Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Feb 11, 2015

Slovenia

Slovenia merupakan negara berukuran menengah di Eropa Tengah dan beribukota di Ljubljana. Luas Slovenia mencakup 20.300 km persegi dan berbatasan dengan Austria, Kroasia, Hungaria, dan Italia, serta memiliki garis pantai sepanjang Laut Adriatik. Tanah yang sekarang disebut Slovenia pernah dihuni terutama oleh bangsa Illyria dan Celtic sebelum abad ke-1 Masehi. Kekaisaran Romawi harus melakukan kampanye militer yang panjang sebelum akhirnya mengklaim tanah tersebut sebagai miliknya. Setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi, Slovenia beberapa kali berganti status. Sebagian besar wilayah menjadi bagian dari Samo's Tribal Union sebelum menjadi wilayah independen, dan kemudian bergabung dengan Kerajaan Frank.

Orang Slovenia bisa memerintah diri sendiri untuk sementara waktu sampai abad ke-9 M ketika mereka mulai dikuasai oleh asing. Beberapa bagian wilayah tercatat pernah berada di bawah kontrol Bavaria dan Venesia. Sedangkan mulai abad ke-14, Slovenia dikendalikan oleh Habsburg (dari Jerman) yang memerintah sampai akhir Perang Dunia I. Bahkan dengan pengaruh budaya Jerman, penduduk Slovenia bisa mempertahankan budaya dan bahasa mereka sendiri. Identitas yang terus berhasil dipertahankan memicu sentimen nasionalis sehingga mereka berhasil mendapatkan otonomi lebih banyak dari penguasa Habsburg. Slovenia bergabung dengan Kroasia dan Serbia setelah Perang Dunia I untuk membentuk sebuah negara kolektif yang akhirnya berganti nama menjadi Yugoslavia pada tahun 1929. Meskipun pernah dikontrol oleh negara Axis selama Perang Dunia II, Yugoslavia terus bertahan sebagai bangsa yang bersatu hingga akhir tahun 1980-an.

Seiring melemahnya Komunisme di seluruh Eropa Timur pada akhir 1980-an, semangat nasionalisme kembali hidup di Slovenia. Pada tahun 1990, rakyat Slovenia memilih merdeka dan terwujud pada tahun 1991. Pada awalnya ini, kemerdekaan ini mendapatkan resistensi dari pemerintah Yugoslavia. Namun setelah Slovenia mampu mempertahankan diri dalam Perang 10 Hari, kemerdekaan akhirnya diakui. Tidak seperti banyak negara tetangganya di Eropa Timur, Slovenia relatif mudah mengintegrasikan diri dengan organisasi Eropa Barat. Slovenia adalah anggota NATO dan Uni Eropa, membuatnya lebih stabil secara ekonomi dan mampu memperluas jaringan perdagangan serta wisata. Negara ini memiliki pantai yang cantik di sepanjang Laut Adriatik. The Skocjan Caves merupakan atraksi lain dan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Julian Alps juga menawarkan pemandangan pegunungan yang indah selain menjadi tempat ski yang eksotis.

No comments: