Sejarah Dunia Kuno

Welcome to the Year 2019, The Year of open Doors

Mar 22, 2013

Gunung Berpahat Wajah Presiden AS

Mount Rushmore yang terletak di Dakota Selatan terkenal karena memiliki pahatan empat wajah presiden Amerika Serikat. Gunung ini terus menjadi salah satu tujuan wisata utama di Dakota Selatan.

Sejarah Mount Rushmore


Proyek mengukir Mount Rushmore sejak awal dimaksudkan untuk menarik wisatawan ke wilayah Black Hills, Dakota Selatan. Doane Robinson, seorang sejarawan, melontarkan ide mengukir Mount Rushmore dengan wajah tokoh Amerika pada tahun 1923. Proyek ini menerima Persetujuan Kongres dan pekerjaan dimulai pada tahun 1927. Seorang pematung terkenal, Gutzon Borglum, diberi tanggung jawab untuk melaksanakan proyek. Awalnya, media ukiran yang dipilih adalah pilar granit. Tapi Borglum menyadari pilar tersebut terlalu tipis sehingga dia memutuskan mengalihkannya ke Mount Rushmore. Salah satu alasan di balik pilihannya adalah bahwa Mount Rushmore menghadap tenggara, yang berarti akan mendapakan sinar matahari hampir setiap saat. Mount Rushmore juga merupakan puncak tertinggi di daerah itu serta terbuat dari granit yang membuatnya tahan terhadap erosi.



Borglum menggunakan metode Yunani kuno saat membuat model dan melakukan pengukuran pada gunung berdasarkan model yang dia buat. Satu inci pada model mewakili satu kaki di gunung. Pekerjaan pengukiran dimulai pada tanggal 4 Oktober 1927. Sebelumnya telah diputuskan untuk memahat wajah empat Presiden Amerika Serikat, yaitu George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, dan Abraham Lincoln. Masing-masing figur memiliki peran signifikan dalam perjalanan sejarah Amerika Serikat.

Washington berjasa membawa demokrasi ke Amerika, Thomas Jefferson mematangkan konsep 'pemerintahanan oleh rakyat', Abraham Lincoln berjasa besar dalam mengakhiri perbudakan di Amerika, sementara Theodore Roosevelt membawa reformasi bisnis. Borglum memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk mengukir Mount Rushmore tidak akan melebihi 6 tahun dengan biaya sekitar $ 500.000. Batu lapisan atas dikupas menggunakan dinamit, sampai lapisan granit sedalam 7,5 – 15 cm tersingkap. Julian Spotts, seorang insinyur dari National Park Service Engineer berkontribusi memperbaiki kondisi kerja sehingga lebih aman dan nyaman serta menyarankan penggunaan peralatan yang lebih efisien.

Proyek ini selesai pada tahun 1941 dan menelan biaya $ 900.000. Pekerjaan dimulai dengan membuat wajah George Washington. Pertama kepalanya dipahat menjadi bentuk seperi telur. Thomas Jefferson lantas diukir di sisi kanan Washington. Namun setelah sekitar dua tahun pekerjaan berlangsung, ternyata batu  pahatan Jefferson terlihat retak. Untuk mengatasi masalah ini, wajah Jefferson lantas diledakkan dan dipindah ke sisi kiri Washington. Wajah Washington mulai diperlihatkan ke publik pada tanggal 4 Juli 1934. Sebelum diperlihatkan, wajah Washington ditutupi dengan bendera besar.

Pada tahun 1936, wajah Thomas Jefferson mulai diperlihatkan untuk umum. Presiden Franklin Roosevelt menghadiri upacara tersebut. Roosevelt menyatakan kekagumannya dan tidak menyangka monumen tersebut bisa amat mengesankan. Wajah Abraham Lincoln diresmikan pada tanggal 17 September di 1937, disusul dengan Theodore Roosevelt yang dibuka untuk umum pada tahun 1939. Semua pekerjaan di Mount Rushmore selesai tahun 1941. Sebuah mimpi yang tampaknya mustahil telah menjadi kenyataan

No comments: