Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jun 13, 2011

Tidak Ada Yang Tahu?

"Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri." (Matius 24:36)

Kita harus ingat bahwa peraturan alkitabiahnya untuk mempelajari Kebenaran adalah kita harus memeriksa seluruh Alkitab, membandingkan ayat yang satu dengan ayat yang lain untuk benar-benar mengerti apakah yang sesungguhnya Tuhan maksudkan. Seperti misalnya ayat-ayat berikutnya dalam Matius pasal 24 ini menyatakan bahwa Nuh (yang menggambarkan orang-orang percaya yang sejati) mengetahui saat yang tepat kapan penghakiman akan datang. Peristiwa air bah sangat pasti merupakan gambaran dari Penghakiman Tuhan yang terakhir. Dalam kitab Matius 24:36-40 kita membaca:

"Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri." "Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, dan -- mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa [rapture] dan yang lain akan ditinggalkan [di bumi]"

Ada banyak ayat-ayat Alkitab yang berbicara tentang akhir zaman. Selama masa kerja gereja berlangsung, yang telah berakhir ketika Masa Siksaan Yang Dahsyat dimulai 23 tahun yang lalu, tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui saat yang tepat kapan Kristus akan datang kembali. Tuhan tidak menginginkan seorangpun untuk mengetahui saat itu selama masa kerja gereja berlangsung seperti yang kita baca dalam kitab Kisah Para Rasul 1:7-8:

"Jawab-Nya: "Engkau [yaitu murid-murid gereja Perjanjian Baru] tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Tugas utama gereja-gereja Perjanjian Baru adalah untuk menyebarkan Injil ke seluruh bumi. Tetapi kadang-kadang ada beberapa individu yang dari waktu ke waktu meramalkan sebuah tanggal, dan mereka selalu salah. Akan tetapi, di hari kita sekarang ini, ketika kita terus mempelajari Alkitab, Tuhan telah membuka mata rohani kita kepada banyak informasi yang tidak dapat dimengerti oleh seorangpun di masa yang lalu. Dan informasi itu termasuk informasi yang sangat akurat tentang jadwal sejarah Alkitab dan rincian penghakiman di akhir zaman.

Tuhan telah membuka informasi ini kepada orang-orang percaya yang sejati karena Dia memerintahkan kita untuk memperingatkan dunia bahwa Hari Penghakiman akan segera datang (Yehezkiel 18, 33). Jadi kita harus mengetahui tanggalnya supaya kita dapat mematuhi perintah-Nya. Kitab Yeremia 2:32 berkata demikian:

"Dapatkah seorang dara melupakan perhiasannya, atau seorang pengantin perempuan melupakan ikat pinggangnya? Tetapi umat-Ku melupakan Aku, sejak waktu yang tidak terbilang lamanya."

Dan Alkitab dengan sangat jelas mengajarkan bahwa "kehancuran yang tiba-tiba" akan menimpa orang-orang yang berkata bahwa kita tidak dapat mengetahui saatnya karena mereka masih percaya bahwa Kristus akan datang seperti seorang pencuri di waktu malam. Kita membaca dalam kitab 1 Tesalonika 5:2-3 demikian:

"karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam. Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman --maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan [kehancuran - KJV], seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin-- mereka pasti tidak akan luput."

Mereka berpikir bahwa mungkin mereka telah diselamatkan, tetapi itu berarti bahwa mereka akan masuk ke dalam Hari Penghakiman. Ini adalah peringatan besar yang sangat mengerikan. Ketika kita berkata bahwa Alkitab telah mengajarkan kita saat akhirnya, itu bukan hanya sekedar suatu pernyataan teologi. Itu adalah sangat serius. Bacalah kitab 1 Tesalonika 5 dengan sangat berhati-hati, dan renungkanlah dengan seksama apa yang Tuhan katakan disitu.

Ketika Hari Penghakiman datang maka sudah terlambat untuk keselamatan pada saat itu. Akan tetapi hanya dibutuhkan waktu sekejap bagi Tuhan untuk menyelamatkan seseorang seperti yang terjadi kepada seorang pencuri yang disalib di samping Yesus. Kitab Yehezkiel 7:25-27 memperingatkan tentang Hari Penghakiman demikian:

"Ketakutan datang, dan mereka mencari keselamatan, tetapi tidak ada. Bencana demi bencana akan datang, kabar demi kabar akan tersiar. Mereka akan menginginkan suatu penglihatan dari nabi, pengajaran hilang lenyap dari imam, dan nasihat dari tua-tua. Raja akan berkabung dan pemimpin akan diliputi kekagetan dan tangan seluruh penduduk negeri itu menjadi lemas ketakutan. Aku akan perbuat terhadap mereka selaras dengan tingkah lakunya dan Aku akan menghakimi mereka selaras dengan cara mereka menghakimi. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN."

No comments: