Sejarah Dunia Kuno

The Year of God Opening the Doors for Miracles

Monday, August 12, 2013

Dewa & Dewi Mesir Kuno

Mesir terkenal sebagai tanah firaun dan piramida. Para firaun meyakini bahwa mereka memerintah dengan bantuan para dewa dan dewi. Kepercayaan pada dewa-dewa begitu kuat sehingga rakyat Mesir kuno menganggap firaun dikirim oleh para dewa untuk memerintah mereka. Berbagai kuil dibangun sebagai tempat pemujaan para dewa. Konon, orang Mesir kuno memiliki lebih dari 2000 dewa. Dewa-dewa tersebut terinspirasi oleh kekuatan alam. Agama Mesir kuno sangat kompleks dan menarik. Untuk menjelaskan berbagai fenomena alam, dewa Mesir lantas diciptakan.



Para dewa ini membantu menjelaskan keberadaan hidup dan menjawab misteri yang belum terpecahkan.
Berikut adalah daftar dewa-dewa Mesir kuno yang terkemuka.

1. Amun

Amun berarti 'yang tak terkalahkan'. Dia digambarkan sebagai seorang pria yang memakai dua bulu di kepala. Amun dianggap sebagai raja dewa. Dia juga dikenal sebagai Amon, Amin, dan Amum.
Ketika disebut sebagai Amon, dia digambarkan memiliki seekor domba jantan, angsa, dan banteng sebagai hewan sucinya. Kuil besar Karnak dibangun untuk memuja Amun dalam statusnya sebagai raja para dewa.

2. Anubis


Anubis atau dewa orang mati Mesir kuno, digambarkan sebagai pria dengan kepala jackal atau anjing liar. Anubis adalah yang pertama melakukan mumifikasi Osiris dan dengan demikian, menjadi dewa pelindung untuk pembalsem mumi. Anubis juga dikenal sebagai pemandu orang mati di dunia bawah (underworld).

3. Baset (Bast)

Baset adalah dewi pelindung. Dia memiliki kepala kucing dan merupakan putri dewa matahari Ra. Baset merupakan dewi perawan dan ibu dari Mihos. Dalam mitologi Yunani, Baset diidentifikasi sebagai Artemis.

4. Bes

Bes memiliki bentuk sebagai kurcaci gemuk yang memiliki lidah mencuat dengan mainan di tangan. Bes dianggap sebagai dewa pelindung untuk rumah, proses melahirkan, lagu, humor, dan tari.
Tidak ada kuil yang didedikasikan untuknya. Bes dikatakan memiliki asal-usul dari Timur Tengah atau Afrika.

4. Horus

Horus digambarkan sebagai pria yang memiliki kepala elang. Dia dianggap sebagai dewa pelindung firaun. Horus merupakan putra dari Isis dan Osiris. Setelah Osiris dibunuh oleh dewa Seth, Horus dibesarkan oleh ibunya untuk di kemudian hari membalas kematian ayahnya. Horus menjadi idola bagi para pemuda yang ingin menjadi adil dan berbakti.

5. Isis

Isis atau ratu para dewa, digambarkan sebagai seorang wanita cantik yang mengenakan pakaian megah. Dia dianggap sebagai pelindung yang mempertahankan perdamaian di dunia. Dia adalah putri dari Nut dan Geb. Isis bersaudara dengan Osiris, Set dan Nepthys. Isis dan Osiris diceritakan menikah dan memiliki anak yang diberi nama Horus. Isis diyakini lebih kuat dari Ra dan Osiris. Dia adalah dewi kesuburan dan dengan demikian merupakan dewi pelindung bagi perempuan, anak-anak, obat-obatan, serta sihir.

6. Osiris

Osiris merupakan dewa dan hakim dunia bawah (underworld). Dia juga merupakan dewa kebangkitan, banjir, dan vegetasi. Osiris bertugas menguji orang mati. Mereka yang lulus ujian akan memasuki Tanah Terberkati. Osiris dibunuh oleh saudaranya Seth yang cemburu dan dibangkitkan oleh Iris dengan bantuan Kitab Kematian.

7. Ra

Ra adalah dewa matahari yang digambarkan memiliki kepala elang dengan piringan matahari diatas kepalanya. Ra dianggap sebagai pencipta dunia. Dia juga disebut sebagai Re-Horakhty yang berarti Horus dari Horizon. Dia adalah penguasa alam semesta dan memiliki banyak kuil yang dibangun untuk menghormatinya.

8. Sobek

Sobek adalah dewa dengan kepala buaya dan tubuh manusia. Dia adalah anak dari Neith yang menjadi semacam pengawal bagi banyak dewa.

9. Thoth

Thoth atau dewa bulan dikenal pula sebagai dewa kebijaksanaan. Dia dipercaya sebagai pencipta sihir, penemu tulis menulis, dan utusan para dewa. Thoth bertugas menanyai orang mati dan menimbang jantung mereka dan membandingkannya dengan bulu Maat. Thoth memakai bulan sabit di kepalanya dan dikatakan memiliki buku kebijaksanaan.

