Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jul 18, 2012

Foto Bliss Windows XP

Banyak orang yang mengagumi lukisan Mona Lisa atau juga lukisan The Last Supper serta mengetahui siapa pelukisnya walaupun toleransi melihat lukisan-lukisan terkenal tersebut dapat dihitung dengan jari. Namun lucunya terdapat satu karya fotografi yang sering dilihat namun kebanyakan orang tidak mengetahui siapa yang berhasil mengabadikan gambar tersebut, bahkan tidak jarang beberapa orang menyebutnya sebagai hasil editing software.



Apabila Anda pernah menginstal atau paling tidak menggunakan satu operating system besutan Microsoft yaitu XP pasti Anda akan menjumpai satu gambar pemandangan format default yang berjudul Bliss. Sang pemilik asli gambar ini adalah seorang fotografer bernama Charles O'Rear.

Bliss adalah sebuah padang rumput hijau di County Sonoma, California, Amerika Serikat. Seperti yang dijelaskan oleh Mashable.com, Microsoft membeli foto ini dengan harga yang sangat tinggi untuk dijadikan sebagai tampilan awal luna theme default. Sejak dibeli oleh Microsoft, kedua belah pihak (O'Rear dan Microsoft) tidak pernah mengumumkan berapa nominal harga penjualan foto dengan judul BLiss tersebut.

Namun, kini terkuak bahwa Microsoft berani mengeluarkan dana sebesar USD 1 miliar untuk foto tersebut. Selain harga, terdapat satu fakta lain yang menyebutkan bahwa ternyata foto berjudul Bliss tersebut memang hasil edit software dan bukan murni hasil fotografi.

No comments: