Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Jul 10, 2014

Doa Islam Dan Kristen

Doa adalah setiap permohonan, harapan, permintaan dan, pujian yang kita naikkan kepada Tuhan. Baik hal-hal yang berhubungan dengan diri kita sendiri, keluarga, ataupun orang-orang yang kita kasihi. Setiap orang tentu menginginkan doa-doa yang dinaikkannya, mendapat jawaban dari Allah.

Saya bersyukur memiliki orang tua yang mengajari saya sedari kecil berdoa. Sehingga bagi keluarga kami, berdoa bukanlah hal asing atau sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Tapi, apakah Allah mendengar doa saya?

Allah Mendengar Setiap Doa

Kami percaya Allah mendengar setiap doa yang dipanjatkan umat-Nya, " Karena Ia [Allah] mengetahui rahasia hati! " (Kitab Mazmur 44:22). Demikian juga Al-Quran berkata, " Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya" (Qs 50:16).

Keberadaan Allah yang demikian dekat, seharusnya menjadi jaminan bahwa Dia pasti mendengar setiap doa umat-Nya. Sehingga, ketika kita bertanya " Apakah Allah mendengar doa saya? " Kita dapat menjawab" Iya, tentu! Karena Dia adalah Allah Maha Mendengar.

Dosa Memisahkan Allah Dengan Manusia


Ketika Allah tidak kunjung menjawab doa kita, tidak jarang kita bertanya, " Apakah Allah mendengar doaku atau doa-doa itu hanya sampai pada langit-langit kamarku? " Kita lupa, bahwa dosa telah memisahkan kita dari Allah. "Tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu" (Kitab Nabi Besar Yesaya 59:2)

Namun Allah berfirman, "Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka Tuhan mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya. Tuhan itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya (Kitab Mazmur 34:18-19).

Hanya orang yang datang kepada-Nya dengan patah hati dan jiwa remuk, yang akan diperhatikan doanya.

Doa Orang Jahat Didengar, Doa Orang Baik Ditolak

Dalam Kitab Suci Injil, Isa Al-Masih memberi satu perumpamaan bagaimana seorang yang agamawi (orang Farisi red) dan seorang pemungut cukai (Pegawai Pajak red) berdoa. Orang Farisi itu dalam doanya menyebutkan setiap kebaikannya dan ketaatannya beribadah. Dia ingin agar Allah melihatnya sebagai orang yang benar dan taat beribadah.

Bagaimana dengan pegawai pajak itu? Injil menuliskan, " Tetapi pemungut cukai itu berdiri jauh-jauh, bahkan ia tidak berani menengadah ke langit, melainkan ia memukul diri dan berkata: Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini " (Injil, Rasul Lukas 18:13)

Dilanjutkan pada ayat berikutnya, " Aku [Isa Al-Masih] berkata kepadamu: Orang ini [pemungut cukai] pulang ke rumahnya sebagai orang yang dibenarkan Allah dan orang lain itu tidak. Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan" (Injil, Rasul Lukas 18:14).

Ketika kita berdoa, Allah ingin kita datang kepadanya dengan jiwa yang remuk. Mengakui di hadapan Allah setiap dosa-dosa yang kita lakukan. Sehingga dengan demikian, Allah akan membenarkan kita di hadapan-Nya, dan Dia-pun memperhatikan setiap doa kita.

Allah Melihat Hati, Bukan Ritual

Salah satu doa yang sering dan wajib dinaikkan umat Muslim adalah "Tunjukilah kami jalan yang lurus (Ihdina s-sirat al-mustaqim)" (Qs 1:6). Juga ayat sebelumnya mengatakan, "Hanya kepada Engkau kami mohon dan hanya kepada Engkau kami minta pertolongan" (Qs 1:5). Tidak salah memang bila setiap umat beragama meminta " tanda " jalan lurus kepada Allah. Karena jelas setiap orang ingin mempunyai " jaminan " keselamatan sorgawi. Dan pertolongan untuk mendapatkan jaminan itu hanya ada pada Allah.

Haruskah " pertanyaan " tersebut selalu ditanyakan kepada Allah? Apakah Allah tidak pernah menunjukkan " Jalan Lurus " itu dan memberi pertolongan atas " jaminan " keselamatan sorgawi yang diminta? Bukankah ayat Al-Quran berkata, " Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo'a apabila ia memohon kepada-Ku. " (Qs 2:186)?

Bila Allah berjanji untuk selalu mengabulkan doa umat-Nya, mengapa doa umat Muslim yang terdapat dalam Qs 1:5-6 tidak dijawab? Inikah yang dimaksud bahwa Allah lebih melihat jauh ke dalam hati seseorang daripada ritual-ritual ketika berdoa?

Mintalah Isa Al-Masih Membersihkan Hati Anda


Membersihkan tubuh jasmani ketika hendak menghadap Allah memang boleh, tetapi kebersihan hati jauh lebih penting, " Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat " (Injil, Rasul Besar Matius 15:19).

Darah Anak Domba Allah, yaitu Isa Al-Masih, yang tumpah di kayu salib berkuasa untuk membersihkan hati setiap orang dari "sampah" yang menghalangi doanya. Dalam Buku Allah kita membaca, " Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya " (Injil Allah, Surat Roma 3:15).

No comments: