Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Oct 28, 2009

Pedagang

"Ayo, hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran!" (Yesaya 55:1)

Ini adalah pernyataan yang sangat menarik, apakah itu yang dijual dengan cuma-cuma? Kita selalu menjual supaya mendapat sedikit untung atau paling tidak kita menjual untuk menerima uang. Tetapi apabila kita melihat di ayat ini Tuhan sedang menjual sesuatu dengan cuma-cuma.

Ketahuilah, Alkitab mengajarkan bahwa Allah adalah seorang "pedagang". Ingatlah perumpamaan di dalam Perjanjian Baru dimana Kristus berkata bahwa kerajaaan surga adalah seperti seorang pedagang yang menemukan mutiara-mutiara yang sangat indah, dan ia menjual semua yang dia miliki lalu membeli mutiara-mutiara tersebut (Matius 13:45-46).

Kristus adalah seorang "pedagang" dan Dia menjual Injil. Berita-berita yang sangat bagus dari keselamatan. Tentu saja, bagian pertama dari Injil adalah kabar yang buruk sekali bahwa kita berada di bawah murka Allah karena dosa-dosa kita, tetapi kemudian, berita-berita yang sangat bagus menyusul, apabila kita percaya kepada Kristus, kita memperoleh hidup kekal. Dan kita dapat memperoleh itu tanpa uang dan tanpa harga. Oh, itu bukan berarti hal itu tidak ada harganya, itu tidak berarti bahwa itu tidak mengorbankan sesuatu. Tetapi itu berarti bahwa Seseorang lain telah membayar harga tersebut.

Sesungguhnya, Injil itu adalah sangat besar biayanya. Sesungguhnya Kristus harus mengosongkan diri-Nya dari segala kemuliaan yang dimiliki-Nya untuk menjadi seorang manusia biasa seperti kita. Dia harus menanggung dosa-dosa dari orang-orang yang Dia telah datang untuk Ia selamatkan. Dan Kristus harus memikul murka Allah yang sama yang seharusnya ditanggung oleh umat pilihan. Betapa biaya yang sangat besar!

Tetapi kemudian Allah dalam kasih-Nya yang begitu besar menyediakan jalan keselamatan, dan itu cuma-cuma. Sama sekali gratis. Kita tidak perlu membayar apa-apa. Tidak ada sesuatu apapun yang harus dibayar. Itu adalah tawaran yang paling menguntungkan yang umat manusia akan pernah ketahui. Itu adalah tawaran yang sangat luar biasa. Kita memperoleh keselamatan yang hebat sekali. Kita menerima hidup kekal. Dan itu akan diberikan secara cuma-cuma.

Dan di dalam ayat ini, Injil adalah yang disebut sebagai air, anggur dan susu. Susu adalah sinonim dari Injil, dan anggur itu menunjuk kepada darah Kristus atau hidup kekal, yakni, menunjuk kepada hidup kekal yang akan kita terima apabila kita percaya kepada Injil dengan sepenuh hati.

No comments: