Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Feb 8, 2015

Dewa Laut Poseidon

Dalam mitologi Yunani, Poseidon – bersama dengan Demeter, Hades, Hera, Hestia, dan Zeus – adalah salah satu dari anak-anak Titans Cronus dan Rhea. Poseidon dianggap sebagai pelindung air, gempa bumi, kuda, dan navigasi dengan trisula yang menjadi ciri khasnya. Padanan Poseidon dalam mitologi Romawi adalah Neptunus yang diadopsi menjadi nama planet kedelapan. Istri Poseidon adalah Nereid Amphitrite yang memberinya seorang putri bernama Triton.


Dia juga memiliki banyak selir dan anak lain seperti Demeter yang melahirkan Arion. Poseidon juga dikatakan menjadi ayah dari kuda terbang Pegasus yang bermunculan dari tubuh Gorgon Medusa setelah Perseus memenggal kepalanya. Poseidon juga menjadi ayah dari Cyclops Polyphemus dengan Nereid Thoosa dan Orion dengan Euryale. Beberapa mitos terkenal melibatkan Poseidon. Ayahnya, Cronus, karena takut suatu saat anak-anaknya akan menggulingkannya menelan Poseidon. Poseidon dan saudara-saudaranya dibebaskan oleh pemberontakan Zeus, dan dalam pembagian kekuasaan antara Zeus, Hades, dan dirinya, Poseidon menerima laut sebagai wilayah kekuasaannya.

Dalam mitos lain, Poseidon dan Athena, dewi kebijaksanaan, saling bersaing untuk menjadi pelindung Attica. Keduanya saling memperebutkan Athena dan akhirnya bersepakat untuk mengadakan kontes. Poseidon menghujamkan trisulanya ke bumi hingga terbentuk mata air. Sayang, mata air yang terbentuk ternyata berasa asin. Athena, di sisi lain, menanam pohon zaitun pertama, dan warga kota yang melihat bahwa pohon zaitun memberikan tidak hanya makanan, tetapi juga minyak dan kayu, memilih Athena yang kemudian diadopsi menjadi nama kota.

Cerita lain yang melibatkan Poseidon diceritakan dalam Odyssey. Setelah dibuat buta oleh Odysseus, Polyphemus yang semula menahan Odysseus dan anak buahnya, lantas memanggil ayahnya, Poseidon, untuk membalas dendam. Kemarahan Poseidon inilah yang membuat Odysseus harus mengalami perjalanan panjang sebelum bisa pulang ke rumahnya. Poseidon merupakan salah satu tokoh sentral dalam film Clash of the Titans (dirilis tahun 1981), yang dibuat ulang pada tahun 2010. Dalam konteks modern, terdapat patung Poseidon di Kopenhagen Port dan di Barcelona. Beberapa bulan Neptunus juga diberi nama sesuai dengan anak-anak Neptunus/Poseidon, seperti Triton

No comments: