Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

May 20, 2013

Budha Paling Terkenal di Dunia

Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini merupakan candi Buddha terbesar sekaligus paling terkenal di dunia. Borobudur dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Syailendra.



Candi Bagan, terletak di tepi sungai Ayerwaddy, Burma. Komplek candi Buddha ini merupakan yang terluas di dunia. Ada sekitar 4.400 candi yang dibangun antara tahun 1000-1200 sebelum Masehi.



Pagoda Shwedagon (Pagoda Emas)terletak di Yangon, Burma. Candi Buddha ini diperkirakan dibangun antara abad ke-6 dan ke-10. Stupa utama candi ini setinggi 99 meter dan dilapisi oleh emas.



Candi Mahabodhi adalah candi Budha yang terletak di Bodh Gaya, India.Di tempat ini terdapat pohon Bodhi dimana Buddha Gautama memperoleh pencerahan dan merupakan tempat paling suci dalam agama Buddha.



Terletak di pinggiran kota Kathmandu, Boudhanath adalah salah satu candi dengan stupa terbesar di dunia. Candi ini adalah pusat dari Buddhisme Tibet di Nepal dan banyak pengungsi dari Tibet telah menetap di sini dalam beberapa dekade terakhir.



Todaiji di Nara adalah salah satu kuil Buddha yang paling terkenal di Jepang. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh Kaisar Shomu. Disini terdapat salah satu patung Budha terbesar di Jepang dan merupakan bangunan kayu terbesar dunia.


No comments: