Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jan 21, 2011

Kitab kehidupan Anak Domba

"Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya [yaitu menyembah binatang - Iblis], yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih." (Wahyu 13:8)


Di dalam Alkitab kita menemukan bahwa ada dua kitab kehidupan, yaitu "kitab kehidupan Anak Domba" dan kitab kehidupan yang lainnya. Cara kita mengertinya adalah dengan melihat kepada bahasa dari Alkitab. Seperti misalnya, kita membaca tentang "kitab kehidupan" dalam Wahyu 3:5 dimana Tuhan berkata:

"Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya."

Dan kita membaca tentang "kitab kehidupan Anak Domba" dalam Wahyu 21:27 dimana Tuhan berkata:

"Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba itu."

Ingatlah, kita membaca dalam kitab Efesus 1:4 dan banyak ayat-ayat lainnya bahwa orang-orang yang akan diselamatkan telah dipilih oleh Allah sejak permulaan zaman, sejak sebelum dunia dijadikan. Oleh karena itu, "kitab kehidupan Anak Domba" secara langsung berhubungan dengan nama-nama dari orang-orang yang akan diselamatkan. Dan kita tidak pernah membaca dimanapun di dalam Alkitab tentang nama seseorang yang ada di dalam "kitab kehidupan Anak Domba" dihapus. Kita tidak membaca tentang hal itu.

Tetapi mungkin kita membaca tentang nama seseorang yang dihapus dari "kitab kehidupan", seperti misalnya, dalam Wahyu 3:5. Tetapi itu bukan dihapus dari "kitab kehidupan Anak Domba". Kemudian kita bertanya-tanya bagaimana kita dapat mengerti hal ini, karena kelihatannya ada kontradiksi disini. Akan tetapi tentu saja, tidak ada kontradiksi. Kita mengetahui bahwa pada permulaan zaman kita semua berasal dari Adam dan Hawa. Jadi di dalam suatu prinsip, kita semua telah ada pada saat Adam diciptakan, karena kita semua berasal dari garis keturunannya. Oleh karena itu, kita semua dimulai dengan "kitab kehidupan" dari sudut pandang ciptaan.

Kemudian ketika Adam memberontak, kita semua dibuang dari "kitab kehidupan" tersebut, walaupun hal itu tidak muncul sampai kita benar-benar dilahirkan dan menjalankan hidup kita. Jika kita mati dengan tidak diselamatkan itu berarti bahwa nama kita dihapus dari "kitab kehidupan".

Dan Alkitab juga mengajarkan bahwa ada "kitab kehidupan Anak Domba". Sejak sebelum dunia dijadikan, Kristus telah membayar bagi upah dosa dari orang-orang yang akan Ia selamatkan, dan nama-nama mereka ada tertulis di dalam "kitab kehidupan Anak Domba". Nama-nama mereka juga ada di dalam "kitab kehidupan" dari sudut pandang ciptaan karena mereka semua berasal dari Adam. Tetapi Tuhan telah menjanjikan kepada mereka anugrah dari hidup yang kekal.

Jadi, pada akhirnya, nama-nama yang sama akan ada di dalam kedua kitab tersebut, baik di dalam "kitab kehidupan" dari sudut pandang ciptaan, maupun di dalam "kitab kehidupan Anak Domba".

No comments: