Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Aug 9, 2011

Jalan Raya Berusia 1.500 Tahun Ditemukan di Yerusalem

Kepurbakalaan Israel dan Otoritas Pembangunan Yerusalem mengumumkan temuan arkeologis dari zaman Byzantin berupa sebuah peta kuno mengenai Yerusalem.

Peta Madaba, yang dibuat dari mosaik kuno, ditemukan di sebuah gereja Yordania di Madaba, dan menggambarkan tanah Israel selama periode Byzantin.

Peta Madaba adalah penggambaran paling tua tentang Yerusalem yang masih tersisa. Peta ini diperkirakan dibuat pada kisaran abad ke-6 dan ke-7 masehi.

Menurut peta tersebut, pintu masuk ke Yerusalem dari barat adalah melalui sebuah gerbang besar yang mengarah ke sebuah jalan ramai utama di sisi kota, sehingga peta ini menjadi bukti pertama yang menguatkan keberadaan jalan itu.

Sampai saat ini, penggalian arkeologis tidak pernah diizinkan di situs tersebut, sebab selama ini, situs itu menjadi persimpangan ke Kota Tua, dan merupakan jalan masuk ke salah satu pasar terpopuler di kota itu.

Namun, karena adanya penggalian di area tersebut yang dilaksanakan oleh Otoritas Pembangunan Yerusalem dalam beberapa bulan terakhir, maka, Otoritas Kepurbakalaan dimungkinkan untuk melakukan penggalian guna membuktikan kebenaran peta tersebut.

Sekitar empat setengah meter di bawah jalan raya, mereka menemukan blok-blok bebatuan yang menyusun jalan kuno.

"Ini sangat menarik untuk melihat bagaimana David Street, salah satu jalan raya tersibuk hari ini, berada tepat di atas rute kuno sebuah jalan yang berusia 1.500 tahun," kata arkeologis pembimbing, Dr. Ofer Shion.

No comments: