Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Aug 4, 2011

Siapakah Melkisedek

Kejadian 14:18 Melkisedek, raja Salem , membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi.

Melkisedek, dalam bahasa Ibraninya: Melek = Adil, sedangkan Sedek = Raja. Jadi, Melkisedek artinya adalah Raja yang adil.
Ayat itu menerangkan bahwa IA seorang raja dari Salem; YERU = Raja, SALEM = Damai. Jadi, YERUSALEM artinya adalah Raja Damai.
Melkisedek ini membawa ROTI dan ANGGUR untuk diberikan kepada Abram, sebagai berkat dari ALLAH yang MAHATINGGI. Roti adalah lambang dari tubuh KRISTUS, sedangkan anggur adalah lambang dari darah KRISTUS.Dan Melkisedek ini adalah seorang IMAM ALLAH. Arti dari Imam adalah Perantara. Perantara antara ALLAH dengan manusia.
Kejadian 14:19 Lalu ia memberkati Abram, katanya: "Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi,
14:20 dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu." Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya.
Abram memberikan sepersepuluh dari hartanya kepada Melkisedek, menyatakan bahwa Abram ditaklukkan hatinya oleh pengabdian kepada IMAM ALLAH itu.
Tanda takluk kepada seorang raja adalah upeti, atau semacam pajak.

Kalau kita mengenal istilah: "Oleh-oleh" atau "parsel" itu adalah tradisi yang diadopsi dari zaman raja-raja. Bahwa setiap orang yang mau menghadap rajanya, dia harus membawa sesuatu untuk dipersembahkan atau diberikan kepada raja itu. Jadi, nggak ada orang yang datang menghadap ke rajanya dengan tangan kosong. Bisa dihukum atau dibunuh, karena dianggap menghina dan tidak menghormati rajanya.

Di zaman sekarang ini sebagai tanda kita mengasihi atau menghormati seseorang, biasanya kita datang dengan membawa oleh-oleh atau bingkisan. Misalnya, ke rumah saudara atau teman atau seseorang yang kita hormati.

Demi bait-Mu di Yerusalem, raja-raja menyampaikan persembahan kepada-Mu.

Peristiwa ini terjadi sebelum nama Abram diganti dengan Abraham, yaitu ketika Abram mempercayai janji ALLAH untuk membuat keturunannya amat banyak, di saat Abram masih belum dikaruniai seorang anakpun. Dengan kata lain Abram masih sebagai orang biasa, belum diangkat sebagai bapa orang beriman oleh ALLAH. [Abraham = bapa orang beriman].

Jadi, tentang nama Abram dengan Abraham, ini mempunyai makna perlambangan antara keberadaan Hukum Taurat dan Iman Kristen.

Sebelum Abram dinyatakan sebagai orang beriman [Abraham], Abram menjadi lambang bagi Taurat, dimana Abram datang kepada IMAM ALLAH dengan membawa persembahan persepuluhannya, ke Raja Salem, yaitu lambang dari kota Yerusalem. Menggambarkan tentang bangsa Yahudi yang datang ke Bait Suci di Yerusalem. Tetapi Melkisedek itu memberkati Abram dengan "roti" dan "anggur." Bahwa berkat dari ALLAH bukanlah harta benda, melainkan tubuh dan darah YESUS KRISTUS. Bahwa ALLAH memberikan dari apa yang terbesar untuk kita, sementara kita hanya memberikan sebagian saja untuk ALLAH.

Sebelum ALLAH menurunkan Ishak kepada Abram, ALLAH terlebih dahulu menguduskan Abram sebagai Abraham[bapa orang beriman], dengan tanda sunat.

Pemotongan kulit khatan Abram menandai terputusnya hubungan dari dunia manusia, yaitu suatu proses beranak-pinak secara seksual. Menyatakan bahwa semenjak Abraham disunatkan, maka segala keturunannya bukanlah berasal dari benih manusia Adam. Melainkan berasal dari ALLAH dan akan disebut sebagai "anak-anak ALLAH." Itulah kejadian kelahiran Ishak, yaitu disaat istri Abram sudah tua, mandul dan mati haid.

Dengan demikian maka Ishak adalah Adam yang kedua, sedangkan tanah Palestina adalah Taman Eden yang kedua pula. Adam adalah manusia yang diserahkan kepada dunia, sedangkan Ishak adalah manusia yang dikhususkan untuk ALLAH. Dan rancangan keselamatan ALLAH adalah dari Ishak untuk Adam. Dari Israel untuk seluruh dunia.

Ishak mempunyai anak Yakub, dan Yakub mempunyai 12 anak, yang berikutnya menjadi 12 suku Israel . Dari 12 anak-anak Yakub itu, ALLAH memilih Lewi, sebagai imam, pengantara bicara antara ALLAH dengan 11 suku Israel . Anak-anak Lewi, atau suku Lewi adalah imam-imam yang bertugas melayani di Bait Suci.

Saya ulangi lagi; Melkisedek datang disaat Abram masih membawa persembahan, dan Melkisedek menukari persembahan Abram itu dengan roti dan anggur. [tubuh dan darah KRISTUS]

Engkau tidak berkenan kepada korban sembelihan dan korban sajian, tetapi Engkau telah membuka telingaku; korban bakaran dan korban penghapus dosa tidak  Engkau tuntut. Lalu aku berkata: "Sungguh, aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku;

Melkisedek sudah menjadi IMAM sebelum ada Lewi. Artinya KEIMAMANNYA tidak berdasarkan pada keturunan atau silsilah.

Mazmur 110:4TUHAN telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal: "Engkau adalah  imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek."

No comments: