Sejarah Dunia Kuno

Welcome to the Year 2019, The Year of open Doors

Mar 22, 2013

Pakaian yang Dikenakan Bangsa Romawi Kuno

Bangsa Romawi dikenal menggunakan beberapa jenis serat untuk membuat pakaian mereka. Berbagai bahan serat tersebut termasuk wol, linen, rami, dan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kapas juga digunakan oleh orang Romawi.



Macam Pakaian pada Masa Romawi Kuno

1. Toga

Toga merupakan pakaian standar untuk semua orang Romawi. Toga terdiri dari kain panjang hingga mencapai 6 meter. Toga terbuat dari wol dan dikenakan dengan dililitkan ke tubuh. Gaya pakaian ini sebelumnya telah digunakan sebagai pakaian resmi oleh orang Etruria. Toga selalu dikenakan di atas tunik. Pada awalnya, toga digunakan untuk tujuan biasa tapi seiring waktu berlalu, pakaian ini hanya digunakan untuk acara resmi. Hal ini kemungkinan karena toga terlalu rumit jika dikenakan sehari-hari. Pada masa selanjutnya, toga segera menjadi representasi kewarganegaraan Romawi. Toga juga dianggap sebagai simbol perdamaian. Toga memiliki banyak jenis seperti Toga Virilis (polos dan berwarna putih), Toga Candida (toga berwarna terang), dan Toga Praetexta (toga putih dengan garis ungu).

2. Stola

Stola hanya dikenakan oleh para wanita. Desain stola mengambil dasar dari toga. Toga menyerupai selimut besar yang dililitkan ke tubuh sedangkan stola berbentuk persegi panjang. Ketika disampirkan ke tubuh, stola membentuk pakaian panjang yang mencapai tanah. Stola juga dikenakan di atas tunik.

3. Tunik

Bangsa Romawi juga mengenakan pakaian yang dikenal sebagai tunik dengan panjang sebatas lutut. Tunik merupakan jenis pakaian yang longgar dan nyaman dan umumnya terbuat dari linen. Perempuan yang belum menikah juga mengenakan tunik tapi dengan gaya berbeda. Perempuan juga harus menutupi kepala mereka untuk menyesuaikan dengan adat dan tradisi. Anak-anak juga mengenakan tunik sampai lutut. Tunik tersebut berwarna putih yang kadang dihias dengan pinggiran berwarna merah.

4. Jubah

Orang-orang Romawi juga menggunakan berbagai jubah sebagai bagian dari tradisi pakaian mereka. Jubah seperti palla (dikenakan di atas tunik atau toga), panenula (jubah sederhana), laena (mantel ganda), dan lacerna (jubah militer) adalah beberapa jenis jubah yang lazim yang digunakan.

5. Aksesoris

Bangsa Romawi amat memperhatikan penampilan. Selain pakaian, mereka juga mengenakan berbagai aksesoris termasuk tata rambut. Perempuan banyak mengenakan kalung, gelang, dan perhiasan lainnya, sedangkan kaum laki-laki memakai cincin yang dihias batu permata. Rambut juga ditata sedemikian rupa. Penggunaan rambut palsu diduga sudah mulai menjadi praktik umum untuk meningkatkan ketebalan rambut. Selain pakaian, alas kaki juga melambangkan status seseorang di masyarakat. Sandal orang Romawi memiliki sol kulit dan tali yang diikat ke pergelangan kaki agar tidak mudah lepas.

No comments: