Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Feb 11, 2015

Kisah Tokoh Pahlawan dalam Puisi Epik Anglo-Saxon

Beowulf adalah seorang karakter pahlawan dalam puisi epik Anglo-Saxon. Puisi ini ditulis di Inggris, meskipun seting peristiwanya terjadi di Skandinavia.
Beowulf merupakan salah satu karya sastra paling penting dari bangsa Anglo-Saxon. Cerita Beowulf dikisahkan terjadi antara abad 5 dan 6 M, tetapi penulisannya dilakukan antara abad ke-8 dan 11.

Menurut puisi tersebut, Beowulf adalah anak seorang Swedia bernama Ecgþeow, namun dibesarkan di lingkungan Geats. Ecgþeow diasingkan sebelum kelahiran Beowulf karena tidak mampu membayar weregild atau sejenis denda yang dikenakan pada mereka yang telah membunuh orang. Ecgþeow mencari perlindungan pada raja Denmark Hroðgar yang kemudian membayarkan weregildnya. Ecgþeow kemudian mengabdi pada Hreðel yang merupakan raja Geatish. Ecgþeow menikahi putri Hreðel kemudian lahirlah Beowulf yang merupakan anak mereka.

Beowulf memulai tindakan heroik sebagai prajurit muda, ketika raksasa bernama Grendel mengancam kerajaan Hreðel. Beowulf mampu membunuh raksasa tersebut dan disanjung oleh rekan sesama prajurit sebagai pahlawan. Malam berikutnya, ibu Grendel, yang tidak disebutkan namanya dalam puisi itu, tiba untuk membalas kematian anaknya. Beowulf mampu membunuh ibu raksasa tersebut dengan bantuan sebuah pedang gaib dan kemudian mengambil kepala Grendel sebagai trofi untuk Geatland. Setelah petualangan tersebut, Beowulf kembali terlibat dalam pertempuran perebutan tahta Geatish dan bergabung dengan pasukan raja Hygelac. Setelah Hygelac tewas dalam pertempuran melawan kaum Frank, janda raja menawarkan Beowulf tahta tetapi menolaknya agar anak raja yang bernama Heardred bisa menggantikan ayahnya. Heardred kemudian tewas juga dalam invasi yang dilakukan orang Swedia, hingga Beowulf akhirnya menjadi raja Geats. Beowulf telah memerintah Geats selama 50 tahun ketika naga mengancam wilayah kekuasaannya. Dia berjuang dan akhirnya mampu membunuh naga meskipun harus menderita luka berat.

Sebelum tewas, Beowulf meramalkan bahwa Swedia akan sekali lagi menyerang Geats. Ia dimakamkan oleh anak buahnya di sebuah gerobak di dekat laut. Para ahli percaya bahwa Beowulf adalah campuran dari legenda dan realitas sejarah, tetapi sulit menemukan tokoh sejarah yang bisa diidentifikasi sebagai Beowulf. Satu teori menyatakan bahwa Beowulf merupakan sosok yang sama seperti Bödvar Bjarki, tapi kesimpulan ini masih kontroversial. Nama Beowulf secara harfiah berarti "lebah-serigala", yang mungkin mengacu pada beruang karena beruang bertampang seperti serigala, atau pemburu lebah.

No comments: