Sejarah Dunia Kuno

Lion of Judah Open Doors 2019

Sep 16, 2018

Afrika

Afrika adalah tempat asal manusia, jadi sejarah Afrika berlangsung lebih lama dibanding tempat lainnya di bumi. Pada awalnya, sekitar dua juta tahun silam, mungkin hanya ada sekitar dua ribuan orang di seluruh Afrika (atau di manapun di dunia), dan mereka hidup dengan mengumpulkan tumbuhan liar serta mengambil daging sisa makanan hewan buas. Sekitar 1,9 juta tahun silam, mereka mulai mengggunakan peralatan batu, dan kira-kira 800 ribuan tahun silam mereka mulai menggunakan api. Memasak makanan dengan api, yang mempermudah mencerna makanan, mungkin adalah penyebab orang-orang awal memperoleh energi tambahan untuk menumbuhkan otak lebih besar dan menjadi manusia modern. Para manusia modern awal ini barangkali muncul di Afrika tenggara.

Sekitar 100 ribuan tahun silam, orang hidup di Gua Blombos, di pesisir Afrika Selatan, mereka mengumpulkan keerang untuk dimakan. Mereka juga memancing ikan menggunakan kail dari tulang ikan. Pada 75 ribuan tahun silam, orang di Gua Blombps mencampur mineral untuk membuat cat dan menciptakan gambar abstrak pada blok okhre merah. Mereka juga membuat kalunng manik-manik dari kerang.

Bukti genetika menunjukkan bahwa hingga masa ini, setelah 100 ribuan tahun silam, Afrika adalah satu-satunya tempat di bumi yang dihuni manusia. Kemudian orang menyebar di sepanjang pantai, pergi ke Jazirah Arab, India, hingga Australia. Sebagian besar orang masih hidup di Afrika tapi pada akhir Zaman Es, orang mulai berpindah ke Asia Barat, mengikuti kawanan hewan.

No comments: