Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Mar 27, 2009

Panas Dingin

"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah: Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas! Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku." (Wahyu 3:14-16)

Bagian Alkitab ini sedang berbicara tentang anggota-anggota jemaat di gereja Laodikia yang belum diselamatkan dan apabila mereka tidak segera berubah maka Tuhan akan memuntahkan mereka sama sekali dari mulut-Nya sehingga mereka tidak lagi menjadi wakil-wakil Tuhan untuk menyampaikan firman-Nya.

Gereja Laodikia adalah salah satu dari 7 gereja Perjanjian Baru yang mula-mula dan merupakan gambaran yang akan terjadi pada seluruh masa gereja. Dalam ayat-ayat berikutnya, yaitu ayat 17 - 19 Tuhan berkata lagi demikian:

"Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang, maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat. Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!"

Adalah sangat menarik bahwa ungkapan "panas" seringkali digunakan di dalam Alkitab sehubungan dengan "giat". Dengan kata lain, hal tersebut sebenarnya sedang berbicara tentang sungguh-sungguh giat melayani Tuhan. Jika anda "panas" artinya anda akan sungguh-sungguh giat untuk Tuhan, anda akan memiliki suatu hasrat yang sangat kuat untuk memberitakan Injil.

Kitab Yakobus 2:15-16 berkata demikian:

"Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, dan seorang dari antara kamu berkata: "Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!", tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu?"

Dan ungkapan "dingin" sebenarnya juga berhubungan dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan di dalam Firman Tuhan. Seperti contohnya dalam kitab Matius 10:42 Tuhan berkata demikian:

"Dan barangsiapa memberi air sejuk [dingin] secangkir sajapun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya."

Kata "air" yang ada di dalam ayat ini sesungguhnya tidak ada di dalam naskah asli Yunaninya. Sehingga kita mengerti bahwa ungkapan "secangkir sejuk" sangat berhubungan dengan "air murni dari Injil". Dengan kata lain, Tuhan sedang menyingkapkan kepada jemaat yang ada di gereja Laodikia bahwa Dia berkehendak supaya mereka mengabarkan Injil yang sejati dan hal itu akan menjadi bukti jika ada banyak orang di dalam jemaat itu yang akan menjadi anak-anak Tuhan.

Oleh karena itu, sebenarnya ungkapan "panas" dan "dingin" kedua-duanya merupakan istilah-istilah yang berhubungan dengan benar-benar mengasihi Tuhan dan berkeinginan untuk melakukan perintah-perintah-Nya dengan segenap hati.


No comments: