Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Apr 27, 2015

Deklarasikan Roma

Romulus dan saudara kembarnya, Remus, mendeklarasikan berdirinya Romawi, pada 21 April 753 Sebelum Masehi (SM),  di lokasi di mana mereka ditemukan dan disusui oleh seekor serigala betina.

Dikutip dari laman History, Romulus and Remus menurut legenda adalah putra Rhea Silvia, putri Raja Numitor dari Alba Longa, kota yang menurut mitologi kuno berada di perbukitan Alban, sebelah tenggara kota Roma saat ini.

Sebelum putra kembarnya lahir, Numitor digulingkan oleh adiknya, Amulius, yang memaksa Rhea untuk menjadi perawan tua, sehingga dia tidak dapat melahirkan putra mahkota yang dapat mengancam posisi Amulius.



Namun Rhea dihamili oleh dewa perang Mars, lalu melahirkan Romulus dan Remus. Amulius memerintahkan kedua bayi kembar itu ditenggelamkan di Tiber. Namun mereka berhasil selamat dan terdampar di kaki bukit Palatine.

Mereka ditemukan oleh seekor serigala betina, lalu disusui hingga ditemukan oleh seorang gembala bernama Faustulus. Mereka kemudian dibesarkan oleh Faustulus dan istrinya, hingga menjadi pemimpin sekelompok prajurit muda.

Setelah mengetahui identitas mereka sebenarnya, keduanya menyerang Amulius. Mereka mengangkat kakeknya kembali menduduki tahta, lalu mendirikan sebuah kota di lokasi mereka disusui serigala betina.

Namun mereka kemudian terlibat perselisihan, hingga Romulus membunuh saudaranya, lalu menjadi penguasa tunggal kota itu, yang diberi nama sesuai namanya, Roma.

Untuk mempopulerkan kota itu, Romulus menawarkan suaka bagi para buronan dan pengungsi. Namun Roma kekurangan wanita, sehingga Romulus mengundang warga kota Sabine untuk hadir dalam pesta.

Dia lalu memerintahkan penculikan wanita kota itu, hingga pecah peperangan. Namun para wanita Sabine mencegah para pria untuk menyerang Roma. Perjanjian damai dibuat, lalu komunitas kedua kota bergabung.

Romulus dan Raja Sabine Titus Tatius, ditetapkan sebagai penguasa bersama. Setelah meninggalnya Tatius, yang diyakini melibatkan Romulus, membuat dia kembali menjadi raja tunggal.

Setelah Romulus meninggal, ada enam raja Roma yang menggantikannya. Beberapa ratus tahun kemudian Republik Roma didirikan, sekitar 509 SM.

No comments: