Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Feb 11, 2015

Liechtenstein

Liechtenstein adalah negara kecil di Eropa Barat yang hanya memiliki luas 160 km persegi. Luas wilayah sekecil itu menjadikan Liechtenstein sebagai salah satu dari sepuluh negara terkecil di dunia. Liechtenstein adalah salah satu teritori yang secara historis paling stabil di Eropa. Batas negara ini ditetapkan di awal abad 15 dan tidak berubah sejak saat itu. Negara ini dinamakan sesuai dengan dinasti berkuasa yang memiliki basis leluhur di Castle Liechtenstein di Austria. Sejarah penguasa Liechtenstein memiliki hubungan dekat dengan dinasti Habsburg yang bertindak sebagai penasehat mereka sejak dahulu.

Pada awal Kekaisaran Romawi Suci, dinasti Liechtenstein hanya berstatus pemilik tanah yang berada di bawah pemilik tanah lain. Wilayah yang sempit membuat penguasa Liechtenstein tidak memenuhi syarat menjadi bagian dari Council of Princes. Untuk menyiasati masalah ini, penguasa Liechtenstein pada saat itu, Johann Adam Andreas, membeli sedikit tanah yang terikat hanya untuk Kekaisaran Romawi Suci, yang memungkinkan dinasti Liechtenstein meningkat statusnya dan bisa menjadi bagian dari Council of Princes. Pada tahun 1806, menyusul pembubaran Kekaisaran Romawi Suci dan penciptaan Konfederasi Napoleon Sungai Rhine, Liechtenstein menjadi negara berdaulat.

Meskipun Napoleon pernah menduduki negara itu selama beberapa tahun, dengan cepat Liechtenstein mendapatkan kemerdekaannya yang terus bertahan hingga kini. Sebuah konstitusi yang lebih representatif diadopsi pada pertengahan abad ke-19 dan negara ini menyatakan diri merdeka beberapa tahun kemudian. Sejak akhir Perang Dunia I, Liechtenstein memiliki hubungan dekat dengan Swiss yang membantu berbagai urusan diplomatik. Ukuran Liechtenstein yang begitu kecil membuatnya tidak memiliki representasi cukup berarti di masyarakat dunia. Sejak tahun 2003, monarki Liechtenstein memiliki kekuatan lebih besar dibanding monarki di negara Eropa lainnya, dengan raja memiliki kekuasaan untuk memveto hukum dan kekuatan untuk membubarkan parlemen. Liechtenstein mungkin paling dikenal karena statusnya sebagai surga pajak. Tingkat pajak rendah menyebabkan puluhan ribu perusahaan membuka operasi di Liechtenstein sehingga membuat negara kecil ini menjadi kaya.

Liechtenstein menjadi daya tarik wisatawan karena berbagai keunikan yang dimilikinya. Sebagai sebuah monarki yang kuat, wilayah kecil, dan pemandangan yang cukup indah membuat Liechtenstein tampak lebih seperti negeri dongeng. Ibukota Vaduz merupakan salah satu atraksi utama. Sebuah desa yang cukup kecil dengan hanya beberapa jalan utama, mengesankan Vaduz tidak seperti ibukota negara yang dibayangkan banyak orang

No comments: