Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jul 23, 2012

Leonardo da Vinci Dan Karya Yang Tidak Selesai

Siapa yang tidak mengenal Leonardo da Vinci? Seorang seniman abad pertengahan dengan karya besar 'Mona Lisa', seniman yang juga dikenal 'sering tidak menyelesaikan karya seninya'.

Leonardo da Vinci membuat beberapa lukisan paling terkenal di dunia, termasuk lukisan paling dikenal dan berharga sepanjang masa, Mona Lisa. Dia lebih dari sekedar seniman, tapi juga tertarik pada ilmu pengetahuan, anatomi dan arsitektur. Seperti dalam kutipan buku Leonardo da Vinci, Morrow Books (Diane Stanley) dan Penguin Lives – Lipper Viking Books (Sherwin B. Nuland).

Leonardo da Vinci, Pintar Sebelum Dikenal

Leonardo da Vinci lahir di kota Vinci, Italia tanggal 15 April 1452. Dia mungkin menghabiskan beberapa tahun pertama tinggal bersama ibunya, tetapi pindah ke rumah ayahnya ketika mereka menikah. Leonardo da Vinci, seorang ilmuwan sebelum ilmu pengetahuan berkembang, menemukan gagasan yang melampaui teknologi pada waktu itu, dia juga dikenal sebagai seorang seniman terkenal yang menghasilkan lukisan berharga dan diakui dunia. Leonardo da Vinci, seorang putra dari pasangan gadis petani dan Ser Piero di Vinci yang bekerja sebagai notaris, pejabat penting waku itu.

Leonardo da Vinci pada zamannya merupakan seorang pria berpendidikan yang tidak memasuki universitas dan tidak pernah mendapat pelatihan formal dalam bahasa Latin. Kemampuannya terbatas dalam membaca teks-teks klasik. Mungkin karena kendala bahasa, Leonardo da Vinci mengamati alam, menarik kesimpulan sendiri berdasarkan apa yang dilihatnya.

Dia membuat 'hipotesis tentang apa yang ia temukan dan dalam beberapa kasus membuat percobaan untuk menguji penemuannya dengan menggunakan metode ilmiah.

Leonardo da Vinci memiliki catatan pertama dalam pengamatannya tentang alam, arsitektur dan anatomi yang menjadi sketsa. Leonardo da Vinci mulai menjaga sketsa untuk meningkatkan kualitas lukisan, dia membedah tubuh manusia dan hewan untuk lebih memahami bagaimana otot-otot dan tulang. Dalam buku-bukunya terdapat hampir 200 gambar anatomi tubuh manusia. Leonardo da Vinci juga mempelajari fitur tanaman dan geologi batuan, mencatat penelitian itu dalam buku gambarnya.

Sepanjang karirnya, sketsa menjadi lebih dari sekedar cara untuk meningkatkan seni. Mereka penuh dengan gambar dan catatan yang membuktikan berbagai Leonardo da Vinci kepentingan dan kedalaman pemahamannya. Beberapa sketsa termasuk menjadi ide penemuan, diantaranya perbaikan mesin, atau penemuan baru seperti tangki primitif dan mesin terbang bertenaga manusia.

Florence, Karir Awal Leonardo da Vinci

Antara usia 15-18 tahun, Leonardo bergabung di studio (Florence) Andrea di Cione, yang disebut Verrocchio. Verrocchio adalah salah satu seniman terkemuka dan Leonardo belajar menjadi seniman yang lebih baik dari yang ada di Florence. Ketika Leonardo da Vinci diberi tugas melukisan malaikat, karyanya jauh lebih baik dari lukisan Verrocchoio.

Di usia 20 tahun, Leonardo da Vinci tergabung dalam serikat pelukis. Dia dengan cepat mendapatkan reputasi baik, dikenal sebagai seorang seniman yang tidak pernah menyelesaikan apa yang dimulainya. Leonardo da Vinci menyukai tantangan melukis, minatnya dalam menggambar akan berkurang setelah sketsa awal diselesaikan dan akhir baginya akan membosankan.

Karya Besar Seni Dan Pengetahuan Di Milan

Pada tahun 1481 Leonardo da Vinci memutuskan untuk pindah ke Milan, bergabung pada Duke Ludovico Sforza penguasa Milan yang prihatin terhadap pertahanan kota. Dalam surat yang ditujukan kepada Leonardo "Most Illustrious Lord" menyatakan telah mempelajari semua mesin perang terbaru dengan banyak perbaikan, beberapa diantaranya dirahasiakan. Ludovico Sforza menulis bahwa beberapa desain Leonardo da Vinci termasuk jembatan ringan yang sangat kuat, mortir yang lebih baik, ketapel, teknik menggali terowongan dan parit kering. Ludovico juga menyatakan bahwa Leonardo da Vinci adalah seorang arsitek yang mampu membangun kanal dan struktur lainnya.

Leonardo da Vinci diminta untuk melukis altarpiece Gereja San Francesco di Milan Grande, para biarawan menugaskan pekerjaan yang dijabarkan secara rinci termasuk tokoh-tokoh dalam lukisan. Leonardo da Vinci menandatangani kontrak tapi mengabaikan isinya, menghasilkan gambar yang sangat terlihat alami dibandingkan dengan seniman lain. Dengan tidak memberikan objek garis tajam dalam gambar tapi membiarkan gambaran itu mengalir bersama-sama melalui penggunaan bayangan, lukisan yang memberi efek tiga dimensi.

Tugas Leonardo kepada Ludovico Sforza termasuk merancang sistem air pemanas mandi, mengawasi pengecoran meriam, rekayasa kanal, dekorasi langit-langit ruangan istana dengan lukisan hutan kecil. Mungkin tugas yang paling sulit adalah kuda raksasa. Ludovico menginginkan patung penunggang kuda didirikan untuk memperingati ayahnya, Francesco Sforza. Leonardo bekerja selama 16 tahun menghabiskan waktu untuk belajar kuda, sketsa, dan bahkan membedah kuda untuk memahami bagaimana patung yang akan dibuat. Pada tahun 1493 ia menghasilkan model ukuran penuh tanah liat setinggi 24 meter yang akan diisi dengan perunggu.

Pada akhir penyelesaiana, Ludovico memutuskan untuk membutuhkan lebih banyak perunggu pada meriam daripada patung, dan proyek ini tidak pernah selesai.

The Last Supper, Karya Besar Yang Gagal



Leonardo da Vinci melukis salah satu karya yang paling terkenal 'The Last Supper', lukisan yang menggambarkan makan malam Paskah terakhir bagi Yesus dan murid-muridnya di dinding ruang makan biarawan Santa Maria della Grazie. Lukisan itu banyak membawa penderitaan para biarawan, diselesaikan selama 4 tahun dimulai pada tahun 1495. Leonardo da Vinci bekerja dengan metode dan eksperimental sendiri yang akan memungkinkan perubahan atau bahkan bertahun-tahun kemudian. Leonardo memilih murid-murid menggunakan jenis meja yang sama, gelas piring, dan taplak meja yang digunakan biarawan, memberikan kesan bahwa mereka sedang makan tepat di samping aula.

Kebiasaan Leonardo mengusir para biarawan gila, mungkin karena mereka bagian dari objek yang bekerja sepanjang hari tanpa istirahat. Dikatakan bahwa Leonardo menghabiskan waktu menghantui jalan-jalan di Milan mencari subjek dengan wajah tampak jahat untuk digunakan sebagai model Yudas, kepala biara sebelumnya mengeluhkan tentang etos kerja Leonardo.

Lukisan itu akhirnya selesai tahun 1498, tapi sayangnya metode eksperimen Leonardo da Vinci gagal. Bahkan sebelum kematiannya serpihan pigmen lukisan jatuh dari dinding.

Pertempuran Anghiari, Karya Yang Ditinggalkan

Pada 1499 tentara Perancis menyerbu Milan, Ludovico meninggalkan kota dan Leonardo da Vinci kehilangan pelindungnya. Selama 16 tahun berikutnya Leonardo pindah ke Eropa dan bergabung kepada Cesare Borgia. Leonardo dipekerjakan oleh Borgia sebagai insinyur militer. Saat itu dia menjadi teman seorang diplomat Florentine, Niccolo Machiavelli yang kemudian menulis buku terkenal 'The Prince'. Machiavelli merekomendasikan Leonardo untuk membuat lukisan Great Council Chamber di Florence yang menggambarkan Pertempuran Anghiari.

Leonardo da Vinci kecewa, seorang saingan seniman muda, Michelangelo Buonarroti, yang juga disewa untuk melukis adegan pertempuran Cascina di ruang yang sama. Tak ada seniman yang menyelesaikan tugas mereka, Leonardo kembali menjadi korban dari salah satu teknik eksperimental, dia mencoba menggunakan cat minyak di dinding, idenya adalah mengeringkan cat dengan menggunakan panas dari api. Hasil lukisan di Great Council Chamber tidak rata dan api menghitam pada bagian atas gambar.

Leonardo menyerah dan tidak bisa dibujuk untuk menyelesaikan lukisan itu, akhirnya apa yang telah diselesaikan kemudian dicat ulang seniman lain sebelum dihancurkan.

Senyum Misterius Mona Lisa

Mona Lisa, mungkin lukisan yang paling terkenal sepanjang masa (juga disebut sebagai La Gioconda). Diperkirakan lukisan ini dibuat tahun 1503 yang menggambarkan istri ketiga dari seorang pedagang sutra Florence, Francesco di Bartolommeo di Zanobi del Giocondo. Mungkin karena Leonardo menyukainya, lukisan itu tidak pernah dijual kepada orang yang memesannya. Lukisan itu menunjukkan seorang wanita muda duduk di teras yang memberikan penonton sebuah senyum misterius. Leonardo da Vinci menggunakan teknik dari noda cat (sfumato) di dekat ujung bibir dan sudut mata untuk mengelabui pemirsa. Ekspresi yang tepat berada di luar jangkauan pengamat, berubah saat mereka menggerakkan matanya pada lukisan yang membuat subjek tampak hidup.
Leonardo da Vinci Meninggal Dalam Pelukan Raja

Sekitar tahun 1516 atau 1517, Leonardo da Vinci ditawari posisi Painter Premier Engineer dan Arsitek Raja Perancis, Francis I. Leonardo dengan senang hati menerima tugas ini dan melakukan perjalanan ke Prancis, membawa Salai dan Melzi karena Leonardo tidak pernah menikah atau memiliki anak, mereka seperti anak baginya. Dia juga membawa lukisan 'Mona Lisa' serta dua lukisan lain 'John the Baptist' dan 'The Virgin and Child with St.Anne'.

Leonado menghabiskan tahun-tahun terakhirnya dengan nyaman, tugasnya untuk Raja tergolong ringan. Leonardo da Vinci meninggal tanggal 2 Mei 1519 diusia 67, dalam pelukan raja Perancis. Setelah kematian Leonardo da Vinci, lukisan Mona Lisa diabadikan di Louve, Paris.

No comments: