Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Aug 19, 2011

Patung Hercules Tak Berkepala Ditemukan di Israel

Israel - Ahli arkeologi menemukan patung Hercules di Israel yang diperkirakan berasal dari abad ke-2.

Diberitakan Fox News, arkeolog menemukan patung Hercules di situs pemandian Roma di Horvat Tabernet, bukit Jezreel, Israel, kemarin (15/8).

Patung pahlawan motologi Yunani ini terbilang langka, dan diduga dipasang di tempat pemandian kuno itu sebagai dekorasi. Pada situs itu ditemukan juga sebuah sumursebagai saluran air ke kolam besarpemandian. Patung Hercules ditemukan di dalam kolam.Usia patung tersebut diperkirakan berasal dari abad ke-2.

Tapi patung itu tak berkepala. Walaupun demikian, ahli arkeologi bisa mengidentifikasikannya sebagai tubuh Hercules, karena melihat bentuk ototnya, tongkat yang dibawanya, serta sebagian kulit singa Nemea yang dibantainya.

Hercules adalah makhluk manusia separuh dewa yang dikenal sebagai pahlawan terbesar dalam mitologi Yunani. Ia bertempur melawan makhluk-makhluk menakutkan dalam sejarah Yunani.

Sifat manusianya ditunjukkan dengan ketidaksengajaannya membunuh anak dan istrinya sendiri. Untuk menebus kesalahannya, ia harus melakukan 12 tugas, dan tugas pertama adalah membunuh singa Nemea.

Kisah Hercules banyak diabadikan dalam bentuk patung dan pahatan dinding.

No comments: