Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Apr 24, 2015

Pelukis Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Michelangelo Buonarroti

Nama lengkapnya dalam bahasa Italia Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni (dalam bahasa Spanyol disebut Miguel Ángel; dalam bahasa Perancis disebut Michel-Ange, yang kurang lebih berarti Malaikat Mikail) (tanggal 6 Maret 1475 - 18 Februari 1564) adalah seorang pelukis, pemahat, pujangga, dan arsitek zaman Renaissance.



Ia terkenal dengan sumbangan studi anatomi di dalam Seni Rupa. Karyanya yang dianggap terbaik adalah Patung David, Pietà, dan Fresko di langit-langit Sistine's Chapel.
 
Rembrandt Harmenszoon van Rijn

Dia adalah pelukis Belanda yang merupakan salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa. Rembrandt (tanggal 15 Juli 1606 – 4 Oktober 1669) dikenal dengan keahliannya memanipulasi ekspos cahaya terhadap objek sehingga memberikan efek tertentu di dalam lukisan.



Rembrandt juga sering membuat karya-karya grafis dan gambar. Kontribusinya yang besar terhadap seni rupa terjadi pada era keemasan Belanda (sekitar abad 17).
 
Pablo Ruiz Picasso

Dia adalah seorang seniman yang terkenal dalam aliran kubisme dan dikenal sebagai pelukis revolusioner pada abad ke-20. Jenius dalam berseni, dia yang hebat membuat patung, grafis, keramik, kostum penari balet sampai tata panggung. Lahir di Malaga, Spanyol tanggal 25 Oktober 1881 dengan nama lengkap Pablo (or El Pablito) Diego José Santiago Francisco de Paula Juan Nepomuceno Crispín Crispiniano de los Remedios Cipriano de la Santísima Trinidad Ruiz Blasco y Picasso López. Dia lahir pada tanggal 25 Oktober 1881 dan meninggal pada tanggal 8 April 1973 pada umur 91 tahun, Ayahnya bernama Josse Ruiz Blasco, seorang profesor seni dan ibunya bernama Maria Picasso Lopez.



Le Pigeon Aux Petits Pois adalah karya Pablo Picasso menjadi lukisan termahal di dunia. Dengan harga 1,23 triliun lukisan yang dibuat tahun 1911 ini, membuatnya masuk di posisi ke-2 lukisan termahal di Dunia.

Leonardo da Vinci

Lahir di Vinci, Firenze, Italia, pada tanggal 15 April 1452 dan meninggal di Clos Lucé, Perancis, pada tanggal 2 Mei 1519 pada umur 67 tahun) adalah arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis Renaisans Italia. Ia digambarkan sebagai arketipe "manusia renaisans" dan sebagai jenius universal. Leonardo terkenal karena lukisannya yang piawai, seperti Jamuan Terakhir dan Mona Lisa. Ia juga dikenal karena mendesain banyak ciptaan yang mengantisipasi teknologi modern tetapi jarang dibuat semasa hidupnya, sebagai contoh ide-idenya tentang tank dan mobil yang dituangkannya lewat gambar-gambar dwiwarna. Selain itu, ia juga turut memajukan ilmu anatomi, astronomi, dan teknik sipil bahkan juga kuliner.



Karya Leonadro Davinci yaitu Monalisa yang sudah terenal ini pada tahun 2006 ditaksir dengan harga 670 juta Dolar atau sekitar 6,7 triliun rupiah. Pada 2012, lukisan ini ada di kisaran 1 Miliar Dolar atau sekitar 10 trilun rupiah. Harga yang sangat fantastis namun pantas untuk sebuah lukisan yang memiliki nilai sejarah tinggi ini.

Joseph Mallord William Turner RA

Dia adalah seorang pelukis pemandangan Romantis Inggris, watercolourist zaman Renaisans. Turner dianggap sebagai tokoh kontroversial pada zamannya, namun kini dianggap sebagai seniman yang tinggi lukisan pemandangan ke rivalling eminensia lukisan sejarah.Walaupun terkenal karena lukisan minyak, Turner juga merupakan salah satu guru terbesar cat air Inggris lanskap lukisan.



Dia dikenal sebagai "pelukis cahaya"dan karya-karyanya dianggap sebagai pengantar Romantis impresionisme.


No comments: