Sejarah Dunia Kuno

2021 a year of miracles and 'unlocking' millions

Feb 10, 2014

Kuburan Kuno Kaisar Suku Inca

Sebuah bangunan di hutan Amazon, yang terkenal dengan kealamiannya, menarik tim arkeologi dan sejarawan. Bangunan yang diperkirakan dari tahun 500 Sebelum Masehi (SM) tersebut, tersembunyi di tengah lebatnya hutan.

Selain itu, medan berlumpur serta lebah pembunuh selalu membuat tim dari negara Prancis, Amerika, Inggris, dan Ekuador, harus berhati-hati. Bukan hal yang mudah untuk menemukan reruntuhan kuno ini.

Mereka menduga bahwa ini merupakan makam Atahualpa, kaisar terakhir suku Inca, yang dieksekusi Spanyol saat penaklukan atas Amerika Selatan. Jika benar, penemuan ini juga bisa disejajarkan dengan penemuan makam Tutankhamun di Mesir, Terracotta di China, dan Rosetta Stone.



Struktur batuan yang mempunyai tinggi  dan luas sekitar 80 meter tersebut, terdiri dari ratusan batu sebesar dua ton. Yang terdapat di dataran tinggi Andes di Llanganates, Ekuador, 20 kilometer dari kota Banos de Agua Santa.

Namun perjalanan menuju artefak ini bukanlah mudah, butuh delapan jam, karena medan yang sangat berat. Saat ini, sudah 30 artefak yang dikumpulkan tim utuk dipelajari lebih lanjut. Termasuk sebuah gada yang terbuat dari emas, yang diperkirakan untuk membayar pembebasan kaisar setelah ditangkap pihak Spanyol.
Gada yang diduga sebagai tebusan ke Spanyol.
"Ini bisa menjadi penemuan arkeologi terbesar yang pernah ada. Kami berpendapat jika struktur di kamar-kamar berisi artefak lainnya," ucap Benoit Duverneuil, arkeolog Prancis kepada Telegraph.

Bangunan kuno tersebut sangat landai, mempunyai sudut sekitar 60 derajat. Dan diyakini merupakan tempat pengorbanan dilakukan, di mana memungkinkan kepala yang dipenggal akan menggelinding ke bawah.

No comments: