Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

May 26, 2014

Kerajaan Roma


1.Apakah ada ayat di Alkitab yang menyatakan bahwa kerajaan keempat adalah Roma ?
Tidak ada. Namun untuk membuktikan bahwa kerajaan yang keempat itu Roma tidaklah sulit. Karena kitab Daniel telah menuliskan catatan tentang 3 kerajaan yang sebelumnya; Babel, Madai-Parsi dan Yunani. Maka siapa yang muncul mengalahkan Yunani itulah dia yang menjadi kerajaan yang keempat atau yang terakhir dari kerajaan  manusia. Fakta lainnya; disepanjang perjalanan Kitab Injil, mulai dari zaman kelahiran Yesus sampai di zaman para rasul, maupun di zaman Nabi Muhammad, kerajaan itulah yang mendominasi dunia. Dan justru oleh karena kerasnya [seperti besi] penjajahan bangsa Roma atas Yahudi itulah, sehingga bangsa Yahudi sangat mengharapkan sekali kehadiran seorang Mesias, seperti yang Allah janjikan melalui kitab nabi-nabi, untuk membebaskan mereka dari penjajahan itu. Tetapi setelah mengetahui bahwa Yesus, seorang yang lemah lembut, yang tidak bertemperamen seorang militer, mereka akhirnya kecewa dan menyalibkanNYA. "Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa DIAlah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel." Lukas 24:21.

2.Bagaimana Daniel pasal 7 menggambarkannya ?
Daniel pasal 7 adalah pengulangan dari Daniel pasal 2, yang menubuatkan tentang 4 kerajaan dunia: Babel, Madai-Parsi, Yunani dan Roma, namun dengan lambang binatang. Jika lambang logam untuk melambangkan tingkat kemuliaannya, maka lambang binatang untuk menggambarkan sifat-sifat dari masing-masing kerajaan itu. Daniel pasal 7 ini merupakan penglihatan yang diberikan kepada Daniel sendiri dengan penajaman pada zaman kerajaan yang keempat, sebagai kerajaan akhir zaman.
  • Kerajaan Babel di sini dilambangkan sebagai seekor singa dengan sayap burung rajawali. [Daniel 7:4]. Kaitkanlah nubuatan ini dengan nubuatan Musa: "Tuhan akan mendatangkan kepadamu suatu bangsa dari jauh, dari ujung bumi, seperti rajawali yang datang menyambar; suatu bangsa yang garang mukanya, yang tidak menghiraukan orang tua-tua dan tidak merasa kasihan kepada anak-anak."  Ulangan 28:49-50. Sayap rajawali adalah menggambarkan kecepatan gerakannya, sedangkan singa untuk menggambarkan kekuatannya. 
  • Kerajaan Madai-Parsi digambarkan sebagai seekor beruang dengan 3 tulang rusuk dalam mulutnya. [Daniel 7:5]. Ini melambangkan kemenangannya atas Babel, Lajdia dan Mesir.
  • Kerajaan Yunani dilambangkan sebagai macan tutul dengan empat sayap dan empat kepala. [Daniel 7:6.]
    Empat sayap melambangkan kecepatan gerakannya yang tiada bandingannya. Sedangkan keempat kepala adalah lambang dari terpecahnya kerajaan itu menjadi 4, setelah kematian Aleksander Agung. Di mana terjadi perebutan kekuasaan di antara keempat jendralnya : Cassander, Lysimachus, Ptolemy dan Seleucus.
  • Kerajaan Roma dilambangkan sebagai binatang yang tidak jelas namanya, yang menakutkan dan kuat. Bergigi besar dari besi dan bertanduk 10. [Daniel 7:7]. 10 tanduk juga berbicara tentang 10 kerajaan pecahan Romawi ini. Dan keanehan binatang ini untuk menggambarkan tentang adanya suatu kerajaan yang tidak sebagaimana lazimnya, yaitu kerajaan keagamaan Roma Katolik [Negara-Agama]. Kerajaan BESI ini benar-benar suatu kerajaan yang amat keras dan amat bengis, yang menganiaya orang-orang kudus, selama 1260 tahun, yang membinasakan lebih dari 50 juta jiwa. Ada yang dibakar hidup-hidup, digantung, dimangsakan binatang buas, dll.
3.Apa yang muncul di antara 10 tanduk ?
  • Sementara aku memperhatikan tanduk-tanduk itu, tampak TUMBUH di antaranya suatu tan duk lain yang kecil, sehingga 3 dari tanduk-tanduk yang dahulu itu tercabut; dan pada tanduk itu tampak ada mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong."  Daniel 7:8.
  • Tanduk kecil itu munculnya dari antara 10 tanduk. Ini untuk menunjukkan lokasinya, agar kita tidak menduga-duga secara spekulasi.
  • Tanduk kecil itu mencabut 3 tanduk. Ini merupakan tantangan kepada sejarah, untuk menunjukkan siapa yang bertanggung jawab.
  • Tanduk kecil itu tentang seorang manusia, bukan tentang suatu lembaga. Yaitu seorang manusia yang dilembagakan.
"Maka demikianlah katanya [kata malaikat]: Binatang yang keempat itu ialah kerajaan yang keempat yang akan ada di bumi, yang akan berbeda dengan segala kerajaan dan akan menelan seluruh bumi, menginjak-injaknya dan meremukkannya. Kesepuluh tanduk itu ialah kese puluh raja yang muncul dari kerajaan itu. Sesudah itu, akan muncul seorang raja; dia berbeda dengan raja-raja yang dahulu dan akan merendahkan 3 raja."  Daniel 7:23-24.

4.Bagaimana kuasa ini hendak menelan seluruh bumi ?

"Menganiaya orang-orang kudus."  Daniel 7:25.
"Seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang itu." Wahyu 13:3.
"Ia menyebabkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang yang pertama, yang luka parahnya telah sembuh." Wahyu 13:12.

"Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya, dan tidak seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain daripada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu, atau bilangan namanya." Wahyu 13:16. Tanda di dahi adalah ajaran, sedangkan tanda di tangan adalah apa yang diperbuat.

5. Tiga kerajaan manakah yang tercabut/dimusnahkan ?

Heruli tercabut tahun 493 TM.
Vandals tercabut tahun 534 TM.
Ostrogoth tercabut tahun 538 TM.

Maka dengan tercabutnya kuasa Ostrogoth, pada tahun 538 TM, itu menjadi tahun permulaan  di mana kuasa itu mulai bekerja secara lebih leluasa untuk memerintah dunia. Dan nubuatan menunjukkan lamanya ia berkuasa, yaitu 1260 tahun. 538  1798 TM.

6.Apa saja yang dilakukan oleh kuasa Tanduk Kecil itu ?
"Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang YANG MAHATINGGI, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi, ia berusaha untuk mengubah waktu  dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa."  Daniel 7:25.

Ajaran-ajarannya bertentangan dengan Kitab Suci.
Menganiaya orang-orang kebenaran.
Mengubah waktu dan Hukum Allah, yaitu memindahkan hari Sabtu ke Minggu. Sepuluh Hukum Allah diubah; yang hukum nomor 2 dihilangkan, sedangkan hukum yg nomor 10 dibagi menjadi 2 hukum.

7.Berapa lama kuasa ini diijinkan berkuasa ?
-Daniel 7:25, menyebutkan sejumlah 3,5 masa [tahun].
-Wahyu 11:2, menyebutkan 42 bulan [= 3,5 tahun]
-Wahyu 11:3, menyebutkannya 1260 hari [=3,5 tahun]
-Wahyu 12:6, menyebutkan 1260 hari.
-Wahyu 12:14, menyebutkan 3,5 masa [=3,5 tahun]
-Wahyu 13:5, menyebutkan 42 bulan.
Jadi, semua itu tentang jumlah waktu yang sama, yaitu 1260 hari. Sementara itu Yehezkiel 4:6; "AKU menentukan bagimu satu hari untuk satu tahun." Maka 1260 hari sama dengan 1260 tahun. Mulai dari tahun 538 TM  -  1798 TM.

8.Apakah masa itu mendapat percepatan ?
"Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi. Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan waktu akan dipersingkat." Matius 24:21-22. Dan janji Kristus ini digenapi, sehingga secara umum penganiayaan sudah berhenti pada tahun 1773 TM, 25 tahun lebih cepat dari waktu yang ditentukan [1798 TM].

9. Apa yang menjadi tanda berakhirnya masa penganiayaan itu ?
"Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan  tidak bercahaya dan Bintang-Bintang akan berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan goncang."  Matius 24:29.

19 Mei 1780:

Matahari gelap dan bulan berwarna merah darah. Sejarah mencatatnya sebagai Hari yang Tergelap {THE DARK DAY].
"Adalah hari yang luar biasa. Lilin-lilin dinyalakan di banyak rumah; burung-burung diam dan menghilang, dan unggas kembali ke kandangnya. Orang pada umumnya berpendapat bahwa hari penghakiman sudah dekat."  Timothy Dwight, Rektor Yale University.

13 November 1833;

Bintang berjatuhan. Diperkirakan bahwa seorang peneliti dapat melihat rata-rata 60.000 Meteor perjam. Itu tampak dari Kanada sampai Meksiko. "Hampir-hampir tidak ada tempat di langit yang tidak dipenuhi dengan bintang yang gugur. berkelompok-kelompok gugur  mengingatkan orang pada pohon ara, buahnya berjatuhan karena goncangan angin kencang."
 
Sekalipun masa penganiayaan itu sudah berhenti pada tahun 1773 TM, namun tahun 1798 TM sebagai tahun yang dinubuatkan tidak kehilangan tanda-tanda penggenapannya.
- 20 Februari 1798 TM   : Paus Pius VI ditawan oleh Jendral Bertier [Perancis] dan dibuang ke Venesia.
-29 Agustus 1799 : Paus Pius VI mati dipengasingannya. Maka orangpun mengira bahwa system kepausan sudah berakhir. Namun Wahyu 13:3 dan 12 menyatakan bahwa binatang yang terluka parah itu sembuh. 
Dan ini bisa kita buktikan sekarang ini, bahwa kuasa itu masih ada.

10.  Bagaimana binatang yang terluka itu sembuh ?
"Tetapi luka yang membahayakan hidupnya itu sembuh." Wahyu 13:3.
- 20 Juni 1894 TM: Paus Leo XIII menyatakan: "Kami menduduki tempat Allah Yang Mahatinggi" 
- 11 Februari 1929 TM  : Melalui Perjanjian Lateran, yang ditanda-tangani oleh fasis Benito Mussolini, Negara-Gereja Roma Katolik diakui kembali dan diberi gelar: "Takhta Suci Vatican."

11.  Siapakah sebenarnya yang berada dibalik kuasa itu ?
"Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar." Wahyu 13:2.
Siapakah naga ? "Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Setan, yang menyesatkan seluruh dunia." Wahyu 12:9.

12.  Apakah yang akan dilakukan oleh kuasa itu ?

"Seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang itu." Wahyu 13:3.
"Dan ia diperkenankan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa." Wahyu 13:7.

"Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih." Wahyu 13:8.

Kuasa ini akan menggunakan kuasa negara Amerika Serikat untuk memaksa seluruh dunia menyembah pada 'patung' yang didirikannya. [Wahyu 13:12]. "Dan ia mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang." Wahyu 13:13. 
"dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh." Wahyu 13:15.
"dan tidak seorangpun dapat membeli atau menjual selain daripada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya." Wahyu 13:17.

13.  Bagaimana Wahyu lebih menegaskan apa yang dinubuatkan Daniel 7 ?
"Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama nama hujat. Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa." Wahyu 13:1-2.
*  Pemakaian kata-kata: binatang, tanduk, sepuluh, tujuh, macan tutul, beruang dan singa mengingatkan akan Daniel pasal 7.
*  Binatang itu munculnya dari dalam laut.
Tentang laut dikatakan: "Semua air yang telah kaulihat adalah bangsa-bangsa dan rakyat banyak dan kaum dan bahasa." Wahyu 17:15. Ini menunjuk pada daratan Eropa, sebagai asal dari 10 kerajaan itu.
"Adapun binatang yang telah kaulihat itu, telah ada, namun tidak ada, ia akan muncul dari jurang maut, dan ia menuju kepada kebinasaannya." Wahyu 17:8. Jelas sekali bahwa kuasa itu saat ini sudah ada, tapi sedang berdiam diri. Dan nanti dia akan muncul dan menampakkan kekuatannya kembali.

14.  Bagaimana munculnya negara Amerika Serikat dinubuatkan ?
"Dan aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam Bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga." Wahyu 13:11.
Kemunculannya dari dalam Bumi, menandakan bahwa kerajaan itu sebelumnya belum ada. Merupakan sebuah negara yang baru diketemukan [Colombus]. Dan benua Amerika ini merupakan tempat pengungsian dari bangsa-bangsa Eropa yang tertindas.
"Tetapi Bumi datang menolong perempuan itu. Ia membuka  mulutnya, dan menelan sungai yang disemburkan naga itu dari mulutnya." Wahyu 12:16.
- BUMI  = Amerika.
- Perempuan= Umat Allah.
- Membuka mulut= Menerima/menampung.
- Sungai = Orang banyak/pengungsi.
 
Binatang itu bertanduk dua seperti anak domba, artinya bahwa negara itu adalah negara Kristen. Bahwa pada suatu waktu negara Amerika akan bertanduk dua, yaitu mempunyai/ memegang kuasa atas negara dan agama sebagaimana Roma Katolik. Dan bicaranya akan se perti Setan. "Dan seluruh kuasa binatang yang pertama [Kepausan] itu dijalankannya di depan matanya." Wahyu 13:12. Menyatakan bahwa Amerika akan didekte oleh Roma.

15.  Patung apakah yang hendak didirikan ?
"Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu." Wahyu 13:14.
Untuk zaman sekarang patung sebagai barang yang dipuja-puja sudah bukan zamannya lagi.
Sebab orang-orang yang sudah mengenal KeTuhanan tidak akan mau untuk beribadah kepa danya. Namun patung dalam pengertian yang terselubung lebih membahayakan daripada patung dalam arti harafiah.
Jadi, ini tidak lain adalah mengenai Perbaktian Hari Minggu, inilah bentuk dari patung modern. Patung yang tidak menyerupai patung, tapi yang pemuliaannya melebihi dari sebuah patung yang sesungguhnya. Kata Paus Roma tentang orang-orang Kristen pecahannya:
"Anak durhaka yang lari dari rumah orangtuanya, tetapi masih membawa seikat rambut ibunya."
Ya, orang-orang Kristen adalah anak-anak Roma Katolik yang menolak keras ajaran Roma Katolik, yang mereka katakan berhala. Tetapi anehnya mereka masih mewarisi hari perbaktian Minggu, sebagai kenang-kenangannya. Sehingga kalau seandainya diadakan test DNA, maka Hari Minggu, Hari Natal dan Hari Paskah ciptaan Roma Katolik itu akan menjadi benang merah yang mengkaitkan mereka sebagai orangtua dan anak kandungnya.
*  Hari Minggu adalah hari penyembahan kepada Dewa Matahari. Dalam bahasa Inggris: SUN-DAY [SUN = Matahari, DAY = Hari].
*  Hari Natal adalah hari kelahiran Dewa Matahari. Bukan hari kelahiran Tuhan Yesus. Wahai tokoh-tokoh Kristen, tolong pertanggung-jawabkan masalah ini di hadapan umatmu; di manakah itu adanya perintah untuk merayakan hari kelahiran Yesus ? Di manakah itu dituliskan dalam Alkitab tentang tanggal 25 Desember, tentang Hari Natal ?
*  Atas dasar apakah kita menghidupkan lagi perayaan Paskah yang sudah berakhir di ka yu salib ? Bukankah katamu Taurat itu sudah tidak berlaku lagi ?! Jangan mendustai umatmu !

"Babel besar, ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian bumi." Wahyu 17:5. Inilah ungkapan Alkitab tentang Roma Katolik dengan sejumlah anak-anaknya yang berbendera Kristen. Roma Katolik adalah Babel besarnya, sedangkan aliran-aliran Kristen adalah anak-anaknya.
"Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah  dan memiliki kesaksian Yesus."  Wah yu 12:17.
 Iblis [naga] marah kepada gereja Kristen [perempuan], tetapi yang diperanginya adalah anak yang lainnya, anak yang berbeda, yang mempunyai ciri-ciri menuruti perintah Allah dan kesaksian dari Yesus. Ini adalah tentang apa yang Alkitab katakan sebagai: "UMAT SISA" atau Gereja Sisa. Suatu denominasi Kristen yang memelihara hari kebaktian Sabat, yang menolak perayaan Natal maupun Paskah, serta yang mempunyai nubuatan Daniel Wahyu, sebagai kesaksian Yesus. Wahyu 19:10 menerangkan bahwa kesaksian Yesus ada lah roh nubuat!
Sekarang mari kita lihat berapa kuatnya kuasa hari Minggu yang kelahirannya dibidani Iblis Bukankah itu telah menjadi Hari Libur Internasional ? Luar-biasa sekali! "Seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang itu." Wahyu 13:3. Sekalipun di Indonesia mayoritasnya adalah agama Islam, namun mereka tidak bisa menikmati libur Jum'at, sebagai hari ibadah mereka. Kantor-kantor pemerintahan masih tetap buka kalau hari Jum'at. Tetapi kalau hari Minggu, maka semua secara resmi tutup! Agama apa saja tunduk pada aturan itu.
 - Bagaimana pula dengan perubahan hari yang terjadi pada setiap pukul 24.00. [00.00], bukankah Alkitab menandainya dengan petang dan pagi ?
 - Bagaimana dengan jumlah hari yang 365 ¼  dalam setahun, bukankah Alkitab menetapkan 360 hari setahunnya ?
   Ini adalah bentuk ketetapan Allah,  Karena itu tidak bisa kita gantikan dengan alasan ilmiah bahwa perputaran bumi itu memakan waktu sekian hari. Yang Allah tuntut adalah ketaatan kita, bukan sok pintar kita.

 "Adapun binatang yang telah kaulihat itu, telah ada, namun tidak ada." Wahyu 17:8.
Kita jangan terkecoh oleh 'kediaman' Kepausan saat ini, yang seolah tidak menonjolkan dirinya ke  permukaan dunia. Sebab air tenang itu menghanyutkan. Nubuatan menyatakan bahwa diamnya Paus itu sesungguhnya dia sedang bekerja giat di belakang layar.


16.  Bagaimana patung ini akan berbicara ?
"Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan NYAWA kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga." Wahyu 13:15. Luar biasa! Nubuatan menyatakan bahwa Hari Minggu akan dibuatkan Undang-undangnya. Masalah itu akan ditegakkan kembali kewibawaannya dalam bentuk undang-undang internasional. Dan ini bukan sesuatu yang mustahil, sebab rasan-rasan di keanggotaan kongres
Amerika Serikat hal ini sudah pernah diusulkan. Jadi sudah merupakan suatu wacana, yang kemungkinan bisa digunakan sebagai tanda di tangan kanan atau tanda di dahi!

17.  Berapa bilangannya ?
Kita tidak dibiarkan untuk menduga-duga sehingga bisa terjadi salah sasaran. Tetapi Tuhan sudah menyediakan tanda-tanda yang sangat komplit; "Yang penting di sini ialah hik mat; barangsiapa yang bijaksana,  
baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enamratusenampuluh enam." Wahyu 13:18.
- Harus menggunakan hikmat, bukan akal pikiran biasa. Berarti ini membutuhkan pekerjaan Roh Kudus.
- Dibutuhkan kebijaksanaan; bahwa kebijaksanaan itu tidak diikat oleh aturan baku. Dengan kata lain harus mengabaikan segala bentuk rumusan-rumusan, dalil-dalil atau aturan-aturan.
- Melalui proses penghitungan, yaitu penjumlahan.
- Menyangkut satu orang manusia yang dilembagakan. Jadi bukan mengenai manusia secara acak.
Contohnya adalah Paus. Paus adalah mengenai satu orang yang dilembagakan secara resmi sebagai kekuatan keagamaan. Tapi tidak mengenai nama pribadinya.
 
Jadi ini menyangkut gelar kepausan. Apa gelar Kepausan ?
"VICARIUS FILII DEI", yang artinya: Wakil Anak Allah di dunia. Dia ini mewakili Kristus. Sehingga apa yang diucapkannya adalah sama dengan Sabda Kristus. Luar biasa sekali beraninya dia meng-klaim diri seperti itu.
Sekarang mari kita hitung bersama bilangan gelar itu:
 
VI CA   R   I   U   S F   I L I   I D  EI
--   -- -------  --  --  ---  ---  ---  --   ----  --  --  ----------  --
51 10000   1   5   00150   1   1   500 01  =  "6 6 6"
 
18. Bagaimana Daniel menggambarkannya ?
KERAJAAN:  DANIEL 2:DANIEL 7: DANIEL 8:
- BABEL  EmasSinga-
- MADAI PARSIPerak  BeruangDomba Jantan [20]
- YUNANITembagaMacan Tutul Kambing Jantan [21]
- ROMA KAFIR   Besi  Binatang ……. Tanduk Kecil [9,23]
- ROMA PECAHAN  Besi & Tanah Liat10 Tanduk   Tanduk Kecil
- ROMA KATOLIK- Tanduk KecilTanduk Kecil
- Yesus Kristus BATUANAK MANUSIA
 
19. Apa yang menjadi fokus pemberitaan Daniel pasal 8 ?
"Bahkan terhadap Panglima Bala tentara itupun ia membesarkan dirinya, dan daripadanya diambilnya korban persembahan sehari-hari, dan tempatNYA yang kudus dirobohkannya. Suatu kebaktian diadakan secara fasik  menggantikan korban sehari-hari, kebenaran dihempas kannya ke bumi, dan apapun yang dibuatnya, semuanya berhasil."  Daniel 8:11-12.

Bahwa kuasa ini berusaha menghilangkan atau menggantikan pekerjaan Kristus  di sorga yang mengantarai kita dengan Allah, yang dalam upacara Bait Suci di Ka'abah dunia dilakukan oleh seorang imam, di bilik suci. Misalnya: Persembahan korban,pembakaran dupa, roti pertunjukan dan lampu. Ibrani 8:1-3; "Inti segala yang kita bicarakan itu ialah kita mempunyai Imam Besar yang demikian, yang duduk di sebelah kanan takhta  Yang Mahabesar di Sorga, dan yang melayani ibadah di tempat kudus, yaitu di dalam kemah sejati, yang didirikan oleh Tuhan dan bukan manusia. Sebab Imam Besar ditetapkan untuk mempersembahkan korban dan persembahan dan karena itu Yesus perlu mempunyai sesuatu untuk dipersembahkan." Upacara-upacara Misa, pengantaraan Bunda Maria, dll, adalah bentuk pengambilalihan tempat Kristus sebagai Imam Besar kita di Sorga. Paus mengambil alih kedudukan Roh Kudus sebagai Pemimpin manusia pada seluruh kebenaran. Dia menganggap diri nya manusia yang sempurna, yang tidak bisa berbuat salah. Keselamatan melalui iman digantikan dengan keselamatan melalui perbuatan; doa yang panjang-panjang, pembayar an-pembayaran, penyiksaan-penyiksaan diri, pengembaraan-pengembaraan, dll. Vatikan telah menjadi Bait Suci palsu.

Tempat kudus dirobohkan.

Sejarah mencatat penyerangan tentara Roma ke Yerusalem dengan merobohkan Bait Suci, seperti yang Yesus telah ramalkan; terjadi pada tahun 70 TM, dibawah pimpinan Jendral Titus.  Matius 24:2; Lukas 21:20-24.

Kebaktian secara fasik.

Selain upacara-upacara korban yang telah digantikan oleh Roma Katolik, gereja dengan begitu beraninya telah memindahkan hari kebaktian Sabat ke hari Minggu. "Ia akan berusaha untuk mengubah waktu dan hukum."  Daniel 7:25.
 
Hari Sabat adalah masalah waktu milik Allah dan sekaligus juga hukum Allah yang keempat. Ini adalah masalah yang sangat serius bagi kebenaran [karena ini tidak benar];

10 Hukum Allah adalah Undang-undang yang ditulis dengan Jari Allah sendiri. Bahkan hukum itu sudah ditetapkan jauh-jauh hari sebelum agama Yahudi lahir. Sebab hukum itu adalah untuk mengingat akan Penciptaan dunia dalam 6 hari. "Lebih mudah langit dan bumi lenyap daripada satu titik dari hukum Taurat batal." Lukas 16:17. Jadi, masih lebih berharga hukum Allah dari pada harga langit dan bumi.

Hukum Hari Sabat mempunyai bunyi yang berbeda sendiri dari bunyi hukum yang lainnya; didahului dengan kata: "ingatlah" Artinya ?
- Jangan lupa
- Jangan dilalaikan/disepelekan
- Berhati-hatilah terhadap hukum ini.
- Bila merasa telah menyimpang, segeralah bertobat!

Wahyu 14:6; berbicara tentang Injil yang kekal, yaitu Kristus sebagai Tuhan atas Hari Sabat.
Wahyu 11:19; Kepada Yohanes Pewahyu, Allah menampakkan penglihatan tentang Tabut Perjanjian, yang berisi 10 Hukum Allah.
Wahyu 14:12; "Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus."
- Ketekunan berarti kesetiaan memelihara.
- Lebih menurut pada perintah Allah daripada perintah manusia. [Siapa yang menjadi tuanmu ?]
- Iman itu sesuatu yang menuntut dipraktekkan. "Jikalau kamu mengasihi AKU, kamu akan menuruti perintahKU."  Yohanes 14:15.
Ibrani 4:9; "Jadi [sekalipun dunia sudah kacau] masih tersedia suatu hari perhentian [gereja yang berdiri benar], hari ke tujuh [Sabtu], bagi umat Allah." 

Apa yang dibuatnya berhasil.

Allah sengaja membiarkan penyesatan-penyesatan itu terjadi dan berhasil dalam segala upayanya, dimaksudkan untuk menguji hati umatNYA. "Banyak orang akan disucikan dan dimurnikan dan diuji, tetapi orang- orang fasik akan berlaku fasik; tidak seorangpun dari orang fasik itu akan memahaminya, tetapi orang-orang bijaksana akan memahami nya."  Daniel 12:10. "Barangsiapa bertelinga, hendaklah ia mendengar." Wahyu 13:9.

20. Sampai berapa lama kota kudus itu akan diinjak-injak ?
Sampai berapa lama Allah membiarkan dunia digelapkan oleh ajaran-ajaran palsu ? Tentunya Allah mempunyai batas waktu! Bangsa Israel adalah bangsa yang diberkati Allah oleh karena janjiNYA kepada Abraham, yang telah dikuatkan dengan sumpahNYA. Tetapi dalam perjalanan sejarahnya, bangsa itu sering murtad dan membelakangi Allah dengan menyembah berhala yang dibenci Allah. Itulah sebabnya  bangsa Israel selalu mengalami kehidupan yang pasang surut. Suatu ketika bila bangsa itu bertobat dan menyingkirkan segala berhalanya, maka dia akan menjadi bangsa yang diberkati dengan kemakmuran dan kemenangan. Tetapi bilamana bangsa itu murtad kembali, maka Allah meninggalkannya, sehingga bangsa itu menjadi bangsa yang lemah dan tertindas.
Doa Salomo ketika ia mentahbiskan Bait Suci merupakan suatu akta perjanjian yang diikrar kan oleh Salomo di dalam mewakili bangsanya: "Apabila umatMU Israel terpukul kalah oleh musuhnya karena mereka berdosa kepadaMU, kemudian mereka berbalik kepadaMu dan mengakui namaMU, dan mereka berdoa dan memohon kepadaMU di RUMAH INI, maka ENGKAU pun kiranya mendengarkannya di Sorga dan mengampuni dosa umatMU Israel dan mengembalikan mereka ke tanah yang telah KAUberikan kepada nenek moyang mereka." 1Raja raja 8:23-24.
Namun oleh sebab kemurtadan yang sudah melampaui batas, maka Allah menetapkan untuk membuang umatNYA kepada bangsa-bangsa kafir. "Sebab itu umatKU harus pergi ke dalam pembuangan oleh karena mereka telah  menolak pengajaran Tuhan semesta alam dan menista firman Yang Mahakudus, Allah Israel." Yesaya 5:13, 24. Selanjutnya: "Namun Tuhan, Allah nenek moyang mereka, berulang-ulang mengirim pesan melalui utusan-utusanNYA, karena IA sayang kepada umatNYA dan tempat kediamanNYA. Tetapi mereka mengolok-olok utusan-utusan Allah itu, menghina segala firmanNYA, dan mengejek nabi-nabiNYA. Oleh sebab itu murka Tuhan bangkit terhadap umatNYA, sehingga tidak mungkin lagi pemulihan."  2Tawarikh 36:15-16. 'Sehingga tidak mungkin lagi pemulihan' artinya adalah bahwa proses pemulihan itu akan berlangsung dalam waktu yang panjang. Ketika dalam pembuangan ke Babel, Daniel mendapat penglihatan tentang kerajaan-kerajaan yang akan muncul menguasai dunia. Selain Babel adalah Madai-Parsi, Yunani, kemudian Roma. Dari Roma kafir, pecah menjadi 10 kerajaan. Nah, dari antara 10 kerajaan itu muncul sebuah kerajaan kecil yang dilambangkan sebagai Tanduk Kecil. Kerajaan inilah yang akan berkuasa dengan memakai tangan Amerika Serikat sampai kedatangan Yesus yang keduakalinya. Nabi Yeremia meramalkan bahwa bangsa Israel akan mengalami pembuangan selama 70 tahun [Yeremia 25:11]. Setelah masa pembuangan itu berakhir, maka pulang kembalilah mereka ke negeri mereka. Namun demikian status mereka masih tetap sebagai bangsa yang terjajah oleh bangsa asing. Itulah sebabnya mereka sangat mengharapkan kedatangan Mesias sebagai seorang pembebas bagi mereka dari kekuasaan penjajah Romawi. "Padahal kami dahulu  mengharapkan, bahwa DIAlah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel." Lukas 24: 21. Dan mereka kecewa terhadap Yesus yang tidak mempunyai figur kepahlawanan seperti yang mereka harapkan dan bayangkan. Bahkan ketika Tuhan Yesus hendak naik ke sorga, merekapun menanyakan tentang hal itu "Tuhan, maukah ENGKAU pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel ?" Kisah Para Rasul 1:6.
 
Daniel mendapatkan penglihatan-penglihatan tentang masa depan dunia. Sekalipun Daniel tidak bisa mengerti tentang penglihatan-penglihatan itu, namun yang mengesan dalam pikirannya adalah adanya usaha-usaha untuk menginjak-injak Kota Kudus Allah, penentangan terhadap Allah dan penganiayaan orang-orang kudus. Dan dalam penglihatan itu diperdengarkan kepada Daniel suatu dialog antara orang-orang kudus: "Kemudian kudengar seorang kudus berbicara, dan seorang kudus lain berkata kepada yang berbicara itu: Sampai berapa lama berlaku penglihatan ini, yakni korban sehari-hari dan kefasikan yang membinasakan, tempat kudus yang diserahkan dan bala tentara yang diinjak-injak ? Maka ia menjawab: Sampai lewat 2300 petang dan pagi, lalu tempat kudus itu akan dipulihkan dalam keadaan yang wajar." Daniel 8:13-14.

No comments: