Sejarah Dunia Kuno

Lion of Judah Open Doors 2019

Sep 16, 2018

Bangsa Het

Bangsa Het adalah kelompok etnis India-Eropa yang bergerak ke selatan dari Laut Kaspia ke Asia Kecil selatan sekitar 2000-an SM. Bangsa Het datang ke sana dengan membawa beberapa teknologi baru seperti kemampuan meninggang kuda serta kereta perang. Sekitar 1500-an SM, bangsa Het juga berhasil menemukan cara mengolah biji besi menjadi peralatan dan senjata besi. Mereka tahu pengetahuan ini amat berharga sehingga mereka merahasiakannya untuk waktu yang lama. Mereka menjual peralatan besi kepada bangsa-bangsa lain di Asia Barat, namun mereka tidak memberitahukan cara membuatnya. Periode ini disebut Zaman Perunggu Akhir. 

Pada 1200-an SM, Kekaisaran Het runtuh. Ada beberapa pendapat mengenai penyebabnya, salah satunya adalah kemungkinan kekeringan parah yang melanda wilayah kekuasaan Het. Keruntuhan Het membuat rahasia pembuatan besi menyebar luas, dan sekitar 1100-an SM, hampir semua bangsa di Asia Barat, termasuk bangsa Assyria, Filistin dan Yahudi, telah mengetahui cara membuat peralatan besi. 

Beberapa keturunan bangsa Het, seperti suku Lykia, meninggalkan Asia Kecil dan bergabung dengan Bangsa Laut untuk menyerang Mesir dan Israel.

No comments: