Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Apr 9, 2015

Perhiasan Berusia 2000 Tahun

Peneliti di Inggris menemukan harta karun berupa perhiasan dan uang kuno yang diklaim berusia 2000 tahun. Benda arkeologi ini ditemukan di bawah tanah sebuah toko di Inggris.

Tim Colchester Archaeological Trust menemukan perhiasan dan koin atau uang yang mengungkap waktu masa lampau, peninggalan zaman Romawi. Harta karun ini terkubur di bawah toko Williams & Griffin di Colchester.

Peneliti yang melihat benda bersejarah ini mengungkap tidak ada kerusakan pada koin dan perhiasan. Peneliti kini membersihkan tanah atau debu serta mempelajarinya secara detail.

Walapun potongan benda sejarah ini masih tertutupi dengan tanah atau debu, para ahli berhasil mengidentifikasi. Peneliti mengklaim bahwa benda ini merupakan tiga gelang emas, satu perak, kalung perak, dua gelang perak, kotak kecil berisi empat cincin dan dua pasang anting-anting.

Koin ini diletakkan dalam sebuah tas kecil. Harta karun tersebut saat ini disimpan di laboratorium konservasi yang aman. Peneliti Colchester Archaeological Trust menduga harta karun ini ialah milik perempuan kaya asal Romawi, yang mengubur harta mereka selama kekacauan yang terjadi pada tahun 61 Masehi.

"Kami pikir kami menemukan koleksi perhiasan dari perempuan kaya Romawi yang tinggal di Colchester, yang terkubur di bawah lantai sebuah rumah yang kemudian terbakar habis selama Pemberontakan Boudican pada 61 Masehi," kata peneliti.

No comments: