Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Oct 26, 2009

Tuhan Yang Menguduskan


Apakah kita harus beribadah di pada hari Sabtu atau hari Minggu?  Keluaran 31:14 berkata bahwa kita harus memelihara hari Sabat?

Kita harus beribadah pada hari Minggu. Jika kita beribadah pada hari Sabtu, kita sedang menolak kenyataan bahwa Kristus telah pergi ke kayu salib untuk memenuhi seluruh pekerjaan untuk keselamatan kita. Dan kalau kita beribadah pada hari ke-tujuh sabat (Sabtu) seharusnya kita juga mempersembahkan kurban bakaran, kurban darah, dll. Mereka yang menyangkal bahwa hari Minggu adalah hari Sabat yang telah ditetapkan Tuhan, mereka juga harus memegang seluruh hukum dan tata cara ibadah Perjanjian Lama. Jadi sebetulnya mereka sedang menyusun ajaran mereka sendiri.

Hari sabat ke-tujuh berdasarkan Perjanjian Lama adalah sebuah "peringatan" atau "bayangan" yang menunjuk kepada kedatangan Kristus sebagai Juruselamat. Kristus-lah yang mengerjakan seluruh karya keselamatan itu untuk menyelamatkan kita, kita tidak diselamatkan berdasarkan usaha-usaha yang kita lakukan sendiri (Filipi 2:13).

Dan di Keluaran 31:14 kita baca:

"Haruslah kamu pelihara hari sabat, sebab itulah hari kudus bagimu; siapa yang melanggar kekudusan hari sabat itu, pastilah ia dihukum mati, SEBAB setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari itu, orang itu harus dilenyapkan dari antara bangsanya."

Hari sabat ke-tujuh adalah suatu "peringatan" yang menunjukkan bahwa jika kita berusaha untuk memperoleh keselamatan kita dengan pekerjaan yang dapat kita lakukan sendiri, maka kita akan dihukum mati.

Di dalam Perjanjian Lama kita juga membaca tentang seorang laki-laki yang melakukan pekerjaan ringan yaitu mengumpulkan "kayu api" pada hari ke-tujuh Sabat dan kemudian Tuhan memerintahkan supaya dia dihukum mati dengan cara rajam (Bilangan 15:32-36).

Ini secara rohani menunjukkan jika kita percaya bahwa kita harus melakukan pekerjaan ini atau itu, berbuat ini atau itu, dan kemudian berharap bahwa Tuhan sudah menyelamatkan kita, hal itu adalah sama seperti bekerja pada hari Sabat, dan kita akan dihukum mati karena kita masih berada dibawah murka Tuhan. Hari ke-tujuh Sabat adalah bagian dari tata cara ibadah di dalam Perjanjian Lama yang menekankan fakta bahwa seluruh karya keselamatan tergantung pada karya Tuhan Yesus Kristus.

Di Keluaran pasal 31:13 kita baca:

"Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah PERINGATAN antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu."

Sebuah "peringatan" adalah sebuah "tanda" atau "bayangan" yang menunjuk kepada sesuatu. Secara rohani kita memelihara Sabat ketika kita berhenti dari segala usaha kita sendiri untuk diselamatkan dan berserah diri kepada karya Tuhan. Dalam kekekalan, kita akan berserah sepenuhnya di dalam karya yang telah Tuhan Yesus kerjakan. Dalam Perjanjian Baru di Kolose 2:16-17:

"Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari sabat [semua ini adalah hukum-hukum upacara di dalam Perjanjian Lama termasuk hari ke-tujuh Sabat]; semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus!"

No comments: