Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Aug 29, 2013

Ordo Illuminati



Gerakan ini didirikan pada tanggal 1 Mei 1776, di Ingolstadt (Bavaria Atas) sebagai Ordo Illuminati, dengan keanggotaan awal lima, oleh Yesuit diajarkan Adam Weishaupt (wafat 1830), yang pertama berbaring profesor canon Hukum di Universitas Ingolstadt. Itu terdiri dari pemikir bebas sebagai cabang dari Pencerahan dan tampaknya telah dimodelkan pada Freemason.   anggota Illuminati mengambil sumpah kerahasiaan dan berjanji ketaatan kepada atasan mereka. Anggota dibagi menjadi tiga kelas utama, masing-masing dengan beberapa derajat, dan banyak Illuminati bab menarik keanggotaan dari loge Masonik yang ada.


Awalnya Weishaupt telah merencanakan agar diberi nama "Perfectibilists". Kelompok ini juga telah disebut Illuminati Bavaria dan ideologinya telah disebut "Illuminism". Banyak intelektual berpengaruh dan politisi progresif dihitung diri mereka sebagai anggota, termasuk Ferdinand dari Brunswick dan diplomat Xavier von Zwack, yang kedua-in-command pesanan. Urutan memiliki cabang di sebagian besar negara-negara Eropa: itu dilaporkan memiliki sekitar 2.000 anggota selama kurun waktu sepuluh tahun. Ini menarik pria sastra seperti Johann Wolfgang von Goethe dan Johann Gottfried Herder dan memerintah adipati dari Gotha and Weimar.

Pada 1777 Karl Theodor menjadi penguasa Bavaria. Dia adalah seorang pendukung Tercerahkan despotisme dan pemerintahnya melarang semua rahasia masyarakat, termasuk Illuminati. Pecah internal dan panik atas suksesi didahului kejatuhannya, yang dipengaruhi oleh Dekrit sekuler yang dibuat oleh pemerintah Bavaria. The 2 Maret 1785 dekrit "tampaknya telah luka yang parah ke Illuminati di Bavaria." Weishaupt telah melarikan diri dan dokumen dan korespondensi internal disita pada tahun 1786 dan 1787, yang kemudian diterbitkan oleh pemerintah pada tahun 1787. Von Zwack rumah yang digeledah untuk mengungkapkan banyak literatur kelompok.

Reorganisasi lain terjadi pada tahun 1780 setelah Lower Saxon mulia Adolph Freiherr Knigge bergabung Illuminati. Pada 1782 ia memberikan struktur yang mirip dengan pondok-pondok Freemason ke urutan yang telah sampai saat itu, sebagai Weishaupt sendiri mengakui, tidak benar-benar ada di mana saja tapi di kepala Weishaupt. Kepemimpinan perintah itu diberikan kepada yang disebut Areopagus yang terdiri dari Weishaupt, Knigge dan lain-lain.

Organisasi baru ini memungkinkan Illuminati untuk merekrut banyak Freemason dan menyusup seluruh pondok-pondok dengan latar belakang krisis bahwa nilai yang lebih tinggi dari Freemasonry Jerman akan melalui setelah runtuhnya Orde Observance ketat pada tahun 1776. Gerakan ini relatif apolitis dan romanticising mengklaim suksesi dari Ksatria Templar dan telah diaktifkan Karl von Hund Gotthelf untuk mendapatkan pondok-pondok Jerman di bawah kepemimpinannya. Selama bertahun-tahun ia telah mengaku berada dalam kontak dengan "Pemimpin tidak diketahui" yang telah membiarkannya masuk pada rahasia terdalam dari Freemasonry. Namun, setelah ada semacam "Pemimpin Rahasia" menghubungi pondok-pondok setelah kematian Hund pada tahun 1776, para anggota lodge yang bingung. Pada Convent Freemason besar 'dari Observance ketat, yang digelar di Wilhelmsbad mulai tanggal 16 Juli dengan tanggal 1 September 1782, Knigge dan Franz von Dietrich Ditfurth, perwakilan Illuminati kedua dan pendukung paling radikal Pencerahan, bisa mengklaim pendapat kepemimpinan untuk pesanan mereka. Sistem kelenteng itu menyerah dan Orde Golden dan Rosy Cross, dirinya mencoba untuk berhasil Ordo Observance ketat, tetap minoritas. Dua Illuminati bahkan berhasil menang atas Johann Christoph Bode, salah satu wakil terkemuka dari Observance ketat.

Akibatnya, perbedaan pendapat antara Weishaupt dan Knigge meningkat begitu banyak sehingga mengancam untuk memecahkan Ordo terpisah. Oleh karena itu pengadilan arbitrase disebut "Kongres" diselenggarakan di Weimar pada bulan Februari 1784. Itu datang sebagai kejutan untuk Knigge bahwa "Kongres", di mana antara lain Goethe, Johann Gottfried Herder dan Duke Ernst dari Sachsen-Gotha berpartisipasi, menilai bahwa yang benar-benar Areopagus baru harus dibuat. Kedua kepala Ordo seharusnya mengundurkan diri dari posisi kekuasaan mereka. Ini tampaknya menjadi kompromi yang dapat diterima. Itu berarti kekalahan yang jelas untuk Knigge, sebagai pendiri pesanan mungkin akan masih memiliki pengaruh yang sama bahkan tanpa pimpinan formal Aeropagus tersebut. Diam dan kembalinya semua kertas disepakati dan meninggalkan Knigge Illuminati pada pertama Juli 1784. Dari titik ini ia berpaling dari "kebodohan modis" untuk mencoba memperbaiki dunia dengan perkumpulan rahasia. Weishaupt untuk bagian itu menyerahkan kepemimpinan Ordo Johann Martin Count Stolberg-Roßla.

Sementara anggota masyarakat yang bertengkar di antara mereka sendiri, masyarakat rahasia telah menarik perhatian dari pihak berwenang Bavaria. Mereka dianggap sebagai tujuan masyarakat rahasia berpikiran progresif curiga karena mereka berkonsentrasi pada mengubah urutan tradisional dan mendirikan "negara rasional" dengan infiltrasi kantor publik. Pada tanggal 22 Juni 1784, yang Bavarian pemilihan Pangeran Charles Theodore akibatnya melarang setiap "komunitas, masyarakat dan asosiasi", yang telah didirikan tanpa persetujuannya sebagai penguasanya. Dengan desakan Bapa Frank, kanselir Baron dari Krettmayr, Rosicrucian Baron dari Torring dan orang lain di pengadilan, dekrit lain dirilis pada 2 Maret 1785, yang secara eksplisit menyebutkan nama Illuminati dan Freemason. Mereka juga dilarang untuk alasan pengkhianatan dan bidah. Selama penggeledahan rumah berbagai dokumen dari tatanan yang menunjukkan bukti lebih lanjut mendalam untuk tujuan radikal mereka disita. Dokumen yang ditemukan dengan kurir almarhum menyerahkan informasi mengenai nama dari beberapa anggota. Dalam dua surat kepada uskup Freising, dikirim dalam tahun yang sama (18 Juni dan 12 November), Paus Pius VI menyatakan keanggotaan pesanan tidak sesuai dengan iman Katolik.

Organisasi

Rahasia yang paling berharga dari Illuminati adalah sistem moral mereka sendiri kekuasaan, yang sudah dipraktekkan dalam urutan, tapi sekarang seharusnya diterapkan pada dunia luar. The kebohongan dan merendahkan anggota rendah diposisikan segera diprovokasi perselisihan dalam pesanan. Hal ini disebabkan oleh tujuan Weishaupt untuk menyempurnakan individu dengan mendorong untuk berlatih lebih disiplin diri dan kepemimpinan rahasia. Dia menganggap bahwa untuk peningkatan individu langkah yang diperlukan pertama adalah untuk mengetahui rahasianya. Mungkin, ia mengadopsi konsep ini dari nya musuh, para Yesuit, yang dikenal karena ketaatan membudak dan kepemimpinan lembut namun tetap efektif mereka dengan cara pengakuan. Sebenarnya, menurut Illuminati-ahli Agethen, urutan tinggal di sebuah keterikatan dialektika dengan lawan-lawannya: mereka menggunakan metode Jesuit menyelidiki hati nurani untuk membebaskan individu dari dominasi intelektual dan spiritual gereja, mereka juga menggunakan sistem peringkat dan rewel mistis, mirip dengan irasionalitas antusias dari Rosicrucian, untuk memajukan keberhasilan Pencerahan dan rasionalitas. Mereka dikenakan anggota mereka ke pemantauan benar-benar totaliter dan teknik-teknik psikologis untuk akhirnya membebaskan manusia dari despotisme pangeran dan raja.

Anggota

Keberhasilan ini sementara tidak dapat menyembunyikan fakta bahwa urutan Illuminati terutama terdiri dari cukup akademisi bawahan yang mungkin bergabung urutan terutama dengan harapan peluang karier yang lebih. Memang harapan mereka berkorelasi dengan konsep Weishaupt infiltrasi. Tentu saja anggota baru tidak mengetahui tentang mereka niat. Urutan hampir mencapai tujuan yang sebenarnya, yaitu untuk membentuk elit intelektual dan politik masyarakat. Terlepas dari pengecualian yang disebutkan (Goethe, Herder, Knigge), semua wakil yang benar-benar penting dari Jerman "Spätaufklärung" baik benar-benar jauhkan diri dari urutan (seperti Schiller, Kant, Lessing, tetapi juga Lavater siapa Knigge gagal mencoba meyakinkan bergabung untuk waktu yang lama) atau tak lama kemudian berhenti, seperti Friedrich Nicolai lakukan, dari kekecewaan tentang struktur yang kaku dalam pesanan. "Bookworm Weishaupt dan teman-temannya, utopists dalam baik dan cara yang konyol" tidak pernah dianggap sebagai ancaman nyata bagi negara bagian Bavaria, tetapi "tantangan bagi rezim tua itu tentu saja masih terlalu kuat, bahkan dalam bentuk moderat."


New World Order Illuminati

Penulis seperti Mark Dice, David Icke, Texe Marrs, Ryan Burke, Jüri Lina dan Morgan Gricar berpendapat bahwa Bavarian Illuminati selamat, mungkin sampai hari ini. Banyak teori-teori ini mengusulkan bahwa peristiwa dunia dikendalikan dan dimanipulasi oleh kelompok rahasia yang menamakan dirinya Illuminati. Teori konspirasi menyatakan bahwa banyak orang terkenal yang atau anggota Illuminati. Presiden Amerika Serikat adalah target umum untuk klaim tersebut. Seorang tokoh kunci dalam gerakan teori konspirasi, Myron Fagan, mengabdikan tahun-tahun terakhir untuk menemukan bukti bahwa berbagai peristiwa sejarah dari Waterloo, Revolusi Prancis, pembunuhan Presiden John F. Kennedy dan plot komunis diduga untuk mempercepat New World Order oleh infiltrasi industri film Hollywood, yang semua diatur oleh Illuminati.

Selain organisasi gelap dan rahasia seharusnya, beberapa kelompok persaudaraan modern yang mengklaim sebagai "ahli waris" dari Illuminati Bavaria dan telah secara terbuka menggunakan nama "Illuminati" dalam mendirikan ritus mereka sendiri. Beberapa, seperti beberapa kelompok yang menyebut diri oleh beberapa variasi pada "The Illuminati Order" , menggunakan nama langsung atas nama organisasi mereka, sementara yang lain, seperti  Ordo Templi Orientis , menggunakan nama sebagai kelas inisiasi dalam organisasi mereka.


Budaya populer

Illuminati sering digambarkan dalam novel terkenal, seperti Illuminatus! Trilogy oleh Robert Shea dan Robert Anton Wilson, dalam  Foucault Pendulum  oleh Umberto Eco, atau  Angels and Demons  oleh Dan Brown. Para penulis ini tidak bergantung pada sumber serius yang memberikan informasi sejarah tentang perintah, tetapi lebih pada teori konspirasi yang beredar tentang hal itu. Dengan demikian Illuminati digambarkan sebagai penjahat jahat dan misterius, komplotan kejam atau mereka digambarkan sebagai manusia yang tercerahkan berusaha untuk melindungi dunia dari kejahatan. Namun informasi ini spekulatif tentang Illuminati sering keliru sebagai kebenaran. Baik Galileo Galilei (1564-1642) atau Bernini (1598-1680) adalah seorang anggota Illuminati, seperti yang digambarkan dalam novel Brown, dan plot mengenai tradisi berusia ribuan tahun dari Celtic druid, pembunuh dan Templar, yang memiliki niat untuk menemukan "umbilikus telluris" (dari bahasa Latin, yang berarti "pusar dunia"), sepenuhnya fiksi.

No comments: