Sejarah Dunia Kuno

Lion of Judah Open Doors 2019

Sep 16, 2018

Gupta

Pada 319 M, Raja Chandragupta I berhasil menyatukan kembali seluruh India selatan dalam satu negara, yang disebut Kekaisaran Gupta. Ia tidak berkerabat dengan Chandragupta Maurya (pendiri Kekaisaran Maurya), namun ia ingin dianggap demikian. Para raja Gupta bukanlah penganut Buddha, melainkan Hindu, agama lama India. 

Pada masa Gupta, India menjadi kuat dan makmur. Gupta juga mampu menciptakan kedamaian di India sehingga perdagangan dengan Tiongkok, melalui Sogdiana di Asia Tengah, berkembang pesat. Peziarah Buddha dan ilmuwan juga saling bepergian antara Tiongkok dan India. Ini membuat ilmu pengetahuan India mengalami kemajuan, salah satunya adalah penemuan angka nol. Ilmuwan India juga berhasil mengolah tebu menjadi gula sekitar 350 M. Para pedagang India menjual gula ini ke Tiongkok. Salah satu hasil dari perdagangan dengan Tiongkok adalah dibawanya versi awal permainan catur ke India. 

Pada 455 M suku Hun menyerbu India dari utara dan menghancurkan Kekaisaran Gupta. Setelah itu India kembali terpecah menjadi banyak kerajaan kecil hingga datangnya serbuan oleh Muslim sekitar

No comments: