tanah setelah kematian Nebukadnezar, termasuk Cyrus Agung pada tahun 539 SM, Alexander Agung pada 331 SM dan itu di bawah kekuasaan Yunani selama dua abad di bawah dinasti Seleukus. Mereka diikuti oleh suku Iran bernama Partia yang mencaplok wilayah tersebut, maka Sassanid Persia, dengan Muslim Arab menguasai daerah itu pada abad ketujuh. Selama 1500-an daerah ini dikontrol oleh Kekaisaran Ottoman, ini berlangsung hingga pecahnya Perang Dunia Pertama ketika Ottoman bersekutu dengan Jerman. Inggris menginvasi negara, menangkap Baghdad pada tahun 1917, Irak dipahat dari Kekaisaran Ottoman dan Inggris diberi mandat itu. Inggris mendukung kepemimpinan Sunni tradisional dari gerakan nasionalis berkembang berbasis perkotaan, mandat resmi berakhir pada tahun 1932.

Monarki Inggris Hashemit diinstal digulingkan pada tahun 1958, Brigadir Abd Al-Karim Qasim memimpin pemerintah baru Irak yang memproklamirkan sebuah republik. Qasim dibunuh pada tahun 1963 saat Partai Ba yang ath mengambil alih kekuasaan di bawah pimpinan Jenderal Ahmed Hasan al-Bakr dan Kolonel Abdul Salam Arif, sembilan bulan kemudian Abd as-Salam Muhammad Arif ~ memimpin kudeta berhasil, meskipun Ba yang Partai ath kembali mengambil alih kekuasaan setelah Perang Enam Hari 1967.

Pada bulan Juli 1979 Saddam Hussein kekuasaan, memulai perang delapan tahun dengan Iran mahal tetangga yang menghancurkan ekonomi. Irak menginvasi Kuwait pada 1990, ketika Saddam menolak untuk mundur, Perang Teluk dimulai dengan invasi yang dipimpin AS ke Kuwait. Sanksi ekonomi yang dikenakan pada Irak. Pada tahun 2001, pemerintah AS mulai menyerukan perubahan rezim di Irak, pada Maret 2003 AS dan Inggris dengan bantuan militer dari negara lain menginvasi Irak.

No comments: