Sejarah Dunia Kuno

Lion of Judah Open Doors 2019

Sep 16, 2018

Bangsa India-Eropa

Sekitar tahun 1500 SM, India diserang oleh bangsa India-Eropa. Bangsa ini datang dari daerah di antara Laut hitam dan Laut Kaspia. Antara 2500 dan 2000 SM, banyak orang India-Eropa bermigrasi ke seluruh Eurasia. Beberapa pergi ke Eropa dan menjadi bangsa Romawi dan Yunani, sebagian bermukim di Turki dan menjadi bangsa Het. Yang lainnya bermigrasi ke barat daya. Beberapa dari mereka berhenti di Iran, sedangkan yang lainnya melanjutkan ke tenggara ke Pakistan dan India. Migrasi yang lambat ini tiba di India sekitar tahun 1500 SM. Di India, bangsa India-Eropa ini biasanya disebut bangsa Arya atau bangsa Weda, sedangkan periode ini disebut sebagai periode Weda. 

Beberapa orang memperdebatkan kedatangan bangsa India-Eropa, dan banyak pula yang mengatakan bahwa tidak pernah terjadi invasi sama sekali. Namun ada catatan bahasa tulisan yang dibawa oleh bangsa India-Eropa ini ke India, yaitu bahasa Sansakerta. Kita dapat membaca bahasa Sansakerta, dan kita dapat dengan mudah melihat bahwa banyak kata dalam bahasa Sansakerta pada dasarnya sama dengan bahasa-bahasa India-Eropa lainnya. Selain itu bukti genetis terkini mendukung kedatangan bangsa India-Eropa. Selain bahasa mereka, bangsa Arya juga membawa serta dewa-dewi mereka ke India. Dewa-dewi ini menjadi basis Rig Weda dan saga-saga lainnya yang pertama kali ditulis dalam bahasa Sansakerta. Mereka juga membawa kuda terdomestikasi. 

Bangsa Arya pada awalnya bermukim di sepanjang sungai Indus, di tempat yang sama dimana orang Harappa tinggal. Mereka bermukim dan bercampur dengan orang India lokal. Mereka tinggal di sana sejak sekitar 1500 SM hingga 800 SM. Nampaknya pada masa ini sistem kasta mulai muncul di India. 

Sekitar 800 SM, bangsa Arya mempelajari cara menggunakan besi untuk membuat senjata dan peralatan. Mereka kemungkinan belajar menempa besi dari orang Asia Barat, yaitu bangsa Assyria, yang mempelajarinya dari orang India-Eropa lainnya, yaitu bangsa Het. Setelah bangsa Assyria tahu cara menggunakan besi, mereka menggunakan senjata baru mereka untuk menaklukan India, dan berpindah ke selatan dan timmur ke lembah sungai Gangga. Mereka bermukim di sana tidak lama setelah 800 SM.

No comments: