Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Feb 8, 2015

Hephaestus Kisah Dewa Api

Dalam mitologi Yunani, Hephaestus adalah salah satu dewa yang tinggal di Gunung Olympus yang berjumlah dua belas. Seperti banyak Olympian lain – Athena, Ares, Apollo, Hermes, dan Artemis – Hephaestus merupakan anak Zeus. Sebagai salah satu anak dari Hera dan Zeus, Hephaestus adalah dewa pandai besi dan dan api. Padanan Hephaestus dalam mitologi Romawi adalah Vulcan. Gunung berapi menjadi tempat peleburannya yang dikendalikan oleh Cyclopes. Hesiod dan Homer menceritakan versi berbeda tentang Hephaestus. Hesiod mengatakan bahwa Hephaestus adalah anak dari Hera saja, lahir akibat kehendaknya setelah Hera bertengkar dengan Zeus.

Hephaestus lumpuh saat lahir serta bermuka buruk sehingga pernah diusir dari Olympus karena tidak menyenangkan orangtuanya. Dalam Buku I Iliad, Homer menyatakan bahwa orangtua Hephaestus adalah Zeus, namun dalam Buku XVIII, dinyatakan orangtuanya adalah Hera. Terlepas dari perbedaan versi, Hephaestus akhirnya bertahan dari segala cobaan dan tinggal di pulau Lemnos. Dalam versi lain, Hephaestus berusaha membalas dendam dengan menangkap Hera dan mengikatnya ke sebuah kursi ajaib.

Dionysus akhirnya harus campur tangan dengan membuat Hephaestus mabuk untuk membebaskan Hera. Dalam Iliad, Hephaestus dikatakan menikah dengan Charis, namun dalam Odyssey, Hephaestus dikisahkan menikah dengan Aphrodite. Aphrodite diceritakan lebih tertarik kepada Ares, dengan siapa dia memiliki tiga anak. Ketika Helios mengatakan kabar ini, Hephaestus merasa tidak senang. Hephaestus lantas membuat jaring perunggu yang tak terlihat dan dipasang di atas tempat tidurnya sebelum memberitahu Aphrodite bahwa dia akan pergi ke Lemnos.

Segera Ares tiba untuk mengambil kesempatan atas perginya Hephaestus. Hephaestus, yang sebenarnya hanya bersembunyi kemudian menjatuhkan jaring pada mereka serta memanggil dewa lain untuk menjadi saksi perselingkungan Aphrodite dan Ares. Hephaestus diakui sebagai pembuat berbagai benda luar biasa. Dia adalah pembuat petir untuk Zeus dan aegis bagi Athena. Dia juga membuat baju besi untuk Achilles serta kalung yang diberikan sebagai hadiah pernikahan kepada Harmonia. Mungkin yang paling luar biasa, Hephaestus menciptakan wanita pertama, Pandora, dari tanah liat. Dalam mitologi Yunani, penciptaan Pandora dilakukan sebagai hukuman bagi manusia setelah Prometheus mencuri api dari Olympus.