Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Sep 10, 2013

Lukisan Van Gogh Ditemukan

Salah satu museum lukisan di Amsterdam menyingkap sekaligus menggelar pameran lukisan Vincent van Gogh yang telah lama hilang. Lukisan tersebut tersimpan selama hampir satu dekade di atas loteng karena dikira lukisan palsu.



Museum khusus lukisan Van Gogh, The Van Gogh Museum, mengklaim lukisan yang baru saja ditemukannya merupakan lukisan tangan asli karya Van Gogh. Pihak museum mengidentifikasinya lewat teknik lukisan, gaya, kanvas, warna, dan tema yang identik dengan lukisan-lukisan lain karya Van Gogh.

"Ini merupakan temuan langka yang dapat melengkapi koleksi lukisan Van Gogh. Dan yang membuatnya spesial, ini merupakan lukisan yang menjadi puncak karya seni dari Van Gogh pada masanya di Arles, suatu wilayah di utara Prancis," kata Axel Ruger, direktur Museum Van Gogh, seperti dikutip LiveScience.

Lukisan ini berukuran sekira 93 cm x 73 cm yang dilukis oleh Van Gogh pada tahun 1888. Lukisan besar ini diberi nama 'Sunset at Montmajour' yang menggambarkan suatu senja di wilayah utara Prancis bernama Arles.

Lukisan ini sebenarnya koleksi milik Theo van Gogh, sang kakak dari Vincent van Gogh sendiri, yang dibelinya pada tahun 1901. Singkat cerita, lukisan itu berpindah tangan pada kolektor asal Norwegia yang menyimpan di loteng rumahnya karena menduga lukisan tersebut palsu.

Vincent Van Gogh meninggal dunia pada usia ke-37 di tahun 1890 dan meninggalkan karya-karya fantastis. Salah satunya adalah Sunset at Montmajour yang juga dikerjakan bersamaan dengan lukisan lain seperti Sunflowers, The Bedroom, dan The Yellow House.

1 comment:

stenote said...

Apa kata Vincent Van Gogh tentang pemotongan kupingnya sendiri ?
Dapatkan jawabannya di dalam wawancara dengan Vincent (imajiner) di http://stenote-berkata.blogspot.hk/2017/11/