Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Apr 9, 2015

Artefak Tablet Kutukan Sihir Kuno

Arkeolog asal Israel menggali sebuah artefak tablet berusia 1.700 tahun dari sebuah rumah Romawi di Kota Daud di Yerusalem. Tablet yang dimaksud bukanlah perangkat PC mobile, melainkan sebuah benda bersejarah berbentuk persegi panjang.

Di tablet tersebut, kabarnya seorang wanita bernama Kyrilla mengutuk seorang pria bernama Lennys kemungkinan atas kasus hukum. Arkeolog meyakini artefak tablet yang berusia ribuan tahun ini ditulis oleh seorang penyihir.


Benda bersejarah yang disebut tablet kutukan ini diambil dari penggalian oleh Israel Antiquities Authority di Givati Parking Lot. Lokasi tersebut dikenal sebagai "City of David", sebuah area pekerjaan bagi manusia selama 6 ribu tahun.

Rumah besar atau mansion ini berukuran 2 ribu meter persegi dan berisi dua halaman terbuka yang berdekatan satu sama lain. Rumah ini kabarnya pernah ditempati antara akhir abad ketiga hingga 363 sebelum masehi.

Teks pada tablet ini kabarnya ditulis dalam bahasa Yunani dan menyebut seorang nama wanita, Kyrilla yang memanggil enam dewa untuk melemparkan kutukan pada seorang pria, Lennys. Peneliti yang mengartikan teks tersebut mengungkap, Kyrilla meminta para dewa untuk memastikan bahwa pria tersebut tidak akan melawan atau tidak melakukan apapun yang merugikan Kyrilla.

Peneliti Robert Walter Daniel dari Institut für Altertumskunde di University of Cologne mengatakan, Kyrilla mengombinasikan elemen dari empat agama. Salah satu teks juga mengandung kata-kata sihir seperti penyebutan 'laoth', yang berasal dari Ibrani atau Yahudi.

No comments: