Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Sep 11, 2013

Ditemukan Fosil Tulang Manusia Berusia 10 Ribu Tahun

Ilmuwan melaporkan temuan baru di Journal of Quaternary Science, mengungkap fosil kaki manusia berusia 10 ribu tahun. Analisis fosil tulang yang ditemukan di wilayah utara Inggris ini menunjukkan manusia tertua yang pernah ada di daratan negeri Ratu Elizabeth.

Dilansir Softpedia, Minggu (8/9/2013), Para ilmuwan menjelaskan, sejak tulang itu ditemukan kembali pada 1990-an, mereka menduga bahwa fosil tersebut memiliki usia sangat tua. Butuh waktu bagi peneliti untuk melakukan analisis radiokarbon dan menentukan usia fosil tersebut.



Peneliti mengatakan, tulang kaki manusia ini ditemukan dalam Kents Bank Cavern di sisi utara dari Morecambe Bay. Para peneliti yang menemukannya juga menemukan fosil kuda dan sisa-sisa rusa.

Karena ditemukan di dalam gua , tulang dianggap sebagai bukti bahwa ribuan tahun lalu, orang yang tinggal di daerah-daerah utara mengikuti ritual ketika menguburkan jenazah mereka.

Arkeolog Ian Smith di Liverpool John Moores University mengatakan, kuburan manusia gua tertua sebelumnya berada di selatan Inggris. Sementara semakin ke wilayah utara, maka usia fosil akan semakin tua.

"Namun, usia tulang paha manusia modern ini dengan tulang manusia  di awal post-glacial dari gua-gua di selatan, menunjukkan perilaku ritual serupa pada kedua gua Cumbrian dan Somerset pada waktu yang sama," jelas Smith.

Dengan demikian, peneliti meyakini bahwa fosil ini merupakan manusia tertua yang pernah ditemukan di daerah utara Inggris. Para ilmuwan menduga bahwa fosil ini milik orang dewasa yang tinggal di wilayah Inggris pada akhir Zaman Es.

1 comment:

Unknown said...

Thanks ya gan blog ini membantu saya sekali .................



bisnistiket.co.id