Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Aug 14, 2013

Senjata yang Digunakan Tentara Romawi

Salah satu kerajaan paling kuat dari masa lalu adalah Kekaisaran Romawi. Salah satu penyokong kekuasaan Romawi adalah kekuatan militer yang luar biasa. Kekaisaran Romawi memiliki militer kuat karena keunggulan senjata dan taktik perang yang brilian. Tentara Romawi berpikiran terbuka dan tidak segan mengadopsi taktik perang dan senjata lawan yang dianggap unggul.



Senjata Romawi Kuno

Beberapa senjata yang digunakan tentara Romawi tercantum di bawah ini.

1. Gladius

Selama berabad-abad, pedang, sebagai salah satu senjata Romawi kuno mengalami banyak perubahan. Julius Caesar menggunakan jenis pedang yang disebut "Gladius". Pedang ini berukuran pendek dan memiliki bilah bermata dua yang digunakan sebagai senjata dalam pertempuran jarak dekat. Gladius umumnya dicantelkan di sisi kiri tubuh dan lazim digunakan oleh infanteri.

2. Helm

Helm adalah tutup kepala yang dikenakan tentara Romawi untuk melindungi kepala, leher, dan sisi wajah. Helm merupakan bagian penting dari persenjataan untuk pertahanan. Helm biasanya dibuat dari paduan tembaga.

3. Baju Zirah

Baju zirah berbentuk tunik yang dikenakan oleh prajurit Romawi. Baju zirah terbuat dari kombinasi besi dan kulit. Para prajurit juga menggunakan zirah untuk melindungi lengan dan kaki.

4. Perisai

Perisai tentara Romawi terbuat dari kayu tebal yang dibingkai dengan paduan tembaga atau besi. Bentuk perisai bervariasi dari oval, persegi panjang, atau heksagonal.

5. Pedang

Salah satu senjata yang dibawa oleh tentara Romawi kuno adalah pedang. Pedang terutama digunakan selama abad ke-3 SM. Pedang tentara Romawi berbentuk panjang, runcing, dan bermata dua. Pedang jenis ini sering pula disebut "pedang Spanyol". Dengan berlalunya waktu, pedang yang digunakan juga mengalami modifikasi.

6. Belati

Senjata lain tentara Romawi adalah belati. Sebuah belati memiliki sarung dengan hiasan rumit dengan taburan batu mulia. Bilah belati memiliki gerigi dan dibuat dari paduan tembaga atau besi.

7. Tombak

Terdapat tiga jenis tombak yang digunakan oleh tentara Romawi kuno – tombak ringan, tombak tusuk, dan tombak dua gagang. Tombak adalah senjata dengan logam berbentuk kerucut dan disambungkan ke sebuah batang terbuat dari kayu. Tombak merupakan senjata utama yang digunakan oleh legiun Romawi.

8. Pilum

Pilum merupakan senjata yang digunakan dengan cara dilemparkan ke arah musuh. Pilum berbentuk menyerupai lembing dengan kepala dan leher panjang terbuat dari logam yang terpasang pada gagang yang juga terbuat dari logam atau kayu.

No comments: