Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Feb 7, 2015

Amazon Kisah Prajurit Wanita dalam Mitologi Yunani

Amazon adalah ras prajurit wanita dalam mitologi Yunani.Amazon sering muncul dalam mitos Yunani dan Romawi meskipun tidak diketahui apakah mereka murni tokoh mitos atau tokoh nyata. Menurut mitos Yunani, Amazon memiliki sebuah kerajaan independen yang terletak di Turki.

Terdapat berbagai versi mengenai letak kerajaan Amazon namun biasanya dianggap berlokasi di perbatasan dunia yang dikenal.Laki-laki tidak diizinkan tinggal di wilayah Amazon atau menikah dengan Amazon. Setiap tahun, Amazon akan kawin dengan anggota suku yang semua terdiri dari laki-laki, Gargarean, untuk mempertahankan populasi mereka. Bayi laki-laki akan ditinggalkan, dibunuh, atau dikirim untuk dibesarkan oleh Gargarean.

Amazon mengambil peran dalam berbagai kisah mitologi Yunani. Kisah yang paling terkenal adalah Perang Attic yang terjadi antara Athena dan Amazon. Perang ini dipicu ketika Hercules mencuri korset ajaib milik ratu Amazon, Hippolyta, sebagai salah satu dari dua belas tugas yang harus ditunaikan Hercules. Hercules dibantu oleh Theseus yang kemudian menculik adik Hippolyta yang bernama Antiope. Amazon lantas membalas dengan menyerang Attica di Yunani selatan, namun bisa dikalahkan oleh orang Athena.

Penggambaran pertempuran ini, yang disebut amazonomachies, banyak mengilhami karya seni Yunani. Dalam beberapa versi, Theseus lantas menikahi Antiope, sedangkan dalam versi lain menikahi Hippolyta. Dalam kedua versi, kisah tersebut adalah satu-satunya yang menyebutkan adanya Amazon yang menikah. Dari pernikahan, Theseus memiliki seorang putra bernama Hippolytus. Bukti arkeologi menunjukkan bahwa mungkin pernah terdapat prajurit wanita yang hidup di Scythia, wilayah Eurasia utara Laut Kaspia. Makam prajurit wanita tercatat pernah ditemukan di daerah itu. Karena warga laki-laki di daerah tersebut sering pergi berperang dalam waktu lama, para wanita diduga harus membela diri mereka sendiri yang akhirnya menjadi inspirasi bagi mitos tentang Amazon

No comments: