Sejarah Dunia Kuno

Welcome to the Year 2019, The Year of open Doors

Jan 10, 2014

Tsunami Dunia

Pengertian Tsunami

Tsunami merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa asli Jepang. Artinya adalah gelombang yang berada di laut yang bisa terjadi karena adanya suatu gempa tektonik yang berada di dalam laut (dasar). Gempa yang bisa menimbulkan gelombang tsunami ini kebanyakan berupa suatu gempa yang di dalamnya terdapat sistem fokus dengan tipe berjenis besar namun ada pula yang jenis normal.
Tsunami ini seringkali menimbulkan bencana yang luar biasa dahsyatnya. Bisanya memakan korban jiwa manusia yang banyak. Bahkan sampai saat ini belum ditemukan cerita atau sejarah tsunami yang terjadi tanpa memakan korban manusia.

Sejarah Tsunami Dunia
Berdasarkan catatan yang ada sejarah tsunami yang terjadi di dunia antara lain adalah pada tahun 1896 persisnya pada tanggal 15 bulan Juni, ada tsunami yang terjadi di negara tempat kata ini berasal. Apalagi kalau bukan Jepang. Tinggi dari gelombang yang ditimbulkan mencapai duapuluh tiga meter dan mampu menghilangkan nyawa orang sebanyak 26.000. Kemudian pada tahun yang sama di bulan Desember bencana ini mampu membuat hancur kota Santa Barbara yang berada di negara bagian California Amerika Serikat.
Lalu pada akhir bulan Januari tahun 1906, tsunami menunjukan giginya lagi dengan meratakan sebuah kota di Kolumbia dengan tanah. Jumlah korban yang tewas sebanyak 1.500 jiwa serta ribuan orang lain yang terluka sekaligus kehilangan tempat tinggal. Disusul kemudian pada tanggal 1 bulan April tahun 1946 meluluh lantakan kepulaun Aleut dan membuat 159 manusia kehilangan nyawa mereka.
Sementara itu, pada tanggal 22 bulan Mei tahun 1960, tsunami berkelana lagi dengan membawa ombak setinggi sebelas meter di Chili dan Hawai. Masing-masing negara ini kehilangan warganya sebanyak enampuluh ribu dan enampuluh satu orang. Dari sini kemudian Tsunami pindah ke Alaska pada tanggal 28 bulan Maret tahun 1964. Di tempat yang terkenal sangat tenang ini tsunami memusnahkan kehidupan tiga desa sekaligus dan mengirim 107 dan 15 jiwa menuju alam baka. Sedangkan di Philipina, persisnya di daerah Moro, pada tanggal enam belas Agustus tahun 1976, juga mendapat tamu yang tidak disukai ini dengan membantai sekitar lima ribu orang hingga tewas.

Sejarah Tsunami di Indonesia

Pertama kali negara Indonesia kedatangan tsunami pada tahun 1883 bersamaan dengan gunung Krakatau yang sedang meletus. Waktu itu ombak yang ditimbulkan gara-gara bencana ini mencapai lebih dari 120 kilometer dan menewaskan sedikitnya tigapuluh enam ribu orang. Dan setelah bencana ini, Tsunami makin rajin mendatangi Indonesia. Dalam kurun waktu antara 1900 sampai dengan tahun 1996, paling tidak tsunami telah menebar bencana di negeri ini sebanyak tujuh belas kali. Yang terbanyak adalah di daerah Indonesia bagian timur.
Bencana tsunami terbesar di dunia juga terjadi di negara kita, yaitu di Aceh pada tanggal 26 Desember 2004. Jadi satu hari setelah Natal dan enam hari sebelum perayaan tahun baru. Bukan hanya Indonesia, semua orang di seluruh dunia ikut berbela sungkawa gara-gara begitu dahsyatnya bencana yang diakibatkan oleh tsunami ini. Bayangkan ada lebih dari 250.000 orang meregang nyawa. Ini yang hanya di Aceh saja. Padahal gelombang tinggi yang ditimbulkan juga mencapai negara lain hingga Thailand dan Maladewa. Pasti jumlah korban yang jatuh makin banyak lagi.
Dan yang terakhir belum lama ini, tsunami kembali melepas rindunya di Indonesia. Persisnya di daerah Mentawai pulau Sumatera. Menurut catatan sementara, jumlah korban yang meninggal adalah sekitar 450 orang.

Tsunami Terbesar Sepanjang Sejarah

Tsunami yang melada Aceh pada 2004 yang lalu dan tsunami yang melanda Mentawai, Sumatera Barat pada 2010 yang lalu, masih menyisakan duka yang mendalam bagi para keluarga yang ditinggalkan. Tsunami yang melanda dua daerah di Pulau Sumatera ini telah memakan banyak korban jiwa, khususnya tsunami Aceh. Selain korban jiwa, tsunami pun telah menyebabkan kerugian fisik yang besar. Namun, walaupun bencana menimpa kedua daerah ini, kehidupan harus tetap berjalan.
Nah, dalam sejarah tsunami dunia, ada beberapa bencana tsunami yang tergolong tsunami besar. Berikut ini penjelasannya.

1. Tsunami Krakatau pada 1883
Salah satu tsunami terbesar sepanjang sejarah manusia, yaitu tsunami Krakatau yang terjadi pada 1883. Letusan Gunung Krakatau merupakan salah satu bencana terbesar yang terjadi pada zamannya. Saat itu, Gunung Krakatau meletus dengan mengeluarkan abu yang sangat dahsyat. Tak hanya letusan, bencana itu pun menimbulkan bencana tsunami yang mahadahsyat.
Akibat letusan Gunung Krakatau, siklus cuaca bumi terganggu dalam jangka waktu yang lama. Erupsi Gunung Krakatau menimbulkan lautan lava yang sangat luas. Erupsi dari letusan ini pun menyebabkan lempengan bawah laut bergeser sehingga menimbulkan tsunami. Menurut catatan sejarah, tsunami Krakatau meluas hingga selatan Afrika dan pantai barat Amerika. Sungguh sebuah bencana tsunami yang besar.

2. Tsunami Jepang pada 1498
Pada 1498, Jepang dikejutkan dengan datangnya sebuah bencana yang sangat besar, yaitu bencana tsunami. Bencana tsunami ini berawal dari gempa besar yang berkekuatan 8,6 skala richter yang menguncang perairan Jepang. Gempa besar itu menimbulkan tsunami dengan tinggi sekitar 17 meter. Bencana tsunami ini menelan korban jiwa sekitar 31 ribu jiwa.

3. Tsunami Lisboa pada 1755
Salah satu tsunami terbesar yang pernah terjai dalam sejarah, yaitu tsunami Lisboa. Tsunami yang menghantam Lisboa pada 1755 ini berawal dari gempa berkekuatan 9 skala richter yang terjadi di lautan Atlantik. Gempa yang terjadi di lautan Atlantik itu menyebabkan gelombang tsunami dengan tinggi 400 kaki. Tsunami tersebut menimpa Kota Lisboa, Portugal dan menewaskan sekitar 60 ribu jiwa. Sunnguh srebuah bencana tsunami yang mengerikan.

4. Tsunami Italia pada 1908
Salah satu tsunami terbesar yang pernah terjadi sepanjang sejarah, yaitu tsunami Italia. Tsunami yang terjadi pada 1908 ini menerjang pantai Messina, Italia. Tsunami diawali dengan gempa yang terjadi di laut. Tsunami yang menerjang Italia ini menewaskan sekitar 75 ribu jiwa.

5. Tsunami Aceh
Salah satu tsunami terbesar yang terjadi sepanjang sejarah, yaitu tsunami yang menghantam Aceh. Bencana tsunami yang menimpa Aceh ini terjadi pada akhir Desember 2004. Tsunami ini diawali oleh gempa yang terjadi di Samudera Hindia, dekat Pulau Sumatera. Gempa berkekuatan 9,3 skala richter ini menimbulkan gelombang tsunami dengan ketinggian 80 kaki. Sebagian besar gelaombang tsunami itu melanda wilayah Aceh sehingga meluluhlantakkan Aceh. Sekitar ratusan ribu korban jiwa tewas akibat bencana tsunami Aceh ini.
Selain menimpa Aceh, gelombang tsunami ini pun menimpa Srilangka, Maladewa, dan Thailand. Selain korban jiwa, tentunya tsunami yang melanda Aceh ini telah menghancurkan seluruh infrastruktur yang ada di Aceh. Akibatnya, Aceh ibarat kota mati. Peristiwa ini dikenang sebagai bencana terdahsyat dalam sejarah dunia modern.

No comments: