Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

May 30, 2014

Kisah Lot

Kejadian 13:1-5

Maka pergilah Abram dari Mesir ke Tanah Negeb dengan isterinya dan segala kepunyaannya, dan Lotpun bersama-sama dengan dia. Adapun Abram sangat kaya, banyak ternak, perak dan emasnya. Ia berjalan dari tempat persinggahan ke tempat persinggahan, dari Tanah Negeb sampai dekat Betel, di mana kemahnya mula- mula berdiri, antara Betel dan Ai, ke tempat mezbah yang dibuatnya dahulu di sana; di situlah Abram memanggil nama TUHAN. Juga Lot, yang ikut bersama- sama dengan Abram, mempunyai domba dan lembu dan kemah.

Tidak ada satupun dalam Alkitab yang tidak ada artinya, semuanya punya arti. Seringkali Tuhan berbicara kpd kita lewat apa yang tertulis di Alkitab yang kita anggap biasa.

Coba perhatikan ada istilah yang diulang dua kali, padahal jika kita baca di Alkitab sesuatu itu pentingnya luar biasa apalagi sesuatu itu diulang sampai 2 kali pasti ada pola yang diulang disitu dan kita harus lebih memperhatikannya.

Di mana polanya?
Kejadian 13:1 "Lot pun bersama-sama dengan dia"
Kejadian 13:5 "juga Lot, yang ikut bersama-sama dengan Abram, mempunyai domba dan lembu dan kemah."

Nama Lot artinya: Covering atau tudung, sebenarnya Lot tidak pernah dipanggil keluar dari Ur-Kasdim. Hanya Abraham yang menerima panggilan yang besar dan ajaib. Terah, ayah Abram pun tidak menerima panggilan Tuhan untuk keluar dari Ur-Kasdim. Lot keluar diajak oleh Terah.Alkitab menjelaskan bahwa Lot mengikuti Abram keluar dari Mesir dan dijelaskan lagi bahwa Lot yang ikut bersama-sama dengan Abram, mempunyai domba dan lembu dan kemah.Prinsip kebenaran firman di sini mengajarkan kepada kita bahwa bergaul dengan siapa akan menentukan destiny Anda. Jika Anda bergaul dengan orang yang kalah, yang kerjaannya hanya bersungut-sungut, mudah tersinggung, suka marah-marah, sukanya menuntut dan bersikap negatif maka Anda akan menjadi orang yang mudah menyerah dan kalah.

Dengan siapa Anda bergaul maka demikianlah warna apa yang akan muncul dari kehidupan Anda.Jika Anda bergaul dengan orang-orang yang diurapi, orang yang cinta Tuhan dan berapi-api bagi Tuhan maka hidup Anda pastilah terangkat naik dan menjadi besar. Lot, namanya adalah covering atau sebuah tudung. Tuhan mau berkata kepada Lot: "Selama kamu bersama-sama Abraham, selama kamu berada di dalam tudung-Nya, maka kamu akan diberkati sama seperti Abraham." Namun Lot tidak mengerti bahwa bergaul itu punya arti penting karena pergaulan akan menentukan nasib dan kehidupannya ke depan. Apabila Anda seorang yang rajin berdoa, namun Anda bergaul dengan orang yang tidak pernah berdoa maka pergaulan Anda akan merusak kebiasaan baik Anda yang suka berdoa. Alkitab berkata:"Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik." Ingatlah bukannya kebiasaan baik mengubah pergaulan yang buruk.

Di sini mengandung arti tentang keputusan atau pilihan hidup, di mana Anda mau menempatkan diri. Jika Anda tidak pernah belajar membuat pilihan atau keputusan yang benar maka Anda sedang merugikan bahkan menghancurkan hidup Anda sendiri. Seperti halnya Lot, orang baik namun dia mengambil keputusan yang salah atau pilihan yang salah. Ingatlah, Anda memilih bergaul dengan siapa maka Anda akan menjadi seperti siapa. Apabila Anda mau mengalami terobosan keuangan dan bebas hutang maka Anda harus berani bergaul dan mendengarkan pengajaran seseorang hamba Tuhan yang berbicara tanpa ragu penuh keyakinan tentang keuangan. Anda perlu bergaul dan belajar dari orang percaya yang mengalami mujizat keuangan atas hidupnya.

Kejadian 13:11
Lot tidak mengerti bahwa dia diberkati oleh karena kedekatannya dengan Abraham. Ada orang berkata masing-masing orang ada berkatnya sendiri, nah itulah yang dipikirkan oleh Lot.

Lot berpikir apa susahnya bila aku meninggalkan Abraham. Abraham tidak memberikan bantuan langsung dan aku bisa mengerjakan semuanya ini sendiri buat apa aku bersama-sama Abraham. Itu saja sebuah kesimpulan yang salah, yang lahir dari sebuah kesombongan. Dan akhirnya Abraham mengakhiri pertengkaran dengan memberikan tawaran yang baik kepada Lot.

Kejadian 13:8
Maka berkatalah Abram kepada Lot:"Janganlah kiranya ada perkelahian antara aku dan engkau, dan antara para gembalaku dan para gembalamu, sebab kita ini kerabat.

Pada saat Lot disuruh memilih, di sini orang itu terbukti tidak mengerti prinsip kebenaran firman Tuhan, Lot setuju untuk berpisah. Lot seharusnya menolak berpisah dan memerintahkan gembala-gembalanya untuk tahu diri bahwa kita besar dan menjadi kaya itu oleh sebab kita mengikuti Abraham.

Kenapa kok berkat Tuhan ditentukan oleh orang lain? Di banyak kasus di dalam Alkitab menyebutkan bahwa kehadiran orang yang diberkati Tuhan akan memberkati orang di sekelilingnya.

  1. Ketika Yakub bekerja untuk Laban, maka Laban menjadi sangat kaya karena kehadiran Yakub di sana. Alkitab menjelaskan bahwa tadinya Laban itu miskin hanya memiliki beberapa ekor domba dan sebagainya.

    Kejadian 30:30
    sebab harta milikmu tidak begitu banyak sebelum aku datang, tetapi sekarang telah berkembang dengan sangat, dan TUHAN telah memberkati engkau sejak aku berada di sini; jadi, bilakah dapat aku bekerja untuk rumah tanggaku sendiri? "

  2. Yusuf, kemana pun dia pergi dan bekerja maka Tuhan memberkati dan membuat kaya majikannya itu.

    Yusuf dijadikan budak dan bekerja di rumah Potifar, maka rumah itu diberkati Tuhan. Yusuf dijadikan tahanan dan bekerja di sana maka rumah tahanan diberkati Tuhan, bahkan saat Yusuf dijadikan perdana menteri Mesir dan bekerja di sana maka Mesir sangat diberkati dan menjadi negara yang kuat. Kemanapun dia pergi, dia mengubah sekitarnya.

Di dalam kenyataan secara rohani memang itulah yang terjadi, namun demikian Anda tidaklah boleh bergantung kepada manusia.

Ingatlah berkat itu datang dari Tuhan dan dialirkan lewat seseorang yang dipilih Tuhan untuk memberkati Anda.
Anda harus memilih bergaul dengan siapa, bergaullah dengan orang-orang yang cinta Tuhan dan takut akan Tuhan, maka berkat Tuhan akan dicurahkan ke atas hidup Anda.

Lot tidak pernah berpikir bahwa Tuhan memilih Abraham untuk melindungi, memelihara dan memberkati hidupnya. Namun justru Lot dengan kekayaan menjadi sombong dan tidak peduli akan Abraham. Ia memandang Lembah Yordan, seperti taman Tuhan tapi bukan taman Tuhan.

Alkitab menulis "seperti tanah Mesir, sampai ke Zoar…"
apa artinya ini? Tuhan mau berkata"Lot, yang kamu lihat depannya Mesir dan tapi ujungnya Zoar."

Mesir adalah pusat budaya yang paling tinggi dan paling hebat pada masa itu di seluruh dunia. Mesir itu kelihatannya seperti tempatnya Tuhan. Alkitab tidak pernah salah menulis "Seperti Taman  Tuhan, seperti tanah Mesir, sampai ke Zoar"


Zoar artinya kecil dan tidak berarti.

Lot tergiur melihat di depannya seperti taman Tuhan, seperti tanah Mesir namun dia tidak mengerti ujungnya adalah Zoar.Jika Anda baca kisah Lot secara lengkap maka Anda akan menemukan bahwa Lot mengakhiri hidupnya di Zoar.

Di dalam Kejadian 19:15-22
Tuhan mengirim malaikat Tuhan untuk menyelamatkan Lot dan keluarganya. Lot melakukan inses dengan kedua anak perempuannya maka lahirlah bani Amon dan Moab, bani yang pandang jahat di mata Tuhan. Lot memulai perjalanannya dengan tidak punya apa-apa; Lot ikut bersama-sama Abraham dan ia diberkati oleh Tuhan karena Abraham. Lot menjadi terlalu sombong dengan kekayaan dan keberhasilannya untuk merendahkan diri sebab dia berpikir aku bisa sendiri, aku sudah mandiri tanpa perlu Abraham. Ia berpisah dari Abraham dan pergi ke lembah Yordan yang seperti taman Tuhan, seperti dari tanah Mesir sampai ke Zoar.

Lot memilih keputusan yang salah dengan bernubuat untuk dirinya sendiri, bahwa hidupnya saat berpisah dari Abraham maka dimulai dari Mesir dan akan berakhir di Zoar. Pada saat Lot tiba di Zoar, ia tidak pernah menjadi siapa-siapa lagi, hidupnya makin mengecil dan lenyap habis!

Apa yang menyebabkan dia bisa berada di Zoar?

  1. Dia memilih keluar dari tudung rohaninya, Abraham.
  2. Sodom telah merusak dan menyiksa dirinya.

Lot itu bukan orang jahat, Alkitab memberitahu kita bahwa Lot adalah orang benar. Namun dia berada di pergaulan yang buruk, dia membiarkan dirinya dikelilingi oleh pengaruh Sodom.

2 Petrus 2:6-8
dan jikalau Allah membinasakan kota Sodom dan Gomora dengan api, dan dengan demikian memusnahkannya dan menjadikannya suatu peringatan untuk mereka yang hidup fasik di masa- masa kemudian, tetapi Ia menyelamatkan Lot, orang yang benar, yang terus- menerus menderita oleh cara hidup orang- orang yang tak mengenal hukum dan yang hanya mengikuti hawa nafsu mereka saja,– sebab orang benar ini tinggal di tengah- tengah mereka dan setiap hari melihat dan mendengar perbuatan- perbuatan mereka yang jahat itu, sehingga jiwanya yang benar itu tersiksa–

Apa yang Anda dengar dan lihat setiap hari maka hal itulah yang akan mempengaruhi jiwa Anda sekali pun Anda tidak ikut-ikutan.

Anda tahu artikel tentang perokok pasif. Orang yang tidak merokok namun ia selalu berada di sekitar orang yang merokok, yaitu kantornya.

Seorang ibu perokok pasif di USA, di mana orang-orang sekantornya perokok berat. Bertahun-tahun kemudian ibu ini terkena kanker paru. Dokter berkata bahwa ibu pasti Anda seorang perokok berat sebab dari paru Anda saya mendeteksi bahwa Anda perokok berat. Ibu ini menuntut kantornya. Ia mendapatkan uang banyak dan ia mati.

Lot adalah orang benar namun ia mengambil pilihan yang salah, tinggal di Sodom. Apa yang dia lihat dan apa yang dia dengarkan firman Tuhan berkata "jiwanya yang benar itu tersiksa." Atau menyiksa jiwanya!

Kata itu mengandung arti: menyiksa sambil mengintograsi. Anda tahu para tahanan teroris di Guantanamo. Mereka diintograsi sambil disiksa supaya mendapatkan keterangan dan informasi lengkap. Seperti itulah jiwa Lot. Jangan biarkan jiwa Anda tersiksa oleh keadaan di sekitar Anda yang Anda lihat dan Anda dengar.

Mazmur 1:1-3
Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.


No comments: