Sejarah Dunia Kuno

The Year of God Opening the Doors for Miracles

Monday, August 5, 2013

Suku Aztec

Suku Aztec memiliki sistem kepercayaan yang kompleks. Istilah Aztec digunakan untuk menyebut kelompok etnis yang tinggal di bagian tengah Meksiko. Kelompok ini sangat dominan selama abad ke-14 hingga abad ke-16. Kuil Aztec dikenal karena arsitekturnya yang mengambil bentuk piramida. Piramida Aztec adalah bagian dari kuil Aztec.

Kuil Aztec

Kuil Aztec dibangun untuk menyembah berbagai dewa. Kuil ini umumnya dibangun dalam bentuk piramida dengan undakan (tangga). Terdapat dua tangga dalam sebuah piramida Aztec. Setiap tangga menuju pada dua sisi kuil yang berbeda.
Suku Aztec melakukan pengorbanan manusia untuk menghormati dewa-dewa mereka. Pengorbanan manusia dilakukan di dalam kuil Aztec.

Templo Mayor


Templo Mayor merupakan sebuah kuil yang selesai dibangun pada tahun 1497 dan menjadi tempat pemujaan bagi dewa Huitzilopochtli dan Tlaloc. Ketinggian kuil ini mencapai lebih dari 60 meter dan terbuat dari batu yang dilapisi cat polikrom. Templo Mayor terletak di kota Tenochtitlan, kini Mexico City. Selama musim hujan, Templo Mayor sering tenggelam sehingga sering memerlukan perbaikan. Huitzilopochtli, yang dikenal sebagai "Hummingbird dari Selatan", adalah dewa perang, sementara Tlaloc adalah dewa kesuburan dan hujan. Pengorbanan manusia adalah ritual utama yang dilakukan di kuil Aztec. Bukti-bukti sejarah mengungkapkan ribuan manusia turut dikorbankan pada saat penyelesaian kuil ini.

Templo Mayor dianggap mewakili "Bukit Coatepec" di mana Huitzilopochtli dilahirkan. Kuil Dewa Matahari dan Dewa Bulan (Teotihuacán) Kuil berbentuk piramida ini tidak dibangun oleh suku Aztec. Namun, diyakini arsitektur Teotihuacán terinspirasi dari Aztec. Kuil ini merupakan rumah bagi dewa matahari dan dewa bulan. Ketinggian piramida dewa matahari mencapai 70 meter, sedangkan kuil dewa bulan sekitar 45 meter. Diyakini, kuil ini dulunya diplester dan dicat dalam warna merah cerah. Kuil piramida dewa matahari dibangun di atas sebuah gua tabung lava. Chalchihuitlicue, atau dewa Matahari, juga dikenal sebagai dewi danau dan sungai. Tlaloc, dewa kesuburan dan hujan, juga dikenal sebagai dewa bulan.

Kuil Lain

Terdapat banyak kuil Aztec yang dikenal karena keindahan arsitekturnya. Kuil Cholula, juga dikenal sebagai Piramida Besar Cholula, adalah "piramida dengan volume terbesar" di dunia. Kuil-kuil yang ditemukan di kota Teotenango dikenal pula sebagai kuil gunung. Sebabnya, kuil tersebut diukir di sisi pegunungan. Terdapat bukti-bukti sejarah bahwa pengorbanan manusia adalah salah satu ritual yang terus dilakukan sampai akhir abad 19. Kuil-kuil Aztec lain yang layak disebut karena keindahan arsitekturnya adalah Teopanzolco dan Xochicalco. Banyak kuil tersebut kemudian berubah menjadi gereja saat Spanyol menaklukkan Meksiko pada abad ke-16

No comments:

Tuhan 2014 Tahun Dibukanya Pintu Pintu Mujizat

Yesus berkata "Akulah Jalan Kebenaran dan Hidup

Hakikatku adalah yang aku pikirkan, bukan apa yang aku rasakan

Selagi ada cinta tidak perlu ada lagi pertanyaan

Kebanyakan orang mengatakan bahwa kecerdasanlah yang melahirkan seorang ilmuwan besar. Mereka salah, karakterlah yang melahirkannya.

Tanda kecerdasan sejati bukanlah pengetahuan tapi imajinasi.

Imajinasi lebih berharga daripada ilmu pengetahuan. Logika akan membawa Anda dari A ke B. Imajinasi akan membawa Anda kemanamana.

Tidak ada eksperimen yang bisa membuktikn aku benar, namun sebaliknya sebuah eksperimen saja bisa membuktikan aku salah.

Dunia ini adalah sebuah tempat yang berbahaya untuk didiami, bukan karena orangorangnya jahat, tapi karena orangorangnya tak perduli.

Mencari kebenaran lebih bernilai dibandingkan menguasainya.

Hidup itu seperti naik sepeda. Agar tetap seimbang, kau harus terus bergerak.

Sudah saatnya citacita kesuksesan diganti dengan citacita pengabdian.

Lebih mudah mengubah plutonium dari pada mengubah sifat jahat manusia.

Tidak ada yang lebih merusak martabat pemerintah dan hukum negeri dibanding meloloskan undangundang yang tidak bisa ditegakkan.

Belajarlah dari masa lalu, hiduplah untuk masa depan. Yang terpenting adalah tidak berhenti bertanya.

Generasigenerasi yang akan datang akan kehilangan keyakinan bahwa manusia akan berjalan di muka bumi dengan darah dan daging.

Nilai manusia terletak pada apa yang bisa dia terima.

Orang berjiwa besar akan selalu menghadapi perlawanan hebat dari orangorang picik.

Barangsiapa yang tidak pernah melakukan kesalahan, maka dia tidak pernah mencoba sesuatu yang baru

Hal yang paling sukar dipahami di dunia ini adalah pajak penghasilan.

Kebahagiaan dalam melihat dan memahami merupakan anugerah terindah alam.

Hanya ada dua cara menjalani kehidupan kita. Pertama adalah seolah tidak ada keajaiban. Kedua adalah seolah segala sesuatu adalah keajaiban.

Usaha pencarian kebenaran dan keindahan merupakan kegiatan yang memberi peluang bagi kita untuk menjadi kanakkanak sepanjang hayat.

Kalau kau tidak bisa menjelaskannya dengan gamblang/sederhana, maka kau belum cukup memahaminya.

Di tengahtengah kesulitan ada kesempatan.

Kita tidak bisa memecahkan masalah kita dengan pemikiran yang sama pada saat kita menciptakannya.

Ini sungguh mengejutkan bahwa teknologi telah melebihi kemanusiaan kita.

Rahasia dari kreativitas adalah mengetahui cara menyembunyikan sumber kreativitas kita itu.