10. Ptah

Ptah digambarkan sebagai mumi yang terbungkus dengan topi dan jenggot di dagunya. Dia memegang Djed, yang merupakan tanda stabilitas, di satu tangan, dan Ankh, dianggap sebagai simbol kehidupan, di tangan lain. Dikatakan bahwa segala sesuatu menjadi eksis dengan pikirannya. Oleh karena itu, tidak seperti para dewa penciptaan lain yang menciptakan dengan tindakan, Ptah menggunakan pikirannya untuk menciptakan. Pusat kultus untuk Ptah adalah Memphis, di mana para pengikutnya percaya bahwa hati dan lidah Ptah yang melahirkan para dewa, mendirikan kota, dan menjaga ketertiban.

11. Anqet

Sebagai dewi Sungai Nil di Aswan dan dewi kesuburan, Anqet memiliki banyak nama lainnya. Selama periode Kerajaan Lama dia dikenal sebagai Anket, Anjet, Anukis, dan Anuket. Namanya berarti "Dia Yang Merangkul ' karena orang Mesir kuno berpikir bahwa Anqet memegang Nil dalam pelukannya. Dia juga dianggap sebagai dewi perburuan dan hewan sucinya adalah rusa. Anqet digambarkan sebagai seorang wanita dengan hiasan kepala tinggi yang terbuat dari bulu burung unta atau alang-alang dan diperkirakan berasal dari Nubia.

12. Sekhmet

Sekhmet digambarkan sebagai seorang wanita dengan kepala singa betina dan memiliki piringan matahari diatas kepalanya. Nama Sekhmet berasal dari akar sekhem yang berarti kuat, perkasa, dan keras.

13. Hathor

Hathor adalah dewi cinta, tari, kebahagiaan, dan musik. Hathor juga merupakan pelindung wanita. Dia digambarkan sebagai seorang wanita dengan kepala sapi, atau seorang wanita yang memakai tanduk sapi dengan piringan matahari di kepalanya.

No comments:

Tuhan 2014 Tahun Dibukanya Pintu Pintu Mujizat

Yesus berkata "Akulah Jalan Kebenaran dan Hidup

Hakikatku adalah yang aku pikirkan, bukan apa yang aku rasakan

Selagi ada cinta tidak perlu ada lagi pertanyaan

Kebanyakan orang mengatakan bahwa kecerdasanlah yang melahirkan seorang ilmuwan besar. Mereka salah, karakterlah yang melahirkannya.

Tanda kecerdasan sejati bukanlah pengetahuan tapi imajinasi.

Imajinasi lebih berharga daripada ilmu pengetahuan. Logika akan membawa Anda dari A ke B. Imajinasi akan membawa Anda kemanamana.

Tidak ada eksperimen yang bisa membuktikn aku benar, namun sebaliknya sebuah eksperimen saja bisa membuktikan aku salah.

Dunia ini adalah sebuah tempat yang berbahaya untuk didiami, bukan karena orangorangnya jahat, tapi karena orangorangnya tak perduli.

Mencari kebenaran lebih bernilai dibandingkan menguasainya.

Hidup itu seperti naik sepeda. Agar tetap seimbang, kau harus terus bergerak.

Sudah saatnya citacita kesuksesan diganti dengan citacita pengabdian.

Lebih mudah mengubah plutonium dari pada mengubah sifat jahat manusia.

Tidak ada yang lebih merusak martabat pemerintah dan hukum negeri dibanding meloloskan undangundang yang tidak bisa ditegakkan.

Belajarlah dari masa lalu, hiduplah untuk masa depan. Yang terpenting adalah tidak berhenti bertanya.

Generasigenerasi yang akan datang akan kehilangan keyakinan bahwa manusia akan berjalan di muka bumi dengan darah dan daging.

Nilai manusia terletak pada apa yang bisa dia terima.

Orang berjiwa besar akan selalu menghadapi perlawanan hebat dari orangorang picik.

Barangsiapa yang tidak pernah melakukan kesalahan, maka dia tidak pernah mencoba sesuatu yang baru

Hal yang paling sukar dipahami di dunia ini adalah pajak penghasilan.

Kebahagiaan dalam melihat dan memahami merupakan anugerah terindah alam.

Hanya ada dua cara menjalani kehidupan kita. Pertama adalah seolah tidak ada keajaiban. Kedua adalah seolah segala sesuatu adalah keajaiban.

Usaha pencarian kebenaran dan keindahan merupakan kegiatan yang memberi peluang bagi kita untuk menjadi kanakkanak sepanjang hayat.

Kalau kau tidak bisa menjelaskannya dengan gamblang/sederhana, maka kau belum cukup memahaminya.

Di tengahtengah kesulitan ada kesempatan.

Kita tidak bisa memecahkan masalah kita dengan pemikiran yang sama pada saat kita menciptakannya.

Ini sungguh mengejutkan bahwa teknologi telah melebihi kemanusiaan kita.

Rahasia dari kreativitas adalah mengetahui cara menyembunyikan sumber kreativitas kita itu